4 Tuan Rumah Piala Dunia dengan Rataan Penonton Terbanyak

Sejak perkenalan Piala Dunia FIFA 1930 di Uruguay, rerata pengunjung, jumlah tim, jumlah sponsor dan jumlah gol terus meningkat sejalan dengan waktu bergulir.

Pasca pengundian grup untuk Piala Dunia 2018 mendatang, sejumlah penonton mulai memesan tiket pertandingan. Dengan 11 lokasi pertandingan di seluruh Rusia, Piala Dunia tahun depan berpotensi untuk memecahkan rekor pengunjung terbanyak dalam sejarah.

Piala Dunia mana yang sebelumnya memiliki rerata pengunjung terbanyak?

  1. Meksiko 1970 (50,124 pengunjung)

Piala Dunia Meksiko ini merupakan turnamen Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di luar Eropa dan Amerika Selatan dan kompetisi tersebut ialah turnamen sepak bola terbesar yang kesembilan sejak pengenalan Piala Dunia 1930.

Sebanyak 16 kesebelasan bersaing untuk memerebutkan penghargaan tertinggi dalam sepakbola internasional dan dan turnamen kala itu mencatatkan rekor tertinggi dalam rerata pengunjung dengan angka yang cukup mengejutkan, yakni 50,124 pengunjung.

Dalam ajang bergensi tersebut, Inggris tampil sebagai juara bertahan. Namun Jerman Barat berhasil menyingkirkan momok menyeramkan dari tim Tiga Singa. Namun, Jerman yang digadang-gadang akan merebut piala saat itu, hanya mampu mendapat tempat ketiga. Brasil yang diperkuat oleh Pele, Gerson, Rivellino dan Jairzinho sukses mengangkat tropi dengan membabat Italia dengan skor 4-1 di stadion Azteca.

  1. Jerman 2006 (52,491)

Piala Dunia ke-18 ini digelar di Jerman untuk kedua kalinya setelah sebelumnya diadakan pada tahun 1974. Tuan rumah dikabarkan akan mengulangi kejayaannya di 1974 dengan keluar sebagai juara; namun pada 2006, mereka hanya mampu merebut posisi ketiga.

Italia mengungguli tuan rumah di babak semi final dan melanjutkan kejayaannya di final dengan menekuk Perancis melalui drama adu pinalti. Kompetisi tersebut merupakan turnamen sepak bola terbesar di dunia kali sepuluh yang diadakan di Benua Biru dengan 32 tim beradu tangkas untuk menjadi yang terbaik.

Rerata penonton dalam turnamen tersebut mencapai 52,491 pendukung dan angka ini menjadikan Piala Dunia Jerman 2006 menduduki peringkat ketiga dalam pengunjung terbanyak.

  1. Brasil 2014 (52,918)

Peringkat kedua pengunjung terbanyak Piala Dunia dijabat oleh Piala Dunia Brasil 2014 dengan rerata pengunjung menyentuh angka 52,918 pada 12 lokasi.

Dengan jumlah penonton sebanyak itu di kandang sendiri, Brasil justru menelan salah satu kekalahan terburuknya; mereka dilibas Jerman dengan skor 7-1. Tim yang diperkuat oleh Franck Ribery dan Mario Gotze itu melanjutkan kesuksesannya di final dengan mengungguli Argentina di final. Secara keseluruhan, turnamen tersebut berada di luar ekspektasi, bahkan dari sudut pandang netral sekalipun.

Piala Dunia yang diselenggarakan di Negeri Samba untuk kedua kalinya tersebut merupakan kepedihan besar bagi kubu tuan rumah sekaligus para pendukungnya. Di tahun depan, jelas Brasil akan membawa banyak pelajaran empat tahun lalu dan menggunakannya untuk mengungguli tim lain.

  1. Amerika Serikat 1994 (68,991)

Piala Dunia terakhir dengan 16 anggota negara yang berkompetisi ini memecahkan semua rekor dan statistik perihal pengunjung dengan catatan rerata 68,991 penonton. Turnamen kala itu juga menjadi tempat dimana final ditentukan melalui tendangan pinalti.

Di puncak turnamen, Brasil berlaga imbang dengan Italia hingga menit 90. Mereka masih sama kuat pada dua babak tambahan berikutnya. Alhasil, drama adu pinalti harus diadakan dan Brasil sukses menundukkan Roberto Baggio dan kawan-kawan dengan skor 3-2. Namun, kompetisi kala itu juga menorehkan catatan buruk dalam sejarah olah raga pada umumnya dan sepak bola pada khususnya.

Kolombia yang digadang-gadang akan melaju ke tahap akhir turnamen harus tersingkir di putaran pertama kompetisi akibat gol bunuh diri Andreas Escobar. Sang pemain ditembak mati oleh fans fanatik negaranya tak lama setelah kembali dari Negeri Paman Sam.