OUR NETWORK

21 Fakta Sergio Ramos

Sergio Ramos Garcia adalah pesepakbola berkebangsaan Spanyol, yang berposisi sebagai pemain bertahan dan kini bermain di Real Madrid. Berikut kami sajikan fakta Sergio Ramos.

  1. Sergio Ramos lahir pada tanggal 30 Maret 1986 di Camas, Spanyol. Ramos memulai karier sepakbolanya dengan bergabung akademi Sevilla. Di sana ia bertemu dengan Jesus Navas dan Antonio Puerta.
  2. Sergio Ramos melakukan debut di La Liga pada 1 Februari 2004. Ia masuk pada menit ke-64 menggantikan Francisco Gallardo ketika bertemu Deportivo de La Coruna. Musim berikutnya, ia memainkan 41 pertandingan, membantu Sevilla finis di posisi keenam dan berhak mengikuti kualifikasi UEFA Cup.
  3. Sergio Ramos resmi dibeli Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2005 dengan nilai transfer mencapai 25 juta euro. Angka ini menjadi rekor transfer termahal untuk bek asal Spanyol. Ia menjadi satu-satunya pemain asal Spanyol yang dibeli pada tahun pertama Florentino Perez mengambil alih Real Madrid. Di musim pertamanya, selain menjadi bek tengah, ia juga terkadang bermain sebagai gelandang bertahan. Namun, kedatangan Pepe dan Christopher Metzelder membuat dirinya bermain sebagai bek kanan pada musim 2007/2008.

    Fakta Sergio Ramos.
  4. Ramos tampil dengan memiliki naluri mencetak gol yang tidak biasa untuk seorang pemain bertahan. Di empat musim pertamanya, ia telah mencetak 20 gol di semua kompetisi. Tetapi ia juga mendapatkan 9 kartu merah dari 24 kartu merah yang didapatkan Real Madrid, termasuk 4 kartu merah di musim debutnya. Kartu merah pertama ia dapat ketika bertemu RCD Espanyol pada 18 September 2005.
  5. Ramos berhasil masuk dalam FIFA Team of the Year 2008, UEFA Team of the Year 2008 dan FIFPro Team of the Year 2007/2008. Ia juga berada di posisi ke-21 pada nominasi European Player of the Year 2008.
  6. Ramos menjadi salah satu dari empat pemain yang ditunjuk sebagai kapten tim pada awal musim 2009/2010. Pepe yang mengalami cedera serius di lututnya, membuat Ramos menjadi lebih sering bermain sebagai bek tengah. Ia mencetak 4 gol dari 33 pertandingan liga yang ia mainkan dan memainkan pertandingan ke-200 nya pada 21 Februari 2010.

    Fakta Sergio Ramos.
  7. Ramos menyamai rekor Fernando Hierro yang mendapatkan 10 kartu merah di Real Madrid setelah ia menendang Lionel Messi dari belakang dan mendorong Carles Puyol ketika Real Madrid harus takluk dari Barcelona dengan skor 0-5 pada 29 November 2010.
  8. Ramos menjadi pemain yang bertanggung jawab dalam penyoknya trofi Copa del Rey 2011. Ketika melakukan perayaan kemenangan di atap bus yang terbuka, ia tak sengaja menjatuhkan trofi tersebut dan terlindas roda bis yang mereka tumpangi.
  9. Ramos memecahkan rekor melakukan brace tercepat dalam sejarah semifinal Champions League pada 29 April 2014. Brace tersebut ia lakukan dalam waktu 4 menit saja ketika bertemu Bayern Munchen dengan skor akhir 4-0.

