OUR NETWORK

18 Fakta Mesut Ozil

Mesut Ozil adalah pesepakbola berkebangsaan Jerman, yang berposisi sebagai gelandang serang atau pemain sayap di Arsenal. Berikut kami sajikan fakta Mesut Ozil.

  1. Mesut Ozil lahir pada tanggal 15 Oktober 1988 di Gelsenkirchen, Jerman Barat.
  2. Mesut Ozil merupakan generasi ketiga keturunan Turkish-German. Hal tersebut memengaruhi cara bermain Ozil. Ia menyimpulkan, “Teknik dan perasaan saya terhadap sepakbola seperti orang Turki. Kedisiplinan, sikap, dan totalitas dalam sepakbola, seperti orang Jerman”. Ozil memilih untuk menjadi warga negara Jerman saat berumur 17 tahun dan mulai bermain untuk timnas Jerman U-19.
  3. Mesut Ozil merupakan seorang muslim yang taat. Ia selalu membaca Al-Quran sebelum pertandingan dimulai. Ia mengatakan, “Saya selalu membaca Quran sebelum keluar lapangan. Saya berdoa dan rekan satu tim saya sudah tahu jika saya akan melakukan hal tersebut dan membuat mereka mengerti bahwa saya sedang tidak bisa diajak berbicara”. Ozil mengikuti puasa Ramadhan selama ia bisa. Karena sebagai pesepakbola, ia harus makan dengan teratur untuk menjaga tubuhnya tetap bugar.
  4. Ozil bergabung dengan Akademi Schalke 04 pada tahun 2005 setelah malang-melintang di beberapa klub lokal yang ada di Gelsenkirchen. Ozil dengan cepat beradaptasi dan masuk skuad utama sebagai playmaker.

    Fakta Mesut Ozil.
  5. Ozil menolak kontrak dengan gaji 1,5 juta euro per tahun yang ditawarkan Schalke 04. Ozil akhirnya bergabung dengan Werder Bremen pada 31 Januari 2008 dengan gaji lima juta euro. Ozil mencetak gol penentu kemenangan pada pertandingan final DFB-Pokal 2009 melawan Bayer Leverkusen di Berlin. Ia juga berhasil membantu Bremen melaju ke partai final UEFA Cup 2009.
  6. Ozil terpilih dalam skuat timnas Jerman untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dan bermain di semua pertandingan timnas Jerman.

    Fakta Mesut Ozil.
  7. Ozil menerima penghargaan Bambi Award sebagai contoh utama “successful integration” dalam masyarakat Jerman pada tahun 2010.
  8. Ozil mulai diperebutkan klub top Eropa setelah Piala Dunia 2010 usai. Barcelona, Arsenal, dan Real Madrid, dikabarkan telah memberi tawaran kepada Ozil saat itu. Rooney, sempat meminta Sir Alex Ferguson untuk segera membawa Ozil ke Old Trafford. Ozil Resmi bergabung dengan Real Madrid dengan nilai transfer mencapai 15 juta euro. Ozil mentelesaikan musim debutnya di Real Madrid dengan 25 assists, torehan tertinggi dari semua pemain yang bermain di liga top Eropa.
  9. Ozil menggunakan nomor punggung “10” setelah Real Madrid mendatangkan Jose Mourinho ke Santiago Bernabeu. Setelah membantu memenangkan gelar La Liga ke-32 untuk Real Madrid, Ozil menjadi pemain termuda yang masuk nominasi 10 besar UEFA Best Player in Europe.

    Fakta Mesut Ozil.
  10. Ozil resmi bergabung dengan Arsenal pada 2 September 2013 dengan nilai transfer mencapai 50 juta Euro. Hal tersebut membuat dirinya menjadi pemain asal Jerman termahal sepanjang masa. Keputusan Ozil ini didasarkan oleh kepercayaan pelatih yang sudah tidak ia dapatkan di Real Madrid, ia menambahkan bahwa dirinya merupakan pemain yang membutuhkan kepercayaan dan Arsenal menawarkan kepercayaan tersebut. Beberapa punggawa Real Madrid sangat menyayangkan kepergian Ozil.
  11. Ozil sempat terlibat pertikaian dengan Per Mertesacker setelah menelan kekalahan 3-6 dari Manchester City. Mertesacker menyayangkan sikap Ozil yang tidak memberi ucapan terimakasih kepada fans Arsenal yang bertandang ke Etihad Stadium. Ozil menyelesaikan musim debutnya bersama Arsenal dengan 13 assists dan tujuh gol di semua kompetisi.
  12. Ozil memainkan semua pertandingan yang dimainkan timnas Jerman pada perhelatan Piala Dunia 2014 dan membantu Jerman membuat sejarah dengan menjadi tim Eropa pertama yang memenangkan Piala Dunia di Amerika Selatan.
  13. Ozil berhasil memecahkan rekor Premier League, menjadikannya pemain pertama yang berhasil melakukan assists dalam 6 pertadingan berturut-turut pada 8 November 2015 dan menjadi 7 pertandingan berturut turut di game-week berikutnya melawan West Bromwich Albion. Ozil menyelesaikan musim 2015/2016 dengan mencetak 8 gol dan 20 assists di semua kompetisi dan membuat dirinya menerima penghargaan Arsenal Player of the Season.
  14. Ozil memecahkan rekor Arsenal sebagai pemain dengan gaji tertinggi dengan gaji 350 ribu paun per pekan setelah menandatangani kontrak baru pada bursa transfer musim dingin 2017/2018.

    Fakta Mesut Ozil.
  15. Ozil memecahkan rekor Eric Cantona sebagai pemain yang berhasil melakukan 50 assists tercepat di Premier League. Ia sukses melakukan assists ke-50-nya pada pertandingan ke-141 yang ia mainkan.
  16. Ozil mendonasikan 240 ribu poundsterling untuk membayar biaya operasi 23 anak asal Brazil setelah menjuarai Piala Dunia 2014 sebagai bagian dari BigShoe project yang ia ikuti.
  17. Ozil pernah mengunjungi kamp pengungsian Zaatari di Yordania pada Mei 2016. Ia mengelilingi kamp dan bermain bersama anak-anak dan memberikan jersey sepakbola.
  18. Ozil bekerja sama dengan badan amal My Shining Star untuk mewujudkan impian para anak-anak yang menderita kanker. Ia mengundang anak-anak tersebut untuk menjadi tamu di private box yang berada di ruang tunggu pemain selama pertandingan Arsenal melawan Sunderland pada tahun 2017.