OUR NETWORK

28 Fakta Karim Benzema

Karim Benzema merupakan penyerang berkebangsaan Prancis yang kini membela Real Madrid. Berikut kami sajikan fakta Karim Benzema.

  1. Karim Benzema memiliki nama lengkap Karim Mostafa Benzema.
  2. Karim Benzema lahir pada 19 Desember 1987 di Lyon, Prancis.
  3. Karim Benzema memiliki tinggi 185 sentimeter.
  4. Benzema mengawali karier sepakbolanya di Bron Terraillon SC di usia delapan tahun. Ketika itu, nama panggilan Benzema adalah Coco.
  5. Dua gol yang dicetak Benzema menghadapi Akademi Lyon menarik perhatian tim terbesar di kota tersebut. Ini dikonfirmasi oleh Presiden Bron Terralion, Serge Santa Cruz. Ketika itu staf Lyon datang padanya untuk merekrutnya, tapi Santa Cruz menolak. Namun, setelah bicara dengan ayah Benzema, ia pun diizinkan trial dengan Lyon. Usai trial, Benzema pun akhirnya bergabung dengan Lyon.
  6. Benzema pernah menjadi ballboy tim senior Lyon. Di sekolah, Benzema adalah murid yang berprestasi.
  7. Di tim U-16, Benzema mencetak 38 gol di Kejuaraan Nasional.
  8. Pada musim 2004/2005, Benzema dipanggil ke tim cadangan, yang berlaga di Championnat de France amateur, atau Divisi Keempat di Liga Prancis. Meski hanya bermain sejak musim gugur, tapi ia berhasil mencetak 10 gol dan membawa tim cadangan Lyon ke peringkat kedua.
  9. Benzema dipanggil ke tim senior oleh Paul Le Guen. Ia bergabung bersama para pemain senior macam Michael Essien, Sylvain Wiltord, Florent Malouda, dan Eric Abidal. Saat itu, ia harus bicara di depan rekan setim barunya dan membuat mereka tertawa. Namun, Benzema bilang, “Jangan tertawa, aku di sini untuk merebut tempatmu.”
  10. Debut profesional Benzema terjadi pada 15 Januari 2005 menghadapi Metz. Ia main menggantikan Pierre-Alain Frau. Di pertandingan itu, Lyon menang 2-0 dan Benzema memberikan satu asis buat gol kedua yang dicetak Bryan Bergougnoux.
  11. Pada 2 April 2005, Benzema mencatatkan starter untuk pertama kalinya dalam pertandingan yang dimenangi Lyon 1-0 atas Lens. Di musim itu, Benzema bermain enam kali dan turut membantu Lyon meraih gelar liga mereka yang keempat.
  12. Benzema mengawali musim 2005/2006 di bawah arahan Gerard Houllier. Sialnya, ia kesulitan untuk bisa mendapatkan menit bermain. Apalagi, Lyon kedatangan penyerang Brasil, Fred. Debutnya di musim itu baru terjadi pada 2 Oktober 2005 menghadapi Rennes sebagai pemain pengganti.
  13. Pada 6 Desember, Benzema dimainkan menghadapi Rosenborg di pertandingan terakhir babak grup Liga Champions. Benzema mencetak gol pertamanya untuk kemenangan Lyon 2-1.

    Fakta Karim Benzema
  14. Sebulan berselang, Benzema mencetak dua gol pertamanya dalam kemenangan 4-0 atas Grenoble di Coupe de France. Lalu, pada 4 Maret 2006, Benzema mencetak gol pertamanya di Liga menghadapi Ajaccio dalam kemenangan Lyon 3-1.
  15. Di musim 2006/2007 Benzema mulai mendapatkan banyak menit bermain. Secara keseluruhan, ia bermain 21 kali di liga dan mencetak lima gol.
  16. Musim reguler Benzema baru terjadi di musim 2007/2008. Salah satu alasannya adalah kepergian para pemain senior seperti Malouda, Carew, dan Wiltord. Ia pun bisa mengenakan kostum bernomor “10”, serta menjadi striker utama Lyon. Ditambah lagi, ia punya hubungan bagus dengan sang manajer, Alain Perrin. Total, Benzema mencetak 31 gol di 52 pertandingan.

    Fakta Karim Benzema
  17. Pada 13 Maret 2008, Benzema memperpanjang kontrak dengan Lyon hingga 2013 dengan opsi satu tahun perpanjangan. Kontrak tersebut pun menjadikan Benzema sebagai salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di Prancis. Di musim itu, ia mendapatkan penghargaan Ligue 1 Player of the Year. Selain itu, namanya masuk daftar nominator Ballon d’Or yang akhirnya dimenangi Cristiano Ronaldo.
  18. Pada musim 2008/2009, permainan bagus Benzema membuat sejumlah klub tertarik. Ini membuat Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas, membanderol Benzema senilai 100 juta euro. Ia pun dinominasikan sebagai sampul gim FIFA 09 versi Prancis, bersama Franck Ribery.
  19. Di akhir musim, Benzema berada di peringkat ketiga pencetak gol terbanyak Ligue 1 dengan 17 gol.
  20. Pada 1 Juli 2009, Lyon mencapai kesepakatan dengan Real Madrid. Biaya transfernya mencapai 35 juta euro dan berpotensi naik hingga 41 juta euro dengan sejumlah klausul. Setelah lolos tes medis, pada 9 Juli, Benzema menandatangani kontrak dengan durasi enam tahun. Ia dikenalkan di Santiago Bernabeu beberapa hari setelah Kaka dan Cristiano Ronaldo.

