OUR NETWORK

10 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Dingin 2018 (1)

Bursa transfer musim dingin Januari 2018 mungkin akan terus jadi pembicaraan hingga tahun-tahun ke depan. Pasalnya, hampir 800 juta euro digelontorkan klub-klub elit Eropa untuk merekrut pemain baru.

Premier League Inggris tercatat sebagai kompetisi dengan aliran dana paling boros di bursa transfer musim dingin. Uang yang berputar mencapai 430 juta paun, atau sekitar 483 juta euro, hampir dua kali lipat dari rekor di bursa transfer musim dingin 2011, 225 juta paun (253 juta euro), dilansir laman resmi PremierLeague.com.

Berikut 10 klub paling boros di bursa transfer musim dingin Januari 2018 secara global, seperti dihimpun dari laman Transfermarkt.

  1. Borussia Dortmund (26 juta euro)

Klub papan atas Bundesliga Jerman ini memang hanya merekrut dua pemain muda di bursa transfer musim dingin Januari 2018. Yakni, bek 22 tahun Manuel Akanji dari klub Swiss FC Basel, dan winger 17 tahun Sergio Gomez dari akademi raksasa La Liga Spanyol Barcelona. Namun, keduanya ternyata mampu menghabiskan dana transfer mencapai 26 juta euro, di mana 21,5 juta euro untuk Akanji.

Selain itu, Borussia Dortmund juga harus mengeluarkan biaya 1,5 juta euro untuk meminjam striker muda berusia 24 tahun, Michy Batshuayi dari juara bertahan Premier League Chelsea, dengan durasi enam bulan hingga akhir musim 2017/2018 ini. Namun, mereka mendapat untung besar, mencapai 74,25 juta euro dengan menjual dua pemain, termasuk sang bintang, Pierre-Emerick Aubameyang.

  1. Tottenham Hotspur (28,4 juta euro)

Tim berjuluk The Lilywhites ini tak banyak melakukan aktifitas di bursa transfer musim dingin Januari 2018, sama seperti musim-musim sebelumnya. Namun, secara mengejutkan mereka mendapatkan winger internasional Brasil Lucas