OUR NETWORK

ElGran Derby (1): Ketika Sepakbola Spanyol Bukan Sekadar El Clasico

Seville adalah kota yang sangat indah. Dibangun dalam jubah arsitektur yang khas dengan latar belakang sungai Guadalquivir yang dramatis. Banyak orang akan menunjuk ibukota Andalusia ini sebagai kota paling memikat di Spanyol. Dan beberapa orang akan terpesona ketika jalan-jalan di kota yang dipenuhi bangunan-bangunan penuh warna.

Seville adalah kota metropolis yang karismatik. Disiram di bawah matahari tak berujung dari Spanyol kawasan selatan. Alcazar dan Katedral Seville adalah tempat-tempat wisata. Katedral sendiri merupakan gairah yang berapi-api dari Seville Derby di dalam Stadion Benito Villamarin maupun Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Bisa dibilang ini merupakan pengalaman yang paling menarik dari kota Seville. Sebab di sanalah adanya pertandingan antara dua kesebelasan bersejarah di sepakbola Spanyol antara Real Betis dan Sevilla. Di sisi lain, Seville Derby adalah pertemuan yang kurang dihargai ketimbang El Derby Madrileno maupun El Clasico di Spanyol.

Sebab tarik gravitasi sangat besar yang dibuat media di luar Spanyol, seluruhnya dikumpulkan di antara Atletico Madrid, Barcelona dan Real Madrid. Hal itu membuat Seville Derby agak hilang dari diskusi antara penggemar sepakbola internasional sedemikian rupa. Akan tetapi ketika Betis dan Sevilla bertemu, ini adalah pengingat kuat bahwa sepakbola di Spanyol jauh lebih dari sekadar Barcelona dan Madrid.

Perlu diketahui bahwa Seville Derby ini menampilkan permusuhan tak kalah luar biasa dan hasrat yang mencapai titik didih antara pendukungnya. Di sisi lain, pertandingan sepakbola tersebut juga bisa menggambarkan keharmonisan yang menghangatkan hati antara salah satu persaingan terbesar ini.

Hal ini bisa dipahami jika melihat Seville menjalankan kultur sepakbola dengan cara yang unik. Pendukung Betis maupun Sevilla saling berbagi ruang kehidupan sehari-hari, yaitu di setiap rumah, jalanan dan tempat kerja yang mencakupi keluarga maupun teman. Itulah yang melipatgandakan keajaiban dan kebesaran El Gran Derby. Di atas segalanya, mereka berkontribusi untuk membangun dan mengkonsolidasikan tontonan yang hebat dan tak ada bandingannya ketika berada di stadion sepakbola.

“Orang-orang Seville adalah alasan utama untuk ini. Beberapa minggu sebelum pertandingan, orang-orang mulai berbicara kepada Anda tentang itu di jalan. Mengatakan bahwa derby akan segera hadir, betapa bersemangatnya mereka dan Anda harus menang. Bagi masyarakat Seville, ini adalah salah satu acara terpenting tahun ini,” terang Joaquin Sanchez, pemain Betis, seperti dikutip dari The National.

“Bukan hanya karena dua tim bermain dari kota yang sama, ini adalah cara para pendukung menjalani persaingan, cara pendukung mengidentifikasi diri dengan klub. Anda pergi ke jalan dan melihat semua orang membicarakannya, itu menular dan Anda bisa merasakannya,” ujar Joaquin lebih lanjut.

Maka dari itu laga yang biasa disebut El Gran Derby itu menjadi salah satu pertandingan paling penting dan menarik di sepakbola Spanyol.

Memperjuangkan ElGrand Derby di Mata Internasional

ElGrand Derby adalah pertemuan khusus yang berbeda dari pertandingan lain. Tidak hanya berjuang untuk dikenali di Seville, Andalusia dan Spanyol, tapi di seluruh dunia. Sejatinya pertandingan ini adalah salah satu yang paling ditunggu-tunggu setiap musim. Tidak heran jika La Liga ingin terus mempromosikan pertandingan Seville Derby ini.

“Sangat penting bagi kami untuk dapat mentransmisikan segala sesuatu yang diperlukan oleh ElGran Derby. Perasaan, warna, hasrat, persaingan, atmosfer, emosi dan kebenarannya adalah sedikit demi sedikit kami mendapatkan semua penggemar sepakbola dan La Liga untuk ketagihan pertandingan ini,” terang Oscar Mayo, Direktur Pengembangan Internasional dan Kabinet Presiden La Liga, seperti dikutip dari Eldes Marque.

Ia sempat menambahkan bahwa penonton internasional dari ElGrand Derby telah meningkat tiga kali lipat dalam empat tahun terakhir. Ini mengidentifikasi pertumbuhan dan minat yang dimiliki dari kedua kesebelasan tersebut. Beberapa negara yang cukup antusias mengikuti ElGran derby adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Brazil, India, Inggris, Italia, Jepang, Nigeria dan Portugal.

“Sebelum saya tiba di sini, saya melihat persaingan di televisi antara dua pendukung yang tidak pernah berhenti mendukung. Ini adalah salah satu persaingan paling indah di sepakbola,” ujar Sergio Escudero, pemain Sevilla, seperti dikutip dari situs resmi Sevilla

Merek ElGrand Derby selalu menjadi motivasi untuk menciptakan sekaligus menguji potensi internasional. “Jika Anda ingin melihat pertandingan sepakbola yang nyata, di kota yang penuh gairah. Di Seville, Anda dapat menikmati salah satu derby terbaik di dunia,” ujar Ramon Loarte, Direktur Pemasaran Sevilla.

Emosi terbesar yang terkait dengan derby Seville serta kota itu sendiri adalah hasrat dalam sepakbola. Ini adalah emosi yang dibangkitkan ibu kota Andalusia yang berakar dalam darah Sevilla. Manifestasi diri mereka tidak hanya dalam sepakbola, tetapi juga sebelum perayaan paskah di Seville yang selalu dikunjungi ribuan turis internasional setiap tahun.

Gairah melakukan itu di Kota Seville sangatlah besar dan disertai benyak ekspresi emosi. Tapi ketika Betis dan Sevilla bertemu adalah contoh utama bagaimana gairah itu bisa menjadi manifestasi bagi dirinya sendiri di Kota Seville. Akan terlihat suasana sesi latihan terbuka sebelum pertandingan selalu dihadiri ribuan orang. Koran olahraga lokal Estadio Deportivo akan mendedikasikan sejumlah halaman depan untuk subjek dan pemain dari kedua kesebelasannya.

Melalui atmosfer seperti itu, seyogyanya orang-orang bisa melupakan El Clasico dan Madrid Derby. Sebab semua orang di Spanyol tahu bahwa salah satu persaingan paling gila di negara ini bisa ditemukan di kawasan selatan itu.

Loading...