OUR NETWORK

21 Fakta Wayne Rooney

Wayne Mark Rooney adalah pesepakbola berkebangsaan Inggris, yang berposisi sebagai penyerang dan kini bermain di D.C. United. Berikut kami sajikan fakta Wayne Rooney.

  1. Wayne Rooney lahir pada tanggal 24 Oktober 1985 di Croxteth, Liverpool, Inggris. Ia merupakan keturunan Irlandia dan penganut Katolik Roma.
  2. Wayne Rooney sudah bermain sepakbola sejak kecil dan bermain untuk Liverpool Schoolboys di mana ia mencetak 72 gol dalam satu musim. Ia juga pernah mencetak 99 gol ketika ia bermain untuk Walton dan Kirkdale Junior. Tak lama, ia ditemukan oleh Bob Pendleton, seorang pencari bakat dari Everton.
  3. Rooney menjadi pemain termuda kedua yang masuk dalam skuad utama Everton setelah melakukan debutnya bersama Everton ketika bertemu Tottenham Hotspur pada 17 Agustus 2002. Dalam laga tersebut, Rooney mendapat cemoohan dari suporter Hotspur dengan meneriaki “Who are ya?” setiap ia menyentuh bola. Cemoohan tersebut ia balas dengan memberi asis kepada Mark Pembridge.

    Fakta Wayne Rooney.
  4. Rooney menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak gol untuk Everton setelah berhasil mencetak dua gol ke gawang Wrexham di League Cup yang dipertandingkan pada 2 Oktober 2002.
  5. Rooney menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak gol dalam sejarah Premier League ketika ia mencetak gol penentu melawan Arsenal, yang juga menghentikan rekor 30 pertandingan tak terkalahkan Arsenal pada 19 Oktober 2002, 5 hari sebelum ia merayakan ulang tahunnya yang ke-17.
  6. Rooney pernah menjadi pemain muda dengan gaji termahal setelah ia menandatangani kontrak profesional pertamanya untuk Everton pada Januari 2003. Ia mengakhiri musim debutnya di Everton dengan mencetak 8 gol dalam 37 pertandingan di semua kompetisi.
  7. Rooney menjadi pemain di bawah umur 20 tahun termahal setelah Sir Alex Ferguson sukses membawa Rooney ke Old Trafford dengan nilai transfer mencapai 25.6 juta paun. Sebelumnya, Rooney menolak memperpanjang kontrak dengan tawaran gaji 50.000 paun per pekan dan menolak tawaran 20 juta pounds dari Newcastle United.
  8. Rooney melakukan debutnya di Champions League ketika bertemu Fenerbahce pada 28 September 2004 dengan melakukan hat-trick dan memberi 1 assists. Hal tersebut membuat Rooney menjadi pemain termuda yang berhasil melakukan hat-trick di Champions League. Saat itu, Rooney baru berusia 18 tahun 335 hari.

    Fakta Wayne Rooney. Foto: UEFA.com
  9. Rooney dianugerahi penghargaan PFA Young Player of the Year pada musim 2004/2005.
  10. Rooney dicap sebagai pengkhianat oleh pendukung Everton ketika dirinya mencetak dan melakukan selebrasi dengan mencium logo United pada pertandingan antara Everton dan United di United pada April 2007. Pada pertandingan tersebut, Everton sempat unggul 2-0, namun United berhasil mengejar ketertinggalan dan Rooney mencetak gol ketiga dan melakukan assists kepada Chris Eagles yang mencetak gol keempat untuk United.
  11. Rooney mendapat medali Premier League pertamanya di akhir musim 2006/2007.

    Fakta Wayne Rooney.
  12. Rooney mendapatkan nomor punggung 10 menyusul kepergian Ruud van Nistelrooy ke Real Madrid pada Juni 2007.
  13. Rooney mencetak gol ke-100-nya di Premier League ketika United untuk pertama kalinya mengalahkan Arsenal di Emirates Stadium pada 31 Januari 2010. Sebagai catatan, gol pertama Rooney di Premier League juga terjadi ketika melawan Arsenal.
  14. Rooney sempat mengumumkan bahwa dirinya ingin meninggalkan United pada awal musim 2010/2011 Premier League. Saat itu Rooney sering di bangkucadangkan oleh Fergie, meskipun Fergie menyatakan bahwa cedera yang ia derita membuat Rooney berada di bangku cadangan. Tetapi, Rooney akhirnya menandatangani kontrak baru bersama United.
  15. Rooney menjadi pemain keempat yang berhasil melakukan hat-trick dalam 2 pertandingan berturut-turut di Premier League setelah melakukan hat-trick ke gawang Arsenal dan Bolton Wanderers pada musim 2011/2012.
  16. Rooney pernah menolak untuk bermain di pertandingan melawan Swansea City pada 12 Mei 2013. Setelah pertandingan usai, Fergie menyatakan bahwa Rooney meminta untuk masuk dalam bursa transfer dan ia juga meminta untuk tidak bermain di pertandingan tersebut. Tetapi, saat David Moyes menggantikan Fergie, ia mengumumkan bahwa Rooney tidak akan dijual setelah beredar kabar jika Chelsea, Arsenal, Real Madrid, dan PSG, berminat mendatangkan Rooney.
  17. Rooney menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United dengan 250 gol setelah mencetak gol ke gawang Stoke City pada 21 Januari 2017. Ia mendapat Golden Boot yang diserahkan oleh pemegang rekor sebelumnya, Sir Bobby Charlton pada 29 Januari 2017.

    Fakta Wayne Rooney.
  18. Rooney memutuskan untuk kembali bergabung dengan Everton pada 9 Juli 2017 setelah pihak klub memperbolehkan dirinya meninggalkan United dengan status free transfer. Rooney menggunakan nomor punggung 10 untuk musim 2017/2018 di Everton.
  19. Rooney sempat hadir di Monday Night Football Sky Sport sebagai pundit pada Februari 2018. Ia mendapat pujian dari penulis The Guardian, Sachin Nakrani karena “pandai berbicara, cerdas, berwawasan, dan jujur”. Di acara itu, ia menyebut Anfield sebagai ujian terberatnya, dengan menyatakan “Saya tidak pernah menikmati ketika bermain disana”.
  20. Rooney bergabung dengan D.C. United pada 28 Juni 2018. Setelah MLS musim 2018 selesai, ia mendapat penghargaan D.C. United MVP dan Golden Boot dengan mencetak 12 gol dalam 21 pertandingan.
  21. Rooney memiliki adik kandung dan sepupu yang juga pesepakbola profesional. John Rooney saat ini bermain di Barrow dan Tommy Rooney saat ini bermain di Vauxhall Motors.
Loading...