OUR NETWORK

17 Fakta James Rodriguez

James Rodriguez merupakan pesepakbola berkebangsaan Kolombia yang kini membela Real Madrid. Berikut kami sajikan fakta James Rodriguez.

  1. James Rodriguez memiliki nama lengkap James David Rodriguez Rubio.
  2. James Rodriguez lahir pada 12 Juli 1991 di Cucuta, Kolombia.
  3. James Rodriguez memiliki tinggi 180 sentimeter.
  4. James mengawali karier di Evigado, lalu pindah ke Banfield di Argentina. Nama James baru dikenal ketika ia membela FC Porto dengan menjuarai berbagai trofi bersama klub dan penghargaan individu.
  5. Pada 2014, James pindah dari AS Monaco ke Real Madrid dengan biaya transfer 63 juta paun. Angka ini menjadikannya sebagai pemain termahal Kolombia.
  6. Pada 2017, James direkrut Bayern Munich dengan masa pinjaman selama dua musim.
  7. Awal karier James dihabiskan di Enivgado, yang berlaga di Divisi Kedua Liga Kolombia pada 2006. Setahun kemudian, Envigado promosi. Ia menjadi pemain Kolombia termuda kedua yang main di pertandingan profesional pada usia 14 tahun.
  8. Pada 2008, James direkrut Banfield yang berlaga di Liga Argentina. Setahun kemudian, ia menjadi pemain reguler. Bahkan, ia mencatatkan rekor sebagai pemain asing termuda yang bisa mencetak gol di Argentina.
  9. Udinese sempat menginginkannya. Namun biaya 5 juta euro yang ditawarkan, dianggap Banfield terlalu rendah.
  10. Pada 6 Juli 2010, Porto datang dengan biaya transfer 100 ribu euro lebih tinggi ketimbang Udinese. Akan tetapi, Porto memberikan 30 persen hak ekonomi James buat pihak lain.
  11. James memenangi Poruguese Golden Ball pada 2012. Ia menjadi pemain Kolombia kedua yang bisa melakukannya setelah Radamel Falcao. Ia pun menjadi pemain termuda yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.
  12. Pada 25 Mei 2013, AS Monaco mendaratkan James dengan nilai transfer 45 juta euro. Ia menjadi pemain termahal dalam sejarah klub juga sejarah Ligue 1 Prancis.
  13. Di Piala Dunia 2014, James tampil fantastis. Ia pun menyebut kalau ia punya rasa cinta, rasa kagum, dan gairah besar buat Real Madrid. Ia menyebut kalau bermain untuk Real Madrid adalah impiannya.
  14. Pada 22 Juli 2014, James direkrut Madrid dengan nilai sekitar 63 juta paun selama enam tahun kontrak. Ia pun menjadi pemain termahal ketiga Madrid kala itu.
  15. Di bawah Zidane, James kurang mendapatkan menit bermain. Ia pun meminta dipinjamkan untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain. Madrid kemudian meminjamkannya ke Bayern Munich pada 11 Juli 2017 selama dua tahun masa peminjaman. Meski dipinjam, tapi Bayern membayar 13 juta euro.
  16. James bermain bagus bersama Bayern di Bundesliga. Di musim pertamanya, ia mencetak tujuh gol dan 11 asis. Di musim kedua, ia pun mencetak jumlah gol yang sama.
  17. Pada 5 Juni 2019, Madrid memilih untuk tak memperpanjang opsi peminjaman atau mengaktifkan opsi pembeliannya.
Loading...