Sejak 1878 tercatat hampir 1000 pemain yang pernah berseragam Manchester United, atau lebih tepatnya 912 pemain berdasarkan MUFCInfo. Menariknya, dari sekian banyak transfer pemain yang dilakukan, ada 14 pemain yang pernah dibeli United tapi dijual kembali ke kesebelasan yang sama.

Berikut ulasan 14 pemain yang pernah dibeli United lalu dijual kembali tersebut dilansir dari laman resmi ManUtd.com

  1. Billy Meredith (Manchester City)

Penyerang sayap internasional Wales ini jadi bintang Manchester City, klub rival sekota United pada periode 1894-1906. Setelah berkarir 12 tahun, tiba-tiba secara mengejutkan Billy Meredith malah memutuskan hengkang ke The Red Devils pada Mei 1906, meski saat itu sedang menjalani hukuman larangan bermain hingga akhir tahun.

From Korea With Love Concert

City hanya bisa pasrah tanpa mendapat biaya sepeser pun, sedang sang pemain menerima 500 paun. Dia bertahan selama 15 tahun, dan bermain dalam 303 laga dengan 35 gol, sebelum kembali lagi ke City pada Juli 1921, juga dengan status bebas transfer.

  1. Willie Morgan (Burnley)

Pemain yang kini sudah berusia 72 tahun ini juga berposisi sebagai winger. United sebenarnya sudah tertarik pada bakat Willie Morgan saat masih membela Clarets. Namun, tim Setan Merah baru bisa mendapatkan mantan anggota tim nasional Skotlandia itu setelah dia sempat memperkuat Burnley selama delapan tahun hingga 1968.

Selama tujuh tahun sang bintang berseragam United, bermain dalam 236 laga dan mencetak 25 gol, termasuk membantu skuat Tommy Docherty promosi lagi ke Divisi Satu pada musim terakhirnya. Juni 1975, Morgan kembali ke Burnley meski hanya satu musim.

  1. Garry Birtles (Nottingham Forest)

Garry Birtles yang awalnya bermain di klub non-liga, Long Eaton United, membuat loncatan luar biasa saat dikontrak Nottingham Forest pada 1976 dengan biaya 2.000 paun. Kemudian, dia menembus tim nasional Inggris pada 1980, dan direkrut The Red Devils era pelatih Dave Sexton di tahun yang sama; Oktober 1980, dengan nilai 1,25 juta paun.

Sayang, sang penyerang gagal berkembang, dan tak mampu mencetak gol di liga pada musim debutnya bersama United. Birtles hanya membukukan 58 penampilan dengan 11 gol dalam dua musim, sebelum kembali ke Forest pada September 1982.

  1. Neil Webb (Nottingham Forest)

Gelandang tim nasional Inggris era 1987-1992 ini mengikuti jejak seniornya dengan pindah ke United pada Juli 1989, setelah menjadi andalan Forest selama empat musim. Neill Webb langsung berhasil mencetak gol dalam laga debutnya bersama tim Setan Merah, melalui tendangan voli saat melawan juara bertahan liga Arsenal.

Sayang, cedera parah menghambat karirnya di Old Trafford. Selama tiga musim, Webb hanya bermain dalam 75 laga dengan delapan gol di liga. Meski begitu, Forest tetap tertarik membawanya pulang dengan biaya penebusan sebesar 800 ribu paun pada November 1992.

  1. Gary Pallister (Middlesbrough)

Kedatangannya dari Middlesbrough pada Agustus 1989 sempat mencatatkan rekor pemain termahal Inggris saat itu dengan nilai 2,3 juta paun. Manajer Sir Alex Ferguson benar-benar terpikat padanya selama membela klub berjuluk The Boro itu selama lima musim meski sempat bermain di level liga lebih rendah; termasuk pula Gary Pallister sukses menembus tim nasional Inggris pada 1988.

Bek tengah itu terbukti mampu jadi benteng tangguh bersama Steve Bruce di lini pertahanan United selama sembilan musim, sebelum kembali ke Middlesbrough pada Juli 1998 dengan biaya sama.

  1. Teddy Sheringham (Tottenham Hotspur)

Bomber tim nasional Inggris periode 1993-2002 ini jadi bintang Tottenham Hotspur sejak musim 1992/1993. Teddy Sheringham pun tercatat sebagai pencetak gol terbanyak pertama di era Premier League Inggris pada musim itu dengan 22 gol.

Pada Juni 1997, United sukses menggaetnya dengan biaya 3,5 juta paun, sebagai suksesor Eric Cantona. Sir Alex tak salah pilih, karena Sheringham turut membantunya meraih treble winners musim 1998/1999, serta ikut mencetak gol di laga final Piala FA dan Liga Champions. Setelah empat musim, dia kembali ke Tottenham dengan status bebas transfer.

  1. Erik Nevland (Viking FK)

United merekrut penyerang ini dari klub Norwegia, Viking FK, pada Juli 1997 saat masih 19 tahun. Erik Nevland bergabung dengan striker rekan senegaranya, Ole Gunnar Solksjaer yang datang lebih dulu. Sayang, pemain internasional Norwegia ini gagal menunjukkan kualitasnya, meski sempat mencetak gol di Piala Worthington 1998 dalam laga kontra Bury.

Nevland lalu dipinjamkan ke klub asalnya pada 1998, dan ke klub Norwegia lain, IFK Gothenborg pada 1999, sebelum akhirnya kembali ke Viking pada Desember 1999, dengan catatan hanya satu penampilan liga bersama The Red Devils.

(Ade Marza)