Destinasi Wisata Kesebelasan J1 League di Jepang

Entah sudah diprediksikan atau tidak, tapi perekrutan Pratama Arhan bikin Tokyo Verdy jadi klub dengan pengikut Instagram terbanyak di Jepang. Padahal, mereka cuma tim divisi dua, dan tak punya pemain bintang yang terkenal!

Kalau di Divisi Utama atau J1 League, mayoritas tim mendatangkan pemain Brasil. Secara popularitas, Vissel Kobe ada paling atas karena punya Andres Iniesta, Bojan Krkic, dan Sergi Samper.

Kalau buat suporter timnas Indonesia, juga akan familiar dengan Kawasaki Frontale. Soalnya, mereka punya pengatur serangan timnas Thailand, Chanatip Songkrasin.

Kalau bisa dilahirkan kembali dan bisa memilih bakat, para penggemar budaya Jepang di Indonesia, mungkin akan memilih menjadi pesepakbola. Soalnya, selain tinggal di Jepang, mereka juga akan rutin berpergian ke seluruh penjuru Jepang untuk bertanding.

Pada tulisan ini, kami akan menyajikan destinasi wisata populer di kandang kesebelasan J1 League.

Hokkaido

Resort Ski Niseko (Foto: Tokyo Chiepo)

Hokkaido merupakan daerah paling utara Jepang. Dalam Captain Tsubasa, ada tim Furano yang berasal dari Hokkaido. Mereka digambarkan berlatih di tempat bersalju.

Penggambaran ini wajar karena Hokkaido adalah wilayah terdingin di Jepang. Suhu tertinggi Hokkaido di musim panas berkisar 22 derajat celsius, dengan suhu di musim dingin mencapai -7 derajat celsius. Menjadi beralasan kalau Hokkaido terkenal dengan festival musim dinginnya.

Ada beberapa destinasi wisata di Hokkaido. Yang paling terkenal adalah pemandian air panas. Ada sejumlah lokasi terkenal seperti di Noboribetsu Onsen dan Jozankai Onsen. Destinasi terkenal selanjutnya adalah resort ski. Lokasinya ada di Niseko, Rusutsu, Tomamu, dan Kiroro.

Tokyo

Ginza. (Foto: Unique Japan Tours)

Tokyo, pada musim 2022 ini, diwakili tujuh kesebelasan. Mereka adalah FC Tokyo, Kawasaki Frontale, Urawa Red Diamonds, Shonan Bellmare, Yokohama F. Marinos, Kashima Antlers, dan Kashiwa Reysol.

Sebagai kota terbesar di Jepang, Tokyo menawarkan banyak hal. Mulai dari budaya modern, hingga sejarah Tokyo saat masih bernama Edo.

Salah satunya adalah Istana Kekaisaran yang masih berdiri tegak hingga saat ini. Istana ini merupakan tempat tinggal Kekaisaran Jepang yang terletak di Distrik Chiyoda.

Apabila ingin berbelanja, Ginza adalah jawaban terbaik. Soalnya, Ginza merupakan area belanja paling sibuk di Tokyo. Sama ikoniknya dengan Times Square di New York.

Kalau ingin bersantai, bisa datang ke Taman Ueno yang merupakan taman terluas di Tokyo. Di Taman Ueno, ada sejumlah destinasi wisata penting seperti Museum Nasional Jepang, Kebun Binatang Ueno, Museum Seni Ueno, Galeri Seni, hingga Kuil Toshogu.

Kalau Paris punya Menara Eiffel, Jepang juga punya Tokyo Sukaitsuri atau Tokyo Skytree. Menara ini menjulang hingga 634 meter dan merupakan bangunan tertinggi, bukan cuma di Tokyo, tapi juga di Jepang!

Keihanshin

Bianglala Tempozan.

Keihanshin merupakan area metropolitan di Kansai yang terdiri dari Kyoto, Osaka, dan Kobe. Di Keihanshin terdapat empat kesebelasan: Cerezo Osaka, Gamba Osaka, Kyoto Sanga, dan Vissel Kobe.

Di Osaka, salah satu yang terkenal adalah Istana Osaka yang punya tinggi 42 meter. Di dalamnya ada museum yang menunjukkan sejarah istana tersebut dan Kuil Hokoku yang didedikasikan untuk pejuang Jepang, Toyotomi Hideyoshi. Dari lantai teratas juga bisa kelihatan pemandangan kota Osaka.

Selain destinasi sejarah masa lalu, turis juga biasanya mendatangi Bianglala Tempoza yang punya tinggi 112 meter dengan diameter 100 meter! Ini yang bikin sekali putaran menghabiskan 17 menit.

Suasananya akan menjadi romantis di malam hari. Buat yang suka adrenalin, ada gerbong khusus yang tembus pandang!

Osaka juga memiliki Universal Studios yang tentunya memiliki wahana menarik dan khas. Misalnya, wahana bertema Spiderman dan film-film keluaran Universal. Namun, karena dibangun di Jepang, ada pula wahana khusus yang bertema Monster Hunter dan One Piece.

Penyulingan Sake Nada (Foto: Japan-Guide)

Sementara itu, bila tandang ke Kobe, yang wajib dicoba adalah daging wagyu yang sangat otentik. Di distrik Nada juga ada tempat penyulingan sake yang terkenal di Jepang.

Yang menarik lainnya adalah Kobe merupakan perpaduan dari budaya Jepang dan budaya Barat. Di daerah Kitano, misalnya. Sebagai konsekuensi dari perdagangan di pelabuhan, banyak diplomat yang tinggal di Kitano. Ini membuat area tersebut seperti bukan di Jepang kalau melihat arsitektur bangunannya.

Kyoto Imperial Palace.

Kyoto sendiri merupakan kota yang penuh dengan sejarah. Salah satu alasannya karena Kyoto merupakan salah satu kota yang selamat sepanjang Perang Dunia II.

Sejak dulu, Kekaisaran Jepang tinggal di Kyoto. Sehingga banyak destinasi wisata di Kyoto yang merupakan peninggalan jaman dahulu.

Benteng Nijo adalah salah satu yang paling penting. Di dalamnya terdapat Istana Ninomaru yang merupakan lima bangunan terpisah dan saling terhubung lewat lorong.

Sementara itu, Kuil Fushimi-Inari Taisha terkenal karena tempatnya yang Instagram-able meski dibangun jauh sebelum Instagram dibikin.

Ada banyak bangunan bersejarah di Kyoto. Sebut saja Kinkaku-ji, Kuil Kiyomizu-dera, Kuil Sanjungsangen-do, sampai Istana Kekaisaran Kyoto yang terletak di pusat kota yang padat.

Shizuoka

Gunung Fuji dari Shizuoka. (Foto: Japan Experience)

Prefektur Shizuoka diwakili oleh Shimizu S Pulse dan Jubilo Iwata. Daerah ini mungkin tidak asing buat penonton Captain Tsubasa. Soalnya, Tsubasa Ozora pindah ke Shizuoka ketika SD dan mengawali karier sepakbolanya di prefektur ini.

Seperti di anime Tsubasa, destinasi wisata populer di Shizuoka adalah melihat keindahan Gunung Fuji. Pada bagian corongnya terlihat simetris dan ditutupi salju selama lima bulan dalam setahun. Gunung Fuji juga kerap menjadi simbol kebudayaan Jepang itu sendiri.

Di kaki Gunung Fuji, ada pula Fuji Safari Park. Seperti namanya, untuk bisa melihat hewan yang ada di sini, pengunjung harus naik kendaraan sendiri, atau naik bus khusus safari.

Masih di kaki Gunung Fuji, terdapat air terjun Shiraito dengan tinggi 20 meter dan lebar 200 meter!

Buat anak pantai, bisa mengunjungi Shimoda yang terletak di ujung semenanjung Izu. Salah satu pantai terbaik di Shimoda adalah Shirahama yang merupakan kawasan pantai paling terkenal dengan air jernih dan pasir putih.

Hiroshima

Hiroshima Memorial Park.

Prefektur Hiroshima diwakili oleh Sanfreece Hiroshima. Nama Hiroshima dikenal karena pernah dijatuhi bom atom saat Perang Dunia II yang menewaskan 260 ribu jiwa.

Destinasi wisata pertama untuk dikunjungi adalah Hiroshima Peace Memorial Park. Di dalamnya terdapat sejumlah monumen, auditorium, dan museum.

Tempat menarik lainnya adalah Kuil Itsukushima. Yang bikin unik, kuil ini terkesan mengapung di atas Teluk Hiroshima.

Ada sejumlah kuil lain yang biasa dikunjungi turis, seperti Kuil Mitaki-dera dan Kuil Fudoin. Untuk penggemar otomotif, Hiroshima juga punya Museum Mazda yang berisi koleksi salah satu pabrikan otomotif tertua di Jepang tersebut.

Fukuoka

Prefektur Fukuoka diwakili Avispa Fukuoka. Fukuoka sendiri merupakan pusat pemerintahan dari Pulau Kyushu.

Fukuoka dikenal karena destinasi belanjanya serta pemandangan kanalnya yang tak kalah ciamik. Sama seperti prefektur yang lain, Fukuoka juga punya istana dan sejumlah kuil. Kebudayaan mereka juga diabadikan di Museum Hakata Machiya yang menempati bangunan di era Meiji.

Salah satu yang paling menarik adalah patung Budha berbaring yang terletak di Kuil Nanzoin. Patung Budha ini merupakan patung perunggu terbesar di dunia. Bahkan, kalau Patung Liberty ditidurkan, tingginya tetap tak melebihi patung Budha ini.

Untuk penggemar kuliner, rasanya tak akan lengkap bila tak mengunjungi Yanagibashi Market. Soalnya, ada banyak toko yang menjual makanan segar.

Saga

Prefektur Saga diwakili oleh Sagan Tosu. Sama seperti Fukuoka, Prefektur Saga juga terletak di Pulau Kyushu.

Kalau daerah lain di Jepang umumnya menunjukkan kebudayaan di era 1600-an, Saga punya yang spesial. Taman Yoshinogari dianggap sebagai salah satu permukiman tertua di Jepang karena sudah ada di sana sejak 300 tahun sebelum masehi.

Saga juga punya Saga Castle yang merupakan istana kayu terbesar di Jepang!

Hal unik lainnya adalah Saga merupakan daerah penghasil porselain. Buat yang ingin membeli oleh-oleh porcelain, daerah Arita dan Imari adalah pusatnya. Bagusnya porselain Saga bahkan sudah disebutkan dalam puisi 400 tahun lalu.

Untuk mengisi porselain tersebut, turis bisa mengunjungi Ureshino yang merupakan perkebunan teh. Turis juga bisa membeli langsung teh yang diproduksi dari sini.

***

Itu tadi sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika menyaksikan pertandingan J1 League. Mayoritas punya tempat wisata yang sama seperti kuil dan kastil. Namun, setiap daerah punya keunikannya sendiri.

Jadi, mau liburan ke mana, Arhan?