OUR NETWORK

26 Fakta Unai Emery

Unai Emery merupakan pelatih sepakbola berkebangsaan Spanyol yang kini melatih Arsenal. Berikut kami sajikan fakta Unai Emery.

  1. Unai Emery terlahir dengan nama panjang Etxegoien.
  2. Unai Emery lahir pada 3 November 1971 di Hondarribia, Spanyol.
  3. Emery lebih banyak menghabiskan karier sepakbolanya di Segunda Division, Spanyol.
  4. Emery langsung masuk ke karier kepelatihan usai pensiun pada 2004.
  5. Kesebelasan pertama yang ia tangani adalah Lorca Deportiva CF, di mana ia mendapatkan promosi ke Segunda Division di musim pertamanya. Ia pun dianugerahi trofi Miguel Munoz.
  6. Emery lalu bergabung ke Almeria yang ia bawa promosi ke La Liga untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

    Fakta Unai Emery.
  7. Keberhasilan Emery membawa Almeria promosi membuatnya direkrut kesebelasan kuat La Liga, Valencia. Di Los Ches, ia secara reguler membawa mereka finis di tiga teratas.
  8. Di Sevilla, Emery mendapatkan pujian atas gaya mainnya. Hal ini ditunjang dengan kehadiran Monchi sebagai pengarahnya di bursa transfer sebagai Direktur Sepakbola Sevilla.
  9. Di Sevilla, Emery meraih tiga gelar Europa League secara beruntun. Keberhasilan ini membawanya ke Paris Saint-Germain pada 2006.
  10. Di PSG, pada musim pertamanya, Emery membawa mereka meraih trebel domestik: Coupe de France, Coupe de la Ligue, dan Trophee des Champions. Namun, mereka hanya finis di peringkat kedua Ligue 1.
  11. Namun, di musim keduanya bersama PSG, ia mendapatkan quadruple dengan tambahan gelar juara Ligue 1.

    Fakta Unai Emery.
  12. Setelah kontraknya habis di PSG, Emery ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Arsenal pada Mei 2018, setelah pensiunnya manajer terlama Arsenal, Arsene Wenger.
  13. Emery lahir di Hondarribia, Gipuzkoa, Basque. Ayahnya dan kakeknya, bernama Juan dan Antonio, yang keduanya merupakan pesepakbola dan berposisi sebagai kiper.
  14. Saat bermain, Emery adalah gelandang kiri yang lulus dari Akademi Real Sociedad. Namun, ia tak pernah tembus ke tim utama. Di usia 24 tahun, ia sempat bermain di lima pertandingan La Liga dan mencetak gol kala menang atas Albacete Balompie 8-1 di kandang.
  15. Setelah itu, Emery lebih banyak menghabiskan waktu di Segunda Division. Ia bermain sebanyak 215 kali dan mencetak sembilan gol selama tujuh musim. Ia pensiun bersama Lorca Deportiva CF di usia 32 tahun.
  16. Pensiunnya Emery terjadi karena ia menderita cedera lutut serius di Lorca pada musim 2004/2005. Ia pun ditawari posisi manajer yang lowong oleh presiden klub. Hebatnya, ia langsung membawa Lorca promosi ke divisi dua untuk pertama kalinya dalam sejarah. Lorca juga mengalahkan Malaga di Copa del Rey.
  17. Emery bergabung dengan Almeria pada 22 Juni 2006. Di musim tersebut, Almeria meraih promosi pertama ke La Liga, sementara mantan klubnya, Lorca, terdegradasi.
  18. Di musim pertamanya di La Liga, Almeria finis ke delapan. Hasil bagus ini membawa Emery ke Valencia menggantikan Ronald Koeman.

    Fakta Unai Emery.
  19. Di musim 2008/2009, Emery membawa Valencia finis di peringkat keenam, yang membuat mereka lolos ke Europa League. Mereka lolos hingga babak 32 besar, dan mencapai perempat final Copa del Rey.
  20. Prestasi bagus Emery di Valencia adalah membawa mereka ke peringkat ketiga di musim 2009/2010. Merea mencapai babak perempat final Europa League di musim itu.
  21. Usai membawa Valencia finis di peringkat ketiga pada 2011/2012, Emery pindah ke Spartak Moscow. Namun, pada 25 November 2011 ia langsung dipecat karena hasil buruk. Salah satunya dibantai 1-5 di pertandingan kandang menghadap Dynamo Moscow.
  22. Emery kembali ke sepakbola Spanyol pada 14 Januari 2013 ke Sevilla menggantikan Michel. Di musim tersebut, ia finis di peringkat kelima, dan membawa Sevilla juara Europa League.
  23. Di musim penuh pertamanya, atau pada 2014/2015, Emery kembali meraih trofi Europa League usai mengalahkan Dnipro Dnipropetrovsk. Hasil ini membuat Sevilla otomatis lolos ke Liga Champions musim selanjutnya.

    Fakta Unai Emery.
  24. Di musim 2015/2016, Sevilla hanya menempati peringkat ketujuh di La Liga. Namun, mereka kembali menjuarai Europa League usai menang atas Liverpool, 3-1 di Basel.
  25. Trofi Emery mulai penuh ketika menangan Paris Saint Germain. Total, ia meraih satu trofi Ligue 1, dua Coupe de France, dua Coupe de la Ligue, dan dua trofi Trophee des Champions.
  26. Pada 23 Mei 2018, Emery ditunjuk sebagai pelatih baru Arsenal dengan kontrak dua tahun. Emery kembali ke final Europa League 2018/2019 tapi akhirnya dikandaskan Chelsea 1-4.
Loading...