    Fakta Sergio Ramos.
  10. Ramos mencetak gol pertamanya dari tendangan bebas pada 7 Mei 2014 ketika bertemu Real Valladolid. Gol tersebut untuk pertama kalinya membuat Ramos menjadi pencetak gol dalam 4 pertandingan berturut-turut untuk Real Madrid. Ramos mengakhiri musim 2013/2014 dengan mencetak tujuh gol dalam satu musim, sebuah pencapaian gol tertinggi untuk Ramos saat itu.
  11. Ramos mencetak gol ke-50-nya ketika bertemu Athletic Club pada 8 November 2014  di Santiago Bernabeu, gol tersebut ia sarangkan menggunakan lututnya.
  12. Ramos resmi menjadi kapten utama Real Madrid setelah kepergian Iker Casillas ke Porto pada awal musim 2015/2016.
  13. Ramos mengalami cedera bahu kiri pada 8 November 2015. Cedera tersebut ia derita setelah melakukan overhead kick dan mendarat dengan bahunya. Beruntung overhead kick tersebut berbuah gol.
  14. Ramos menerima kartu merah ke-20-nya di Real Madrid yaitu pada 13 Maret 2016 ketika bertemu Las Palmas. Ia kembali dari skorsing pada 2 April 2016 dan bertemu Barcelona di Camp Nou, dan lagi-lagi ia kembali mendapat kartu merah. Kartu merah tersebut menjadi kartu merah ke-21 dan keempat di pertandingan El Clasico.

    Fakta Sergio Ramos
  15. Ramos menjadi kapten pertama yang memenangkan back-to-back Piala Eropa pada era Champions League setelah mengalahkan Juventus di final pada 3 Juni 2017. Ia juga menjadi kapten pertama yang memenangkan Champions League sebanyak 3 kali berturut-turut setelah mengalahkan Liverpool pada 26 Mei 2018. Meski begitu, di pertandingan final melawan Liverpool ia mendapat banyak kritik setelah dinilai sengaja mencederai Mohamed Salah dan melakukan sikutan kepada Loris Karius.
  16. Ramos memainkan pertandingan ke 600 nya untuk Real Madrid ketika bertemu Ajax di leg pertama 16 besar Champions League. Meski begitu, pertandingan ke-600-nya dianggap kontroversial karena ia dengan sengaja melakukan pelanggaran pada menit ke-90 agar mendapat kartu kuning dan mendapatkan larangan bermain karena akumulasi kartu di leg ke dua. Namun, UEFA melakukan investigasi dan memutuskan untuk memberi dua larangan bermain kepada Ramos. Ramos akhirnya tidak bisa bermain lagi di Champions League 2019 karena Madrid harus takluk dari Ajax di leg ke dua.
  17. Ramos sampai saat ini merupakan pemegang berbagai rekor disipliner di Champions League, La Liga, dan Timnas Spanyol. Ramos memegang rekor paling banyak mendapatkan kartu di La Liga dengan 173 kartu, 19 di antaranya merupakan kartu merah, membuat dirinya menjadi pemain paling sering diusir dari pertandingan La Liga. Di Champions League, Ramos mendapat 37 kartu kuning dan 3 kartu merah (dua diantaranya merupakan straight red cards), membuat dirinya menjadi pemain dengan kartu terbanyak dalam sejarah Champions League. Ramos juga menjadi pemegang rekor kartu terbanyak sepanjang sejarah Timnas Spanyol.
  18. Ramos memiliki hubungan asmara dengan seorang jurnalis dan presenter Pilar Rubio pada September 2012. Pasangan ini dikaruniai 3 orang anak, Sergio Jr, Marco dan Alejandro.
  19. Ramos merupakan seorang ‘family person’ dan sangat dekat dengan saudara dan orangtua nya. Sang kakak saat ini merupakan agen dirinya.
  20. Ramos sangat menyukai Bullfighting, yang populer di area tempat tinggalnya, dan ia juga memiliki teman yang merupakan seorang matador, Alejandro Talavante. Ramos memiliki peternakan kuda di Andalusia yang ia dedikasikan khusus untuk melakukan perkembangbiakan kuda Andalusia. Salah satu kuda Ramos ‘yecutan SR4’ menjadi juara dunia pada tahun 2018.
  21. Ramos menganut agama Katolik dan memiliki tato bunda Maria yang berada di lengan kiri bagian atas.