OUR NETWORK

19 Fakta John Terry

John George Terry adalah mantan pesepakbola berkebangsaan Inggris, yang berposisi sebagai pemain belakang dan kini menjadi asisten pelatih di Aston Villa. Berikut kami sajikan fakta John Terry.

  1. John Terry lahir pada tanggal 7 Desember 1980 di Barking, London, Inggris. Ia memulai karier sepakbolanya dengan bergabung dengan Senrab yang mengikuti di Sunday League. Awalnya, Terry merupakan bagian dari akademi West Ham United. Ia bergabung dengan akademi West Ham United pada tahun 1991 sebagai gelandang. Ia kemudian pindah ke Chelsea ketika berusia 4 tahun, bermain untuk tim junior dan tim cadangan.
  2. John Terry merupakan pendukung Manchester United ketika masih remaja. Terry mendukung United karena saat itu United sedang superior yang memenangkan segalanya, ditambah ayah dan kakek Terry merupakan fans berat Manchester United.
  3. Terry melakukan debutnya di Chelsea pada 28 Oktober 1998 ketika Chelsea bertemu Aston Villa pada lanjutan League Cup. Terry dipinjamkan ke Nottingham Forest pada tahun 2000 agar Terry mendapat pengalaman bermain di skuat utama.

    Fakta John Terry. Foto: Nottingham Post
  4. Terry pernah terlibat dalam pertikaian dengan seorang penjaga klub malam West London dengan rekan satu tim nya, Jody Morris dan Des Byrne dari Wimbledon. Ia didakwa melakukan penyerangan dan penganiayaan. Ia mendapat larangan bermain dari timnas Inggris oleh Football Association. Sebelumnya, ia bersama Frank Lampard, Jody Morris, Eidur Gudjohnsen, dan Frank Sinclair, sempat mengalami hal serupa setelah melakukan pelecehan kepada wisatawan asal Amerika yang sedang berduka setelah serangan 9/11.
  5. Terry mulai bermain di skuad utama Chelsea pada musim 2000/2001, bermain sejak babak pertama sebanyak 23 kali dan terpilih sebagai Chelsea Player of the Year.
  6. Terry untuk pertama kalinya menjadi kapten tim untuk Chelsea ketika bertemu Charlton Athletic pada 5 Desember 2001. Terry kemudian ditunjuk sebagai kapten utama Chelsea setelah Jose Mourinho resmi mengambil alih posisi Claudio Ranieri. Keputusan Mourinho menunjuk Terry sebagai kapten terbukti sukses. Chelsea memenangkan gelar Premier League dengan memecahkan rekor pertahanan terbaik dalam sejarah Football League dengan clean sheet terbanyak dan memeroleh poin terbanyak.

    Fakta John Terry.
  7. Terry terpilih sebagai PFA Player of the Year 2004/2005, bek terbaik Champions League dan masuk dalam World XI pada penghargaan FIFPro.
  8. Terry pernah menjadi penjaga gawang di menit-menit akhir setelah Carlo Cudicini yang sebelumnya menggantikan Petr Cech mengalami cedera ketika pertandingan melawan Reading pada 14 Oktober 2006. Pada pertandingan tersebut, Terry berhasil menjaga clean sheet dengan skor akhir 1-0 untuk Chelsea.
  9. Terry mendapat kartu merah pertamanya selama karirnya di Chelsea setelah mendapat kartu kuning kedua melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane pada 5 November 2006. Pada pertandingan tersebut, untuk pertama kalinya Chelsea menelan kekalahan di White Hart Lane sejak 1987.
  10. Terry pernah mengalami insiden yang hampir merenggut nyawa nya ketika Chelsea bertemu Arsenal pada pertandingan final League Cup 2007. Abou Diaby yang hendak mengamankan bola dari kotak penalti tidak sengaja menandang wajah Terry. Terry sempat tidak sadarkan diri beberapa menit dan hampir menelan lidahnya sendiri. Ia segera dilarikan ke University Hospital of Wales.

    Fakta John Terry
  11. Terry pernah menjadi pemain dengan gaji termahal di Premier League setelah menandatangani kontrak baru yang ditawarkan Chelsea pada bulan Juli 2007. Saat itu, gaji Terry mencapai 135.000 paun per pekan.
  12. Terry mendapatkan straight red card pertamanya ketika melakukan rugby-tackling kepada Joao Alves ketika Chelsea bertemu Manchester City pada 13 September 2008.
  13. Terry memecahkan rekor klub dengan memainkan pertandingan ke 400 nya sebagai kapten Chelsea pada 9 Mei 2010. Satu pekan kemudian, ia berhasil mengangkat trofi piala FA setelah mengalahkan Portsmouth di Wembley Stadium.
  14. Terry memecahkan rekor mencetak gol tercepat Chelsea di Champions League setelah sundulannya gagal di halau kiper Schalke 04 ketika pertandingan baru berjalan 90 detik.
  15. Terry berhasil melewati rekor milik David Unsworth sebagai pemain bertahan dengan torehan gol terbanyak di Premier League pada 10 Mei 2015. Terry berhasil mencetak gol ke-39-nya di menit ke 5 pada pertandingan melawan Liverpool.
  16. Terry memainkan pertandingan ke-717 yang juga pertandingan terakhirnya sebagai pemain Chelsea pada 21 Mei 2017. Ia digantikan di menit ke-26 (sesuai dengan nomor punggung yang ia gunakan), dan menerima guard of honour dari rekan satu timnya.

    Fakta John Terry.
  17. Terry resmi bergabung dengan Aston Villa pada 3 Juli 2017 setelah menandatangani kontrak 1 tahun dengan status bebas transfer. Ia ditunjuk sebagai kapten tim untuk musim 2017-18. Terry memutuskan untuk tidak menandatangani kontrak baru yang ditawarkan Aston Villa setelah menelan kekalahan pada final play-off Championship dan gagal mendapat promosi ke Premier League. Ia memutuskan untuk pensiun sebagai pesepakbola pada 7 Oktober 2018 dan 3 hari kemudian, ia ditunjuk sebagai asisten pelatih Aston Villa.
  18. Terry mendapat bayaran lebih dari 1 juta paun untuk pembuatan otobiografinya.
  19. Terry memiliki perusahaan pakaian renang bernama Thomas Royall, bersama Sam Saunders dan Liam Ridgewell.