    Fakta Karim Benzema
  21. Debut Benzema untuk Real Madrid terjadi pada 20 Juli di pertandingan pramusim menghadapi Shamrock Rovers. Ia mencetak satu-satunya gol pada menit ke-87.
  22. Debut Benzema di La Liga terjadi pada 29 Agustus 2009 menghadapi Deportivo La Coruna.
  23. Sebulan kemudian, Benzema mencetak gol kompetitif pertamanya buat Real Madrid dalam kemenangan 5-0 atas Xerez.
  24. Pada akhir November, Benzema lebih banyak masuk sebagai pemain pengganti. Pasalnya, manajer Madrid saat itu, Manuel Pellegrini, lebih memilih Gonzalo Higuain sebagai striker utama. Media Spanyol pun mengkritik Benzema yang sulit beradaptasi ditambah lagi ia belum belajar bahasa Spanyol. Marca bahkan menyebutnya sebagai “New Anelka” yang main buruk di Madrid. Namun, Zinedine Zidane justru memberinya dukungan dan membelanya.
  25. Pada musim 2010/2011, Benzema mengenakan kostum nomor 9. Di bawah arahan Mourinho, hubungan keduanya tak berjalan baik. Mou memilih Ronaldo dan Higuain di lini serang. Ditambah lagi kehadiran Emmanuel Adebayor yang didatangkan sebagai pinjaman, membuat Benzema lebih sering duduk di bangku cadangan.
  26. Golnya ke gawang Lyon di babak 16 besar Liga Champions menandai gol ke-100-nya sebagai pemain profesional.

    Fakta Karim Benzema
  27. Gol Benzema ke gawang Barcelona pada 10 Desember 2011 merupakan gol tercepat dalam sejarah El Clasico, di mana ia mencetak gol saat pertandingan baru memasuki detik ke-21.
  28. Pada 2011, ia mendapatkan penghargaan French Player of the Year dari majalah France Football. Ia menjadi pemain Madrid kedua yang pernah mendapatkannya setelah Zinedine Zidane.
  29. Di musim 2013/2014, Benzema dipasangkan dengan Ronaldo dan Gareth Bale, serta membentuk trio BBC. Di musim itu, mereka mencetak total 97 gol!
  30. Pada 16 September 2014, Benzema mencetak gol ke-1000 Real Madrid di kompetisi Eropa setelah mencetak gol di laga melawan FC Basel.
  31. Pada 6 Maret 2017, Benzema mencatatkan penampilan ke-100 di Liga Champions dalam kemenangan Madrid 2-1 atas Paris Saint-Germain di Parc des Princes.
  32. Pada 31 Maret 2017, Benzema mencatatkan pertandingan ke-400 di semua kompetisi untuk Real Madrid, dalam kemenangan 3-0 atas Las Palmas.
  33. Pada 7 November 2018, Benzema mencetak brace ke gawang Viktoria Plzen di babak grup Liga Champions, dan mencatatkan gol ke-200-nya buat Madrid. Ia menjadi satu dari tujuh pemain Madrid yang bisa melakukannya.
  34. Pada 6 November 2019, Benzema mencatatkan dua rekor: menjadi pemain kedua setelah Lionel Messi yang mencetak gol di 15 Liga Champions secara beruntun, dan pemain ketiga Madrid yang bisa mencetak 50 gol di kompetisi tersebut.
  35. Benzema bermain di timnas Prancis di semua kelompok usia, kecuali U-16. Ia adalah bagian dari Generation 1987, yang juga memunculkan nama seperti Hatem Ben Arfa, Jeremy Menez dan Samir Nasri.
  36. Fakta Karim Benzema

    Benzema diminta Federasi Sepakbola Aljazair (FAF) untuk membela negaranya di level senior. Ia bahkan didekati Presiden FAF kala itu, Hamid Haddadj dan Jean-Michel Cavali, untuk bergabung bersama Aljazair. Ia kemudian bicara di radio bahwa Aljazair adalah negara kedua orangtuanya, dan punya tempat di hatinya. Namun, kalau urusan sepakbola, dia hanya akan bermain untuk timnas Prancis.

  37. Benzema pertama kali dipanggil ke timnas Prancis pada 9 November 2006 oleh Raymond Domenech dalam pertandingan uji tanding menghadapi Yunani.
  38. Pada 13 April 2016, Dederasi Sepakbola Prancis mengumumkan kalau Benzema tak akan dipanggil ke Piala Eropa 2016 yang digelar di Prancis. Benzema juga tak dipanggil ke Piala Dunia 2018 di Rusia.
  39. Benzema lahir dari kedua orang tua yang berkebangsaan Aljazair. Kakeknya, Da Lakehal Benzema, tinggal di Desea Tigzirt, daerah utara Beni Djellil, di Aljazair, sebelum pindah ke Lyon pada 1950. Ayahnya, Hadid, juga lahir di Tigzirt, sementara ibunya, Wahida Djebbara, lahir dan dibesarkan di Lyon.
  40. Benzema adalah seorang muslim.
  41. Pada 3 Februari 2014, anak perempuannya, Melia, lahir. Lalu, pada 5 Mei 2017, anak laki-lakinya, Ibrahim, lahir.
  42. Pada 18 April 2010, TV Prancis, M6, menuduh empat anggota timnas Prancis menggunakan jasa pelacur, yang beberapa di antaranya di bawah umur atau transgender. Para pemain itu adalah Franck Ribery, Sidney Govou, Hatem Ben Arfa, dan Benzema.
  43. Pada 4 November 2015, Benzema ditahan Kepolisian Prancis atas keterlibatannya dalam pemerasan rekannya di timnas, Mathieu Valbuena.
Loading...