OUR NETWORK

24 Fakta Marcelo

Marcelo merupakan bek berkebangsaan Brasil yang kini bermain untuk Real Madrid. Berikut kami sajikan fakta Marcelo.

  1. Marcelo lahir pada 12 Mei 1988 di Rio de Janiero, Brasil.
  2. Marcelo memiliki nama lengkap Marcelo Vieira da Silva Junior.
  3. Marcelo memiliki tinggi badan 174 sentimeter.
  4. Marcelo awalnya bermain futsal pada usia sembilan tahun hingga 13 tahun.
  5. Marcelo memiliki latar belakang keluarga miskin, yang hampir membuatnya berhenti bermain bola. Namun, kakeknya meyakinkannya untuk terus menggeluti sepakbola.
  6. Pada 2005, Marcelo menjuarai Campeonato Carioca bersama Fluminense. Dan pada 2006, ia masuk ke dalam daftar Brasileirao Team of the Season di usianya yang masih 18 tahun.

    Fakta Marcelo.
  7. Marcelo bergabung dengan Real Madrid di bursa transfer Januari 2007. Saat kedatangannya, Presiden Madrid saat itu, Ramon Calderon, menyatakan kalau Marcelo adalah rekrutan penting buat Madrid. Calderon menggambarkan Marcelo sebagai pemain muda yang akan memberikan kesegaran buat skuat El Real. Banyak yang menganggap Marcelo sebagai penerus kesuksesan Roberto Carlos di pos fullback kiri.
  8. Debut Marcelo terjadi pada 7 Januari 2007 dalam kekalahan 0-2 menghadapi Deportivo La Coruna. Ia masuk sebagai pemain pengganti. Sementara itu, pertandingan pertama Marcelo main dari starting line-up terjadi pada 14 April 2007 menghadapi Racing Santander.

    Fakta Marcelo
  9. Baru pada musim 2007/2008, Marcelo main rutin. Ia bahkan hampir main di setiap pertandingan Madrid yang ditukangi manajer baru, Bernd Schuster.
  10. Di era Manuel Pellegrini, Marcelo selalu bermain di lebih dari 31 pertandingan di La Liga. Kecepatannya serta adaptasinya membuatnya bisa bermain di sayap kiri sebagai pemain bertahan atau yang lebih menyerang. Di bawah Pellegrini, Marcelo kerap ditempatkan sebagai pemain sayap. Karena hal ini, Marcelo memuncaki daftar asis terbanyak musim 2009/2010.

    Fakta Marcelo.
  11. Pada musim 2010/2011, di bawah arahan Jose Mourinho, Marcelo kembali ke posisi naturalnya. Mourinho merasa aman dengan bermainnya Marcelo karena kemampuan bertahannya yang baik, ditunjang dengan kecepatannya untuk mengawali serangan balik.
  12. Roberto Carlos menyebut Marcelo sebagai bek kiri terbaik di dunia. Menurutnya, Marcelo punya kemampuan lebih baik ketimbang dirinya.
  13. Marcelo dipanggil ke tim Olimpiade 2008 di mana ia memenangi medali perunggu.
  14. Pada Mei 2010, Marcelo masuk ke skuat cadangan di Piala Dunia 2010.
  15. Marcelo kembali dipanggil ke Olimpiade 2012, sebagai pemain non u-23. Di London, Brasil memenangi medali perak.
  16. Marcelo masuk ke 23 pemain yang dipilih Luiz Felipe Scolari di Piala Konfederasi 2013. Brasil menang di kompetisi tersebut.
  17. Pada Piala Dunia 2014, Marcelo terpilih ke skuat timnas Brasil. Namun, di pertandingan pembuka, ia mencetak gol bunuh diri kala menghadapi Kroasia pada 12 Juni saat membelokkan tendangan Nikica Jelavic dan menjadikannya sebagai gol pertama. Ini adalah gol bunuh diri pertama Brasil di Piala Dunia.
  18. Marcelo masuk ke skuat Brasil di Piala Dunia 2018. Namun, ia disingkirkan di Copa America 2019 oleh Tite.
  19. Marcelo punya banyak atribut yang menonjol seperti kemampuan menyerang, kemampuan teknik, dan gaya mainnya. Ia biasa bermain sebagai fullback kiri atau wing-back. Namun, ia juga bisa beroperasi di sayap kiri, bahkan juga sebagai gelandang.
  20. Kemampuannya membaca pertandingan kerap menjadikan Marcelo sebagai playmaker kedua di tim.
  21. Marcelo menikahi pacarnya, Clarice Alves pada 2008. Lantas, pada 24 September 2009, ia dianugerahi anak pertama yang diberi nama Enzo Gattuso Alves Vieira. Anak keduanya, Liam, lahir pada 1 September 2015.
  22. Kakeknya, Pedro, membantu Marcelo secara finansial yang membuatnya tetap bisa bermain sepakbola saat masih di Brasil. Nama kakeknya itu pula yang ia jadikan tato di lengannya. Setiap gol yang ia cetak didedikasikan untuk kakek dan istrinya.
  23. Pada 26 Juli 2011, Marcelo mendapatkan kebangsaan Spanyol, yang membuatnya bisa didaftarkan sebagai pemain Uni Eropa.
  24. Marcelo adalah suporter Botafogo dan dia berharap bisa bermain untuk klub tersebut.
Loading...