OUR NETWORK

21 Fakta Cesc Fabregas

Francesc Fabregas Soler adalah pesepakbola berkebangsaan Spanyol, yang berposisi sebagai gelandang dan kini bermain di AS Monaco. Berikut kami sajikan fakta Cesc Fabregas.

  1. Cesc Fabregas lahir pada 4 Mei 1987 di Arenys de Mar, Barcelona, Katalonia.
  2. Fabregas merupakan penggemar FC Barcelona dan telah hadir langsung di Camp Nou sejak berusia 9 bulan.
  3. Fabregas memulai karier sepakbolanya dengan bergabung CE Mataro sebelum direkrut akademi La Masia pada 1997. Ketika masih di CE Mataro, pelatih pertamanya, Senor Blai, dilaporkan tidak memilih memainkan Fabregas dalam pertandingan melawan Barcelona dengan alasan untuk menyembunyikan Fabregas dari para pemandu bakat milik Barca. Tetapi, taktik tersebut tidak bertahan lama dan Mataro pun menyerah dengan mengijinkan Fabregas untuk berlatih di La Masia satu kali per minggu. Fabregas bermain sebagai gelandang bertahan di awal kedatangannya di akademi La Masia.

    Fakta Cesc Fabregas. Foto: Dailymail.co.uk
  4. Fabregas mengidolakan kapten Barcelona saat itu dan nomor 4 milik Pep Guardiola. Fabregas pernah mendapat jersey milik Pep sebagai hiburan ketika orang tua Fabregas bercerai.
  5. Fabregas memilih untuk bergabung dengan akademi Arsenal pada 11 September 2003 karena persaingan di Barcelona sangat ketat. Awal kedatangannya, Fabregas sedikit kesulitan di London tetapi ia mulai bisa beradaptasi dengan baik setelah berteman baik dengan Philippe Senderos.
  6. Fabregas tidak mendapatkan medali ketika Arsenal memenangkan Premier League dengan tidak terkalahkan pada musim 2004/2005 karena Fabregas tidak bermain sama sekali di pertandingan liga.
  7. Fabregas menjadi pencetak gol termuda Arsenal di Premier League ketika berhasil mencetak gol ke gawang Blackburn Rovers.

    Fakta Cesc Fabregas.
  8. Fabregas sempat dituduh melakukan pelemparan pizza terhadap Sir Alex Ferguson dan pemain United lainnya ketika pertandingan antara Arsenal dan Manchester United selesai. Pertandingan tersebut mengakhiri rekor Arsenal yang tidak terkalahkan selama 49 pertandingan di Premier League. Pertandingan tersebut dijuluki “Battle of the Buffet”.
  9. Fabregas resmi menggunakan nomor punggung 4 dan masuk skuad utama setelah kepergian Patrick Vieira ke Juventus pada awal musim 2005/2006.
  10. Fabregas menjadi pemain termuda yang bermain di skuat utama timnas Spanyol mengalahkan rekor Sergio Ramos di pertandingan persahabatan melawan Pantai Gading pada 2 Maret 2006. Berkat penampilannya yang memukau, Fabregas masuk dalam skuat timnas Spanyol untuk FIFA World Cup 2006.
  11. Fabregas berhasil membantu Spanyol menjuarai kompetisi utama sejak 1964 setelah Spanyol mengalahkan Jerman di laga di final UEFA Euro 2008. Fabregas kembali terpilih dalam skuad timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2010. Uniknya, Fabregas tidak pernah menjadi starter di semua pertandingan timnas Spanyol yang di pertandingkan selama kompetisi berjalan. Fabregas masuk sebagai pemain pengganti di 4 pertandingan dari 7 pertandingan yang dimainkan.

    Fakta Cesc Fabregas.
  12. Fabregas resmi bergabung dengan Barcelona pada 15 Agustus 2011. Barcelona sempat gagal mendatangkan Fabregas di musim sebelumnya. Fabregas mengakhiri musim pertamanya di Barcelon dengan memenangkan Copa del Rey, Supercopa de Espana, UEFA Super Cup dan FIFA Club World Cup, dengan 15 gol dan 20 asis dalam 48 pertandingan dan 4 penghargaan gelandang terbaik.
  13. Fabregas berhasil mendapatkan gelar liga pertamanya ketika Barcelona berhasil finis di posisi pertama klasemen La Liga musim 2012/2013.
  14. Fabregas bergabung dengan Chelsea pada 12 Juni 2014 dengan nilai transfer mencapai 33 juta euro.
  15. Fabregas menjadi pemain pertama di Premier League yang berhasil melakukan assists dalam 6 pertandingan secara beruntun.
  16. Fabregas untuk pertama kalinya menjadi kapten timnas Spanyol pada 31 Maret 2015 di pertandingan persahabatan melawan Belanda di Amsterdam Arena. Fabregas memainkan pertandingan ke 100 nya untuk timnas Spanyol pada 12 Oktober 2015, menjadikan Fabregas sebagai pemain ke 10 yang berhasil melakukannya.
  17. Fabregas, Diego Costa, dan Oscar, pernah mendapat “booed” oleh suporter Chelsea pada Desember 2015 setelah pemecatan Jose Mourinho. Para penggemar meyakini bahwa mereka lah yang seharusnya disalahkan dan membuat performa tim menjadi sangat buruk.
  18. Fabregas melakukan pertandingan ke-300-nya di Premier League pada 25 Februari 2017 melawan Swansea City. Pada pertandingan tersebut, Fabregas juga menyamai pencapaian Frank Lampard yang berhasil melakukan 102 assists di Premier League.
  19. Fabregas memilih untuk menjadi pundit untuk BBC bersama Rio Ferdinand, Alan Shearer dan Gary Lineker selama FIFA World Cup 2018 berlangsung.
  20. Fabregas memutuskan untuk bergabung dengan Monaco pada 11 Januari 2019. Selain faktor jarang tampil sebagai starter di Chelsea, kehadiran Thierry Henry-lah yang meyakinkan Fabregas untuk bergabung di Monaco.
  21. Fabregas menikah dengan Daniella Semaan pada Mei 2018. Mereka memiliki 3 orang anak, Lia, Capri, dan Leonardo.
Loading...