OUR NETWORK

Mereka yang Jadi Alasan Para Legenda Ini Pensiun

Sejumlah legenda di sepakbola ini terpaksa pensiun karena kehadiran para pemain baru.

Rata-rata karier para pesepakbola berdurasi sekitar 18 tahun. Umumnya, mereka memulai karir profesionalnya pada usia 18 tahun danpensiun setelah 35 tahun.

Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi seorang pemain sepakbola memutuskan untuk menggantungkan sepatunya. Kebanyakan dari pesepakbola pro memutuskan untuk berhenti karena tak mampu lagi mengikuti tuntutan pertandingan.

Sementara itu, Ryan Mason, contohnya, mengundurkan diri karena cedera berkepanjangan yang kerap menderanya. Selain itu, kemunculan talenta baru yang berkilauan juga mampu memicu seorang pesepakbola untuk berkata cukup. Tak terkecuali sejumlah legenda sepakbola dunia berikut ini. Mereka pensiun karena kehadiran pemain baru.

Baca juga: Ryan Mason dan Betapa Berbahayanya Cedera Kepala

Gareth Bale/Mousa Dembele & Paul Scholes

Dalam wawancara bersama BT Sports, Paul Scholes mengaku bahwa keinginan untuk gantung sepatu muncul pada 2012 silam. Pada saat itu sang pemain berharap tidak jadi memperpanjang kontrak di Old Trafford untuk musim selanjutnya.

Legenda yang termasuk dalam Class of 92 ini mengungkapkan bahwa dirinya ingin berhenti di akhir musim 2011/2012. Memori yang selalu ada di benak pemain tersebut yang memicu dirinya untuk gantung sepatu ialah pertandingan melawan Tottenham Hotspur. Pada September 2012, ia tak sanggup lagi mengikuti permainan Mousa Dembele dan Gareth Bale.

“Saya tahu betul mereka mampu melewati semua orang. Namun saya melihat mereka dan berpikir bahwa saya tidak sanggup lagi melakukan ini semua,” kata Scholes yang telah tampil di 718 pertandingan untuk Setan Merah.

Lionel Messi & David Beckham

Karir pesepakbola Inggris di tanah Eropa ini berakhir saat dirinya berumur 38 tahun. Penampilan terakhirnya dipersembahkan untuk PSG setelah 4 bulan merumput di ibukota Perancis pada akhir musim 2012/2013.

Saat ditanya mengenai momen pensiun oleh koleganya Gary Neville yang saat ini menjadi pandit Sky Sports, Beckham berkata, “Mungkin ketika (Lionel) Messi berlari melewati saya.”

Eks pemain United dan Real Madrid tersebut sempat melakoni dua laga Liga Champions melawan Barcelona di putaran perempat final dan saat itu Messi sedang menampilkan permainan terbaiknya. Dalam kedua laga tersebut, David mendapat kartu kuning saat bermain selama 70 menit di leg pertama dan tujuh menit di leg kedua.

Romelu Lukaku & Jamie Carragher 

Salah satu pemain bertahan terbaik yang pernah merumput di Anfield ini mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim 2012/2013. Saat itu, Romelu Lukaku telah mengoleksi 17 gol saat bermain bersama West Bromwich Albion sebagai pemain pinjaman.

Pada sebuah wawancara yang dilakukan oleh Sky Sports pada tahun 2017 kemarin, Jamie mengakui bahwa dirinya masih ingat betul saat pemain Belgia tersebut mengalahkannya dalam perebutan bola saat Liverpool berlaga melawan West Brom.

Mantan bek timnas Inggris tersebut juga menuturkan, “Saya mencoba mencuri bola yang ada di depannya dan dia melewati saya dengan memutar badannya dan membawa bola menjauh. Dia adalah salah satu alasan mengapa saya pensiun. Melihat seorang pemain dengan kekuatan dan kemampuan seperti itu, saya pikir itu adalah saat bagi saya untuk mengakhiri ini semua.”

Carragher tampil sebanyak 737 kali untuk Liverpool, terbanyak kedua setelah Ian Callahan dalam rekor penampilan terbanyak klub.

Gary Neville & Graham Dorrans

Jika seorang pakar Liga Premier akan membuat kesebelasan terbaik sepanjang sejarah, kemungkinan besar dirinya akan memasukkan Gary Neville dalam skuat susunannya untuk memainkan peran bek kanan.

Pemain yang saat ini menjadi pandit sepak bola sukses menikmati 400 laganya bersama Manchester United dan kemenangan 2-1 atas West Brom pada tahun baru 2011 ialah pertandingan terakhirnya untuk kubu Old Trafford tersebut.

Neville telah mengungkapkan beberapa momen yang melatarbelakangi pengunduran dirinya dari dunia sepak bola dan salah satunya ialah saat dirinya tidak diusir keluar setelah menjegal Graham Dorrans.

Legenda The Red Devils ini bercerita kepada Daily Mail dengan menulis, “Saya membuat Jerome Thomas terlihat seperti Ronaldo. Lebih buruk lagi jika wasit melihat aksi memalukan saya terhadap Graham Dorrans di kotak penalti.”

Satu bulan kemudian dengan kontrak yang masih tersisa tiga bulan, Nevile gantung sepatu.

Loading...