OUR NETWORK

23 Fakta Riyad Mahrez

Riyad Karim Mahrez merupakan pesepakbola berkebangsaan Aljazair yang kini bermain untuk Manchester City. Berikut kami sajikan fakta Riyad Mahrez.

  1. Riyad Mahrez lahir di Sarcelles, Prancis, pada 21 Februari 1991.
  2. Riyad Mahrez memiliki tinggi 179 sentimeter.
  3. Orang tua Mahrez keduanya berkebangsaan Aljazair dan punya keturunan Maroko. Meski tinggal di Prancis, tapi Mahrez selalu menghabiskan masa liburannya di Aljazair.
  4. Ayah Mahrez, Ahmed, adalah pesepakbola di Aljazair. Namun, saat usia Mahrez 15 tahun, ayahnya meninggal karena serangan jantung.
  5. Mahrez memulai sepakbola di AAS Sarcelles pada 2004. Ia kemudian bergabung dengan Quimper yang menjadi kesebelasan profesional pertamanya. Uniknya, ia saat itu tinggal dengan Mathias Pogba.
  6. Pada 2010, Mahrez bergabung dengan Le Havre. Padahal, ia juga diincar oleh Paris Saint-Germain dan Marseille. Mahrez memilih Le Havre karena tertarik dengan sistem pemain muda mereka.

    Fakta Riyad Mahrez
  7. Di Le Havre II, Mahrez bermain 60 kali dan mencetak 24 gol.
  8. Pemandu bakat Leicester City, Steve Walsh, awalnya sedang memonitor rekan Mahrez, Ryan Mendes, tapi ujungnya, ia malah terkesan dengan Mahrez. Awalnya, Mahrez tak pernah mendengar Leicester City, dan bahkan menganggapnya sebagai klub rugby. Lalu, pada 11 Januari 2014, ia menandatangani kontrak berdurasi tiga setengah tahun.
  9. Keluarga dan rekan-rekannya sempat skeptis Mahrez pindah ke Inggris karena kondisi fisik Mahrez yang terbilang ramping. Banyak yang merasa kalau Mahrez lebih cocok bermain di Spanyol, ketimbang di Inggris yang mengandalkan fisik.
  10. Debut Mahrez untuk Leicester terjadi pada 25 Januari 2015. Pada musim itu, Leicester berakhir sebagai juara Divisi Championship dan kembali ke Premier League untuk pertama kalinya dalam 10 tahun.

    Fakta Riyad Mahrez.
  11. Di musim pertamanya di Premier League, Leicester hampir terdegradasi. Akan tetapi keajaiban terjadi setelah Leicester memenangi tujuh dari sembilan pertandingan terakhir di musim tersebut.
  12. Pada musim 2015/2016, Mahrez menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun pada Agustus 2015. Di musim tersebut, Mahrez bermain cemerlang dengan hampir selalu menjadi kunci kemenangan Leicester.
  13. Mahrez adalah pemain Aljazair pertama yang bisa mencetak hattrick di Premier League. Ia mencatatkannya setelah Leicester mengandaskan Swansea City 3-0.
  14. Pada Januari 2016, nilai transfer Mahrez melonjak drastis dari 4,5 juta paun menjadi 30 juta paun. Ia pun masuk ke dalam jajaran 50 pemain paling berharga di Eropa.
  15. Di musim 2015/2016, Mahrez turut membawa Leicester City yang secara ajaib menjadi juara Premier League. Mahrez pun menjadi pemain Aljazair pertama yang meriah medali juara Premier League. Saat itu, Mahrez mencetak 17 gol dari 37 penampilan di liga.

    Fakta Riyad Mahrez.
  16. Di musim 2016/2017, Mahrez tak main begitu bagus, seiring dengan penurunan level permaianan Leicester City. Akan tetapi ia turut membawa The Foxes ke perempatfinal Liga Champions untuk pertama kalinya. Namun, di akhir musim ia memutuskan untuk meninggalkan klub.
  17. Keputusan Mahrez meninggalkan Leicester membuatnya diburu banyak pihak, seperti Arsene Wenger yang menginginkan Mahrez, sampai AS Roma, yang sayangnya, tawaran mereka ditolak Leicester. Akan tetapi, di musim tersebut, Mahrez tak kemana-mana. Ia juga tak ke Manchester City yang tawarannya ditolak Leicester.
  18. Baru pada musim 2018/2019, Mahrez akhirnya hijrah ke Manchester City dengan biaya transfer 60 juta paun, yang menjadikannya sebagai pemain Afrika termahal, dan menjadi pembelian termahal Manchester City, juga rekor penjualan terbesar Leicester City.
  19. Bersama Manchester City, Mahrez meraih trofi Premier League untuk kedua kalinya, dan menjadi pemain kedua Afrika yang meraih gelar dengan klub yang berbeda setelah Kolo Toure.
  20. Di musim 2018/2019, Mahrez meraih treble domestik dengan merebut gelar Piala Liga Inggris dan Piala FA. Ia menjadi pemain Afrika pertama yang bisa melakukannya.

    Fakta Riyad Mahrez.
  21. Di level internasional, Mahrez bisa saja membela Prancis. Namun, ia menyatakan keinginannya untuk bermain di bawah bendera Aljazair. Ia pun masuk ke dalam skuat Aljazair di Piala DUnia 2014.
  22. Mahrez memiliki istri bernama Rita Johal yang ia nikahi pada 2014.
  23. Mahrez adalah seorang Muslim. Pada Juni 2017, ia melaksanakan ibadah Umrah ke Mekah.
Loading...