OUR NETWORK

20 Fakta Tony Pulis

Anthony Richard Pulis merupakan manajer berkebangsaan Wales yang menangani West Bromwich Albion sejak 2015, tapi telah dipecat. Berikut kami sajikan fakta Tony Pulis.

  1. Pulis lahir di Pillgwenlly, Newport, Wales pada tanggal 16 Januari 1958.
  2. Pulis mengawali kariernya dalam dunia sepakbola sebagai pemain. Ia bergabung dengan akademi Bristol Rovers. Pulis sempat bergabung dengan klub Hongkong, Happy Valley AA, pada 1981. Pada 1984, ia bergabung dengan klub daerah asalnya Newport County. Di Newport, Pulis menjadi salah satu pemain andalan. Pulis bergabung dengan AFC Bournemouth setelah menerima tawaran dari Harry Redknapp. Pulis menghabiskan tiga musim bersama Bournemouth sebelum bergabung dengan Gillingham pada 1989. Pulis kembali berseragam Bournemouth dengan merangkap menjadi pemain sekaligus pelatih.
  3. Pulis mendapat promosi menjadi manajer pada 1992, setelah Harry Redknapp memilih untuk meninggalkan Bournemouth dan bergabung dengan West Ham United. Pulis menghabiskan dua musim menjadi manajer Bornemouth. The Cherries hanya finis di posisi ke-17 di kedua musim tersebut.

    Tony Pulis saat menghadapi kesebelasan yang pernah diasuhnya, AFC Bournemouth – Fakta Tony Pulis.
  4. Pulis bergabung dengan Gillingham pada musim panas 1995. Ia menjadi manajer selama empat musim. Pulis mengubah tim yang pada awalnya selalu berjuang di zona degradasi Footbal League Two menjadi pemenang promosi di musim pertamanya. Namun, Pulis dipecat setelah kalah di final play-off kontra Manchester City.
  5. Pulis ditunjuk sebagai manajer Bristol City pada Juli 1999. Pulis hanya bertahan selama 6 bulan dan bergabung dengan Portsmouth.
  6. Pulis bergabung dengan Portsmouth pada Januari 2000. Ia membawa Portsmouth ke papan tengah. Namun ia kembali dipecat setelah 10 bulan mengarsiteki Portsmouth.
  7. Pulis menganggur selama dua tahun sebelum bergabung dengan Stoke City setelah Steve Cotterill mengundurkan diri dari posisi manajer Stoke City. Bersama Stoke City, Pulis harus bertarung dalam zona degradasi di musim pertamanya pada musim 2002/2003. Stoke City berhasil bertahan di divisi satu setelah Stoke melakoni laga terakhirnya dengan kemenangan kontra Reading.
  8. Pulis sempat bersitegang dengan pemilik klub di musim 2004/2005. Saat itu, Pulis mengalami frustasi karena kekurangan dana yang menyebabkan kontrak dua pemain andalan Stoke City tidak bisa di perpanjang.
  9. Pulis pernah merekrut anaknya, Anthony Pulis, ke Stoke City pada Januari 2005.
  10. Pulis dipecat dari kursi manajer Stoke City pada 29 Juni 2005 karena gagal memanfaatkan bursa transfer asing.

    Fakta Tony Pulis
  11. Pulis mengambil alih posisi manajer untuk Plymouth Argyle setelah pemecatan dari Stoke City. Pulis berhasil mengembalikan posisi klub yang tercecer di papan bawah menuju papan tengah dan finis di posisi 14 Divisi Championship.
  12. Pulis kembali menjadi manajer Stoke City pada 14 Juni 2006 setelah pemilik klub terdahulu mengundurkan diri. Di akhir musim, Stoke City finis di posisi 8 divisi Championship. Pulis berhasil membawa Stoke City menuju Premier League di akhir musim 2007/2008. Stoke City menjadi kandidat klub yang akan terdegradasi dari Premier League musim 2008/2009 tapi Stoke City berhasil selamat dari zona degradasi dan terus melanjutkan perjuangan di Premier League musim 2009/2010. Pulis mendapat banyak pujian karena pekerjaannya di Stoke dengan budget yang terbatas. Pulis menjadi salah satu kandidat untuk penghargaan Premier League Manager of the Year  musim 2008/2009. Musim berikutnya di Premier League, status Stoke CIty di Premier League bukan lagi menjadi tim yang hanya bertarung di zona degradasi, Stoke berhasil mencapai babak perempat final FA Cup setelah berhasil menyingkirkan York City, Arsenal, dan Manchester City, sebelum dikalahkan oleh Chelsea di Stamford Bridge. Stoke finis di posisi ke-11 dengan dua poin lebih banyak dari musim lalu.
  13. Pulis berhasil memenangkan pertandingan dalam pertandingan ke 300-nya sebagai manager Stoke City dalam laga kontra Blackburn Rovers dengan skor akhir 3-0 pada 6 Februari 2010.
  14. Pulis menjadi manajer Stoke City pertama dalam sejarah yang berhasil membawa klub tersebut ke final FA Cup setelah mengalahkan Bolton dengan skor 5-0 di laga semifinal. Namun, Stoke gagal mengangkat trofi setelah dikalahkan Manchester City dengan skor 1-0, Yaya Toure menjadi pencetak gol tunggal dalam laga tersebut. Di akhir musim 2010/2011, Stoke CIty lolos dan menjadi wakil Inggris dalam kompetisi UEFA Europa League setelah Manchester City dipastikan akan berkompetisi di UEFA Champions League.
  15. Pulis datang dalam pertemuan yang diadakan oleh manajeman pada 21 Mei 2013. Dalam pertemuan tersebut, manajemen memutuskan untuk tidak menggunakan jasa Tony Pulis lagi. Pulis digantikan dengan pria Wales lainnya, Mark Hughes.
  16. Tony Pulis ditunjuk menjadi manajer Crystal Palace pada 23 November 2013 menggantikan Ian Holloway. Pulis cukup aktif dalam bursa transfer dengan membeli Tom Ince dari Blackpool, Joe Ledley dari Celtic, Scott Dann dari Blacburn Rovers, Jason Puncheon dari Southampton dan Wayne Hennesey dari Wolverhampton. Kedatangan mereka membuat Crystal Palace menjadi lebih solid. Di akhir musim Crystal Palace finis di posisi 11 dengan 45 poin dan Pulis mendapat penghargaan Premier League Manager of the Year 2013-2014.

    Fakta Tony Pulis
  17. Pulis meninggalkan Crystal Palace sebelum dimulainya musim 2014/2015. Pulis meniggalkan klub “dengan persetujuan bersama”. Ia memutuskan untuk meninggalkan klub karena ia tidak didukung dalam bursa transfer oleh manajemen Palace.
  18. Pulis ditunjuk menjadi manajer West Bromwich Albion pada 1 Januari 2015. Pulis berhasil mengamankan Darren Fletcher dalam bursa transfer musim dingin.
  19. Pulis dipecat oleh pihak klub pada 20 November 2017. Kini ia menjadi manajer Middlesbrough di liga Championship menggantikan Garry Monk.
  20. Pulis dikenal dengan reputasinya sebagai manajer yang berhasil di sebuah klub dengan budget yang minim, ia juga memiliki rekor yang membanggakan karena tidak pernah mengalami degradasi hingga saat ini.

Loading...