OUR NETWORK

10 Kesebelasan dengan Skuat Termahal di Dunia (1)

Sepakbola kini telah berkembang menjadi bisnis luar biasa di dunia. Sebuah klub sepakbola mampu menghabiskan banyak dana; yang terkadang tidak masuk akal, demi mendapatkan pemain andalan untuk membangun kekuatan tim. Lihat saja bursa transfer pemain setiap musim, ratusan juta euro mengalir dalam perburuan pemain impian tersebut.

Tak heran jika nilai sebuah klub bisa melonjak karena skuatnya diisi pemain-pemain mahal dunia. Berikut ini, LigaLaga.id mengulas 10 klub Eropa dengan skuat termahal di dunia saat ini, menurut nilai para pemainnya versi laman Transfermarkt.

  1. Juventus

Juara bertahan Serie A Italia enam musim terakhir ini memiliki skuat dengan market value 564,3 juta euro dari 25 pemain yang menghuni tim mereka pada musim 2017/2018 ini. Meski nilai tersebut tak mencapai 600 juta euro; satu-satunya tim dalam daftar 10 besar ini dengan nilai di bawah angka itu, namun Juventus bisa berbangga karena mewakili Negeri Pizza di antara empat negara Eropa lainnya.

Gelandang serang Paulo Dybala menjadi pemain termahal dalam skuat Juventus musim ini, dengan nilai pasar sekitar 85 juta euro; nilai tertinggi di Serie A. Namun, dia memang tidak masuk dalam 10 besar pemain bernilai termahal saat ini. Sementara itu, nilai aset pemainnya dalam laporan finansial UEFA 2017 hanya 186 juta euro; masih di bawah klub pesaing, AS Roma dengan nilai 193 juta euro.

  1. Bayern Muenchen

Klub ini memang tak punya pemain bernilai termahal di dunia. Hanya ada Robert Lewandowski yang duduk di posisi 19 dengan nilai 80 juta euro, sedangkan lainnya hanya 15 pemain yang bernilai pada rentang 50 juta euro hingga belasan juta euro. Meski begitu, market value Bayern Muenchen masih cukup tinggi dengan nilai sekitar 642,5 juta euro dari 27 pemain yang menghuni skuatnya musim ini.

Klub paling sukses di Bundesliga Jerman ini memang selalu dominan di antara pesaing senegaranya, termasuk di daftar ini. Namun, menurut laporan finansial UEFA 2017, nilai aset pemain Muenchen hanya sekitar 160 juta euro saja; bahkan tak masuk 10 besar. Meski begitu, biaya transfer asli klub ini mencapai 415 juta euro yang dicatat UEFA; di posisi delapan di antara klub-klub besar Eropa lainnya.

  1. Atletico Madrid

Meski hanya menjadi kuda hitam dalam persaingan antara dua raksasa, Real Madrid dan Barcelona di La Liga Spanyol, namun skuat Ateltico Madrid pun tidak bsia dianggap remeh. Ada banyak pemain muda berbakat dalam skuat klub berjuluk Los Rojiblancos ini, salah satunya Antoine Griezmann yang bernilai 100 juta euro dan jadi rebutan banyak klub elit Eropa, termasuk Barcelona sejak musim lalu.

Market value skuat Atletico pun ternyata mencapai 644 juta euro, dari hanya 22 pemain mereka di musim ini. Namun, jika melihat laporan finansial UEFA 2017, mereka memang hanya duduk di posisi 14 dengan nilai aset pemain cuma 144 juta euro. Nilai itu bahkan masih kalah dari tim papan tengah Premier League Inggris, Newcastle United yang berada di atas mereka dengan nilai 154 juta euro.

  1. Chelsea

Berstatus sebagai juara Premier League musim lalu, skuat Chelsea pun dihuni oleh pemain-pemain bernilai selangit. Chelsea sudah hampir masuk ke dalam list skuat termahal. Salah satunya Eden Hazard yang saat ini dihargai mencapai 100 juta euro. Selain itu, pada musim panas 2017 lalu, mereka juga sukses mendatangkan tiga pemain muda yang sedang menjadi incaran banyak klub besar; yakni Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, dan Antonio Rudiger.

Alhasil, market value skuat Chelsea saat ini pun diperkirakan mencapai angka 695,75 juta euro. Dari 24 pemain mereka yang terdaftar musim ini, hanya empat pemain saja yang bernilai di bawah 10 juta euro. Bahkan, pada laporan finansial UEFA 2017, klub asal London Barat ini pun berada di posisi empat dengan nilai skuat mencapai 323 juta euro. Chelsea mengalahkan Barcelona yang cuma 202 juta euro.

  1. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur yang semula yang dianggap tim papan tengah, mulai diperhitungkan di antara klub-klub pengincar gelar juara Premier League. Pencapaian ini bisa terjadi berkat kesuksesan mereka dalam mengorbitkan banyak pemain muda berkualitas. Contohnya Gareth Bale yang dijual 101 juta euro pada musim panas 2013 silam.

Saat ini pun ada tiga pemain muda bernilai tinggi dalam di antara 24 skuat Tottenham, yakni Harry Kane (120 juta euro), Dele Alli (80 juta euro) dan Christian Eriksen (70 juta euro). Makanya wajar jika market value skuat klub ini mencapai 706 juta euro, yang menjadikannya sebagai skuat termahal keenam. Angka ini sedikit lebih mahal dari klub elit sekelas Chelsea. Padahal nilai skuatnya menurut laporan finansial UEFA 2017 hanya 132 juta euro, ada di posisi 16.

Loading...