OUR NETWORK

Hertha vs Union Berlin: Rivalitas Tahu Batas

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Ibu Kota Jerman akhirnya menggelar laga derby di 1.Bundesliga. Keberhasilan 1.FC Union Berlin menembus divisi tertinggi Jerman berhasil memberi kesegaran di sana. Senat Olahraga Berlin Andreas Geisel bahkan tak sabar untuk menyaksikan Union kontra Hertha Berlin di musim 2019/2020.

“Keberhasilan Union Berlin untuk promosi membuat jantung saya berdetak lebih cepat. Mereka adalah klub yang ambisius dan ambisi itu terbayarkan dengan prestasi. Akhirnya kita semua bisa melihat derby ibu kota di 1.Bundesliga. Saya tidak sabar,” kata Geisel.

Union bukanlah kesebelasan asal Berlin pertama yang mewarnai 1.Bundesliga. Saat liga itu dibentuk, Berlin memang hanya mendapatkan satu tempat, Hertha menjadi wakil mereka. Tapi pada 1974/1975 dan 1976/1977, ada klub Berlin lain yang mewarnai divisi tertinggi Jerman: Tennis Borussia Berlin. Sayangnya, TeBe dan Hertha tak memiliki sejarah rivalitas.

Berlin adalah kota sepakbola. Meski mungkin tidak setenar London, Ibu Kota Jerman itu memiliki banyak kesebelasan sepakbola tersebar di berbagai area. Menurut Wikipedia, ada 39 kesebelasan yang main di Berlin. Termasuk kesebelasan tertua Jerman, BFC Germania 1888. Tapi memang hanya Hertha yang terlihat 1.Bundesliga.

“Klub di Berlin tidak terlalu berprestasi. Itu mungkin yang membuat kota ini tak dipandang sebagai salah satu tempat sepakbola. Namun setidaknya mereka sudah tetap hidup ada di tengah-tengah komunitas,” kata Max Dinkelaker dari 11Freunde.

“Hertha mungkin yang paling terlihat. Tapi bukan berarti mereka yang paling populer. Kota lain mungkin hanya memiliki satu atau dua kesebelasan sepakbola. Klub sepakbola Berlin ada di mana-mana. Jadi warga di sini mendukung kesebelasan yang paling dekat dengan lingkungan dan komunitas mereka,” tambah Ben Ferry dari Bloody Hell Magazine.

Dari 39 kesebelasan yang ada di Berlin, Union dan Hertha memiliki kedekatan emosional antara satu dengan lainnya. Kandang Union di tengah hutan hanya berjarak 31 kilometer dari Olympiastadion milik Hertha. Lebih dekat dibandingkan jarak Depok-Bogor.

Anti-Stasi vs ‘Klub Nazi’

Foto: Tagesspiegel

Pada masa Mauerjahre (pemisahan tembok), Hertha berada di Jerman Barat. Sementara Union ada di Jerman Timur. Union dicap sebagai pemberontak. Melawan paham-paham komunis, menolak keberadaan badan inteligen atau Stasi, dan meminta tembok Berlin untuk diruntuhkan. Sedangkan Hertha adalah klub yang didukung Nazi. Olympiastadion bahkan didirikan oleh arsitek andalan Adolf Hitler, Albert Speer.

Meski demikian, Hertha dan Union tetap memiliki hubungan yang erat. Bahkan ketika mereka dipisahkan oleh tembok dan daerah kekuasaan, suporter Union kerap bernyanyi mengirimkan pesan kepada saudara-saudara di Jerman Barat.

I live in thirty metres in a square (Aku hidup di dalam kotak 30 meter).
Mines and barbed wire just over there (Ranjau dan kawat berduri ada di dekat sana).

Now you know where I call home (Sekarang kamu tahu mana yang aku sebut rumah).
Home for me in is “The Zone” (Rumah bagiku adalah ‘The Zone’).

We belong together, yes we do (Kita ditakdirkan bersama. Ya, kita ditakdirkan bersama).
Blue-white Hertha and FCU (Biru-putih Hertha dan FCU).

Only two teams are on the spree (Hanya dua kesebelasan besenang-senang).
Union and Hertha BSC (Union dan Herta BSC)”.

Walaupun Hertha didukung oleh Nazi, pada dasarnya komunis dan fasisme merupakan dua hal yang berbeda. Lagipula, menurut sejarawan dari Freie University, Daniel Koerfer, nilai-nilai yang dianut Hitler dan partainya tidak hidup di Hertha.

“Mereka tak melawan pihak penguasa. Ada sebuah rasa kagum kepada Hitler, tapi mereka bukan fanatik Nazi. Hertha juga bukan menganut antisemitisme walau tidak ikut bersuara dan melawan rasisme,” jelas Koerfer. Singkat kata, Hertha adalah kesebelasan yang pasif secara politik.

Lawan utama Union soal paham politik adalah BFC Dynamo yang disokong oleh pihak Stasi. Itu bisa menjadi artikel lain. Pada dasarnya, Union dan Hertha adalah saudara. CEO Hertha Berlin Michael Preetz bahkan memberi dukungan kepada Union setelah berhasil promosi ke 1.Bundesliga.

Jerman Timur vs Jerman Barat

Foto: Twitter / @FCUnion_en

Walaupun mereka bersaudara, bukan berarti pertemuan antara kedua kesebelasan akan berjalan tanpa ancaman. Perlu diingat bahwa 2019/2020 adalah musim pertama Union di 1.Bundesliga. Ini bukan hanya momentum bagi klub, tapi juga penduduk daerah mereka.

Menurut Ahli Psikolog Olahraga Thomas Alkemeyer, daerah Kopenick yang ditempati Union kerap kali menjadi minoritas. Union Berlin bahkan diberi label sebagai klub pemberontak di masa pemerintahan Uni Soviet. Ini membuat kehadiran mereka di 1.Bundesliga jadi lebih besar. Pasalnya mereka bukan hanya mewakili Berlin Timur. Tapi juga Jerman Timur.

“Ini bisa menjadi perang saudara yang emosional. Pasalnya kedua klub memiliki suporter dengan tingkah laku dan sikap yang berbeda,” buka Alkemeyer.

“Keberhasilan Union masuk 1.Bundesliga menjadi pemicu semangat publik di Berlin Timur. Bahkan yang dulu di Jerman Timur. Pasalnya klub ini berbeda dengan RB Leipzig -yang juga dari Jerman Timur-. Mereka adalah klub yang dekat dengan para suporternya. Bukan klub yang dibuat oleh perusahaan besar,” jelasnya.

 

 

 

 

 

Loading...