OUR NETWORK

26 Fakta Luis Figo

Luis Filipe Madeira Caeiro Figo merupakan pesepakbola berkewarganegaraan Portugal yang biasa bermain di posisi gelandang dan sayap. Ia penah satu kali mendapatkan penghargaan Ballon d’Or di tahun 2000. Berikut kami sajikan fakta Luis Figo.

  1. Luis Figo lahir pada tanggal 4 November 1972.
  2. Luis Figo lahir di Almada, Portugal.
  3. Luis Figo merupakan anak tunggal dari pasangan Antonio Figo dan Maria Madeira.
  4. Luis Figo memulai karier sebagai pesepakbola ketika bergabung dengan U.F.C. Os Pastilhas sebelum bergabung dengan Sporting Clube de Portugal di usia 11 tahun.
  5. Figo membuat debutnya bersama Sporting CP sebagai pemain pengganti pada 1 April 1990.
  6. Figo mencetak gol pertamanya ketika Sporting CP bertemu Torreense di musim 1991/1992.
  7. Luis Figo bergabung dengan Barcelona pada 1995 dengan nilai transfer 2.25 juta paun. Namun, Figo tetap menghabiskan sisa musim bersama Sporting karena sebuah peraturan yang melarang pemain Portugal untuk menandatangani kontrak dengan klub asing di luar periode transfer.

    Fakta Luis Figo
  8. Karier Luis Figo mulai meroket bersama Barcelona. Ia memenangkan Piala Winners 1996/1997, meraih gelar Primera Division berturut-turut bersama Rivaldo dan Patrick Kluivert. Figo tercatat telah mencetak 30 gol dalam 172 pertandingan liga untuk Barcelona.
  9. Luis Figo membuat keputusan yang kontroversial ketika ia bergabung dengan sang rival Real Madrid. Kedatangan Luis Figo ke Santiago Bernabeu menjadi awal dari era Galactico. Figo menjadi fokus dari rivalitas Barcelona dan Real Madrid. Meski begitu, Luis Figo mendapatkan penghargaan Ballon d’Or pada November 2000.

    Fakta Luis Figo
  10. Luis Figo kembali ke Camp Nou pada 21 Oktober 2000. Ia mendapat sambutan dari suporter Barca dengan teriakan “traitor”, “judas”, “scum” dan “mercenary”. Secara mengejutkan, Luis Figo menyimpan jari ke telinganya. Dalam laga tersebut, Figo tidak mengambil sepak pojok karena tidak mau terlalu dekat dengan suporter Barca.
  11. Figo membantu Madrid meraih gelar La Liga 2001 di musim debutnya. Figo mencetak 14 gol di semua kompetisi.
  12. Figo mendapat penghargaan FIFA World Player of the Year 2001.
  13. Figo kembali ke Camp Nou dengan berseragam Real Madrid untuk kedua kalinya pada 23 November 2002. Meski sudah tidak ada banner kebencian bagi dirinya, setiap ia mendekati tribun, kaleng bir, korek, botol, dan bola golf, terbang ke arahnya.
  14. Figo mengakhiri lima musim di Real Madrid dan bergabung dengan Internazionale di tahun 2005.
  15. Luis Figo memutuskan untuk gantung sepatu pada 16 Mei 2009, di hari yang sama ketika Inter menjuarai liga.

    Fakta Luis Figo
  16. Pertandingan profesional terakhir Luis Figo ketika Inter bertemu Atalanta di San Siro. Figo menerima “standing ovation” ketika ia diganti oleh Davide Santon. Figo berkata, “I am leaving football, not Inter,” ketika ia diwawancarai di tunnel stadion.
  17. Luis Figo mendapat penghargaan FIFA World Youth Championship pada 1991. Di tahun yang sama, Luis Figo membuat debutnya dengan timnas senior melawan Luxemburg di laga persahabatan.
  18. Gol pertama Figo untuk timnas terjadi pada tanggal 11 November 1992 dalam laga persahabatan kontra Bulgaria.
  19. Luis Figo mencetak tiga gol dalam kualifikasi UEFA Euro 1996.

    Fakta Luis Figo
  20. Luis Figo mencetak 6 gol dalam 9 pertandingan pada kualifikasi Piala Dunia 2002.
  21. Luis Figo memutuskan untuk pensiun dari timnas Portugal setelah Portugal kalah di final Euro 2004. Namun ia mengubah keputusannya dan kembali bermain pada Piala Dunia 2006.
  22. Figo merupakan pemain terbaik di generasinya, dan menjadi pesepakbola Portugal terbaik. Dalam kondisi fisik yang prima, Figo pemain cepat, elegan dan penuh skill dengan kemampuan dribbling yang memungkinkannya sering berhadapan one on one dengan pemain lawan.
  23. Figo biasa menjadi pemain sayap di awal karirnya dimana ia mampu memberikan assist. Figo menjadi pemain yang melakukan assists terbanyak kedua dalam sejarah La Liga.
  24. Luis Figo menjadi playmaker ketika berada di Inter karena usia yang sudah tua membuat mobilitas Figo menurun, meski begitu visi bermain, umpan, tendangan jarak jauh, tendangan bebas dan penalti Figo sangat baik. Figo juga sangat baik dalam kepemimpinannya di lapang.
  25. Luis Figo bisa berbicara dalam lima bahasa yaitu Portugal, Spanyol, Inggris, Italia, dan Prancis.
  26. Luis Figo adalah pendiri dari Network 90, situs jejaring private members untuk industri sepakbola profesional.
Loading...