OUR NETWORK

21 Fakta Stadion Hillsborough

Stadion Hillsborough terletak di Owlerton, Sheffield, Inggris. Sheffield Wednesday melakoni laga kandangnya di stadion ini. Berikut kami sajikan fakta Stadion Hillsborough.

  1. Stadion Hillsborough mulai dibangun pada awal tahun 1899. Pada 2 September 1899, stadion ini resmi dibuka.
  2. Sheffield Wednesday menyewa Olive Ground sebagai markasnya di musim 1898/1899. Namun, pemerintah membutuhkan lahan yang berada di Olive Ground untuk jalur kereta api. Sheffield Wednesday terpaksa harus mencari home-ground baru sampai akhir musim.
  3. James Willis Dixon yang merupakan pemilik Hillsborough House, menawarkan lahan seluas 10-acre (40.000 m2) di Owlerton, sebuah daerah yang penduduknya masih sedikit. Lahan tersebut merupakan bagian dari perumahan Hillsborough House.

    Detik-detik sebelum tragedi – Fakta Stadion Hillsborough
  4. Stadion Hillsborough pada awalnya bernama Owlerton Stadium sampai 1914, ketika stadion tersebut melakukan perbaikan. Hillsborough memberikan keberuntungan kepada Sheffield Wednesday dengan 8 tahun pertamanya yang menjadi tahun paling sukses sejauh ini.
  5. Pada akhir musim 1912/1913 keuntungan dari penjualan tiket diumumkan oleh klub. Uang itu diinvestasikan sebagai pengganti tribun Olive Grove yang berada di sisi selatan stadion.
  6. Stadion Hillsborough menjadi salah satu stadion papan atas di Inggris. Hillsborough menjadi tuan rumah semifinal Piala FA sebanyak 27 kali. Pada tahun 1966, Hillsborough menjadi salah satu venue berlangsungnya Piala Dunia yang dihelat di Inggris.
  7. Hillsborough melakukan pembongkaran tribun utara pada tahun 1960. Tribun tersebut dirancang oleh perusahaan lokal Husband & Co, luas dari tribun baru tersebut mencapai 360 kaki (110 m). Tribun baru tersebut menjadi tribun kedua setelah Old Showground nya Scunthorpe United yang di bangun dengan atap kantilever.

    Foto udara jelang piala Dunia 1966 – Fakta Stadion Hillsborough
  8. Hillsborough menyelenggarakan final piala domestik pertamanya pada 1977 ketika mempertemukan Everton dan Aston Villa pada final Football League Cup. Pada akhir 1980-an, Hillsborough menjadi venue semi final FA Cup selama 3 tahun berturut-turut.
  9. Pada tanggal 15 April 1989, Hillsborough menjadi tempat tragedi terburuk dalam sejarah olahraga Inggris. Saat itu merupakan pertandingan semifinal FA Cup yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest. Saat pertandingan berlangsung, 96 pendukung Liverpool tewas karena terinjak-injak.
  10. Investigasi resmi terhadap tragedi tersebut mengkritik Sheffield Wednesday karena tidak bertindak atas insiden sebelumnya di tahun 1981 yang telah menunjukan potensi bahwa bencana ini akan terjadi. Rekomendasi dari Taylor Report menyebabkan serangkaian perbaikan keamanan di seluruh Inggris. Terrace di Hillsborough diubah menjadi all-seater empat tahun setelah bencana dan pagar yang berada di sekeliling lapangan diganti dengan barikade rendah. Di luar stadion dekat pintu masuk utama di Parkside Road, ada sebuah tugu peringatan bagi 96 suporter yang kehilangan nyawa mereka di Hillsborough.
  11. Pada 1996, Stadion Hillsborough menjadi venue beberapa pertandingan Piala Eropa 1996. 
  12. Rekor penonton terbanyak di Stadion Hillsborough sejak diubah menjadi all-seater terjadi pada 2 Februari 2000 dengan penonton mencapai 39.640. Saat itu Manchester United bertandang ke stadion ini.
  13. Pada 25 Juni 2007, air sempat membanjiri Hillsborough Stadium. Banjir tersebut masuk ke ruang ganti, restoran, dapur, kantor dan superstore.
  14. Tribun North Stand merupakan tribun terbesar ke tiga di Hillsborough, dengan kapasitas 9,255 penonton. Saat ini Chansiry menjadi sponsor utama di tribun ini.
  15. Tribun West Stand atau Leppings Lane End merupakan tribun bertingkat dua yang memiliki kapasitas 6,658 penonton. Tribun ini di tempatkan bagi suporter tim tamu
  16. Tribun South Stand menjadi tribun terbesar di Hillsborough. Tribun ini memiliki dua tingkat dengan kapasitas maksimal 11,352 penonton.
  17. Tribun Spion Kop menjadi tribun bagi suporter Sheffield yang paling vokal. Tribun ini memiliki kapastias maksimal 11,210 penonton.
  18. Tribun North West Corner merupakan satu satunya tribun yang tidak memiliki atap. Tribun ini belum bersertifikat yang membuat penonton tidak diizinkan untuk duduk di tribun ini. Tribun ini dijadikan studio sementara untuk perusahaan Sky Television dan area teknis mereka.
  19. Owls Megastore dan Ticket Office berada tepat di bawah tribun North Stand. Di sana menjual merchandise dan tiket resmi. 
  20. Hillsborough Stadium terletak di barat laut dari pusat kota. Daerah ini berada di kawasan perumahan dengan sejumlah toko dan pusat perbelanjaan.
  21. Hillsborough Stadium berencana melakukan perbaikan di tahun 2017. Perbaikan tersebut sudah termasuk menaikan area penonton di belakang tribun Kop, membangun bar baru di tribun Kop, mencetak spanduk baru di atas Leppings Lane yang menghadap ke West Stand, sistem tekanan api baru di semua kios-kios dan papan perimeter LED.

Loading...