OUR NETWORK

26 Fakta Michael Owen

Michael James Owen merupakan pesepakbola berkewarganegaraan Inggris yang pernah mendapat penghargaan Ballon d’Or pada 2001. Ia pernah memperkuat sejumlah kesebelasan besar seperti Manchester United, Liverpool, dan Real Madrid. Berikut kami sajikan Fakta Michael Owen.

  1. Michael Owen lahir pada tanggal 14 Desember 1979.
  2. Michael Owen lahir Chester, Cheshire, Inggris.
  3. Michael Owen merupakan anak keempat dari pasangan Jeanette dan Terry Owen.
  4. Ayah Michael Owen, Terry Owen, juga seorang pesepakbola profesional yang pernah membela klub Chester City dan Everton.
  5. Michael Owen mengenal sepakbola ketika usianya baru menginjak 7 tahun. Saat itu ayah Owen melihat bahwa dirinya memiliki bakat dalam sepakbola dari seluruh saudaranya.
  6. Michael Owen memecahkan rekor dari Ian Rush dengan mencetak 97 gol dalam satu musim. Saat itu, Owen baru berusia 10 tahun.
  7. Michael Owen bergabung dengan akademi Mold Alexandra.
  8. Brian Kidd, seorang pencari bakat dari Manchester United, melihat bakat Owen. Chelsea dan Arsenal juga tertarik untuk memasukan Owen ke akademinya. Namun, Steve Heighway pencari bakat dari Liverpool menulis surat langsung kepada dirinya. Owen akhirnya bergabung dengan akadem Liverpool.
  9. Michael Owen dipanggil untuk membela timnas Inggris U-15 ketika ia berusa 14 tahun. Owen membuat rekor dengan mencetak 28 gol dalam 20 pertandingan untuk Inggris U-15 dan U-16.
  10. Owen melanjutkan sekolahnya. Meski ia sukses di akademik, Owen bersikeras untuk menjadi pesepakbola prefesional bersama Liverpool.
  11. Michael Owen bermain di Liverpool junior untuk musim 1995/1996. Saat itu usia Owen baru 16 tahun sedangkan pemain lain berusia 18 tahun.

    Michael Owen bersama timnas Inggris – Fakta Michael Owen.
  12. Michael Owen mencetak hattrick di perempat final ketika Liverpool bertemu juara bertahan FA Youth Cup, Manchester United. Di final, Liverpool bertemu West Ham yang tak pernah kalah di 24 pertandingan berturut-turut. Kala itu, Rio Ferdinand dan Frank Lampard masih berada di West Ham United. Liverpool berhasil megalahkan West Ham dan menjadi juara FA Youth Cup yang menjadi trofi pertama dalam sejarah Liverpool.
  13. Michael Owen merayakan ulang tahun ke-17-nya dengan menandatangani kontrak profesional bersama Liverpool.

    Fakta Michael Owen
  14. Karl-Heinz Riedle yang bergabung dengan Liverpool pada musim panas 1997 belum pernah mendengar Michael Owen. Namun ketika ia melihat langsung Owen ia mengatakan, “It’s unbelievable when you see him play to realise that he’s only 17”.
  15. Michael Owen menjadi pilihan utama sebagai striker ketika Robbie Fowler mengalami cedera pada musim 1997/1998. Ia mendapatkan Premier League Golden Boot dan mendapat penghargaan PFA Young Player of the Year. Owen berada di peringkat kedua dalam penghargaan World Player of the Year dan posisi keempat dalam penghargaan FIFA World Player of the Year.
  16. Owen mempertahankan Premier League Golden Boot di musim 1998/1099 meski ia mengalami cedera hamstring. Owen mengakhiri musim 1998/1999 dengan menjadi runner-up dalam penghargaan PFA Young Player of the Year.
  17. Owen kembali mengalami cedera hamstring di musim 1999/2000. Hal tersebut membuat dirinya melewatkan banyak pertandingan.
  18. Michael Owen membantu Liverpool meraih Treble Mini di musim 2000/2001. Liverpool menjuarai League Cup, FA Cup dan UEFA Cup, mengakhiri 6 tahun tanpa trofi. Owen mendapat penghargaan Ballon d’Or di akhir musim. Hal tersebut membuat Michael Owen menjadi pesepakbola asal inggris pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut setelah Kevin Keegan di tahun 1979. 
  19. Real Madrid tertarik untuk membawa Michael Owen ke Santiago Bernabeu pada Maret 2002. Florentino Perez mengatakan, “The best players must play for Real Madrid”. Namun manejer Liverpool saat itu, Gerard Houllier, berkata, “They might be able to afford Ronaldo but they cannot afford Michael Owen. For that kind of money they could only buy his left foot but he is not going anywhere. Michael is Liverpool through and through and he is staying with me.”
  20. Michael Owen bertahan di Liverpool sampai tahun 2004. Di musim terakhirnya, Owen mengalami cedera ankle yang membuat dirinya harus absen selama 3 bulan. Owen menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool di setiap musimnya sampai ia meninggalkan klub tersebut.
  21. Real Madrid resmi membawa Owen ke Santiago Bernabeu pada 13 Agustus 2004. Owen bergabung dengan Real Madrid pada era Galacticos. Ia bermain bersama Ronaldo, Raul, Luis Figo, Zinedine Zidane dan David Beckham.
  22. Michael Owen kembali ke Inggris dan bergabung dengan Newcastle United di tahun 2005.

    Fakta Michael Owen.
  23. Owen kembali mengalami cedera pada 31 Desember 2005. 4 bulan kemudian Owen kembali bermain sebagai pemain pengganti.
  24. Michael Owen bergabung dengan Manchester United pada 3 Juli 2009. Ia mengenakan nomor punggung 7 yang ditinggalkan Christiano Ronaldo ke Madrid.
  25. Michael Owen bergabung dengan Stoke City pada 4 September 2012.
  26. Michael Owen mengumumkan bahwa dirinya gantung sepatu pada 19 Maret 2013.
Loading...