Ritual-Ritual Aneh di Dunia Sepakbola

Beberapa waktu lalu, akun twitter Borussia Dortmund memposting sebuah video pada akun twitternya @BVB. Dalam video tersebut berisi aksi sang penjaga gawang Roman Burki yang sedang melakukan kebiasaan unik.

Penjaga gawang Swiss tersebut kerap meminta bola ketika kedua kapten sedang melakukan koin tos. Akan tetapi mantan pemain Freiburg tersebut kerap melakukan hal konyol untuk menjalankan ritual tersebut seperti mengambil melalui selangkangan wasit ataupun meminta anak gawang untuk memberikan bola kepadanya.

 

Sebuah ritual memang sangat akrab bagi para pemain sepakbola. Kegiatan yang berkaitan dengan sebuah kepercayaan tersebut kerap dilakukan untuk memperkuat rasa percaya diri si pemain. Biasanya ritual sering dilakukan karena memberikan pengaruh baik untuk meneruskan hal-hal positif atau menghilangkan hal-hal buruk.

Lantas apa saja ritual-ritual aneh di dunia sepakbola?

Gelas Tumpah ala Luis Suarez

Ritual-Ritual Aneh di Dunia Sepakbola

Luis Suarez di sini bukanlah striker yang berasal dari Uruguay melainkan adalah legenda Barcelona dan Inter Milan pada 1960-an. Striker yang sekarang berusia 82 tahun tersebut percaya bahwa apabila gelasnya tumpah sebelum laga maka dia akan mencetak gol.

Bahkan pelatihnya di Inter Milan, Helenio Herrera, siap melakukan usaha apa pun untuk membantunya. Salah satunya adalah dengan pura-pura tidak sengaja menumpahkan gelas Luiz ketika berjalan menuju meja makan.

Buang Air Kecil ala Goycochea

Ritual-Ritual Aneh di Dunia Sepakbola

Ketika laga Argentina melawan Yugoslavia di Piala Dunia 1990 harus dilanjutkan dengan adu penalti, sang penjaga gawang Sergio Goychochea meminta teman-temannya membentuk lingkaran agar dia bisa buang air kecil.

Tak disangka apa yang dilakukan Goychochea tersebut membawa tuah dimana Tango menang 3-2. Ia melakukan hal yang sama ketika semifinal melawan Italia dan kembali berhasil. Sayangnya tuah kencing Goychoches tersebut tidak berlanjut di babak final.

Topi Bertuah Amadeo Carrizo

Ritual-Ritual Aneh di Dunia Sepakbola

Penjaga gawang legendaris River Plate, Amadeo Carrizo, menjalani delapan laga tanpa kebobolan berkat sebuah topi yang selalu dipakainya baik siang atau malam. Naasnya ketika menghadapi Boca Junior, topi kesayangannya tersebut hilang dicuri. Entah ada kaitannya atau tidak yang jelas gawang Amadeo dibobol dua kali dan River kalah dari rival abadinya tersebut.

Kaset Hilang Rinus Michels

Ritual-Ritual Aneh di Dunia Sepakbola

Selain taktik Total Footballnya, manajer legendaris Belanda, Rinus Michels juga percaya bahwa grup band Belanda, The Cats menjadi salah satu faktor kesusksesan Oranye melalui lagu-lagunya. Seluruh skuat selalu mendengarkan lagu-lagunya setiap pertandingan di Piala Dunia 1974. Akan tetapi menjelang partai final, Rinus kehilangan kasetnya dan membuat Belanda kalah dari Tim Panzer 1-2.

Tradisi Berujung Tragedi

Kejadian yang terjadi di Zimbabwe ini lebih dikenal sebagai tragedi alih-alih sebuah upacara. Pada 2008 klub Zimbabwe Midlands Portland Cement diberi tahu bahwa salah satu cara untuk menghilangkan roh jahat adalah berendam di Sungai Zambezi yang penuh dengan buaya.

17 pemain menceburkan diri ke laut namun hanya 16 pemain yang mampu kembali ke darat. Ketika semua pemain merasa bahwa anggotanya sudah selesai berendam, mereka tersadar ketika melihat satu setel pakaian yang masih tergeletak di tanah. Sayangnya tumbal manusia tidak menjamin klub  tersebut meraih kemenangan, mereka kalah dalam dua pertandingan setelahnya.

Standar Ganda Cruyff

Ritual-Ritual Aneh di Dunia Sepakbola

Ketika menjadi pelatih, Johan Cruyff pernah melarang para pemainnya yang percaya kepada takhayul. Akan tetapi mantan pemain Barcelona ini pernah memiliki ritual semasa aktif menjadi pemain. Pria yang gemar merokok ini hanya ingin keluar dari ruang ganti 30 detik sebelum pertandingan. Ia juga suka mengelus perut kiper Ajax, Gert Bals. Ia juga sering meminta rekannya, Ton Pronk untuk menyentuh sepatunya.

Kelakuan Aneh Warnock

Sosok Neil Warnock pernah melakukan beberapa kebijakan aneh ketika masih menangani QPR. Ia tidak pernah mengganti celana dalamnya yang dia anggap membawa tuah karena klubnya tidak terkalahkan sejak November hingga Desember. Selain itu ia juga selalu berhenti di lampu merah yang sama ketika menuju Stadion meski lampu tersebut telah berwarna hijau.

Bobby Yang Mendapat Lawan Sepadan

Legenda West Ham United, sekaligus mantan kapten timnas Inggris, Booby Moore memiliki ritus bahwa dia harus mengenakan celana pendek setelah rekan setimnya selesai melakukannya. Rekannya di West Ham, Martin Peters kerap menjahilinya dengan kembali menurunkan celananya untuk membuat Booby kembali harus menurunkan celananya juga untuk tetap menjadi yang paling terakhir.

Saling Tunggu di Malawi

Kejadian aneh terjadi di Malawi dalam laga Dwanga United melawan Moyale Barrack. Salah satu pemain Dwanga memiliki kepercayaan bahwa timnya akan meraih kemenangan apabila dirinya keluar paling terakhir dari ruang ganti. Manajer Moyale, Precious Gausi yang mengetahui hal tersebut langsung memerintahkan satu pemainnya yaitu Charles Kamanga untuk tetap di ruang ganti sampai pemain Dwangan tersebut keluar. Kejadian ini terus berlangsung sampai kedua tim merasa bosan hingga akhirnya laga harus dimainkan 10 melawan 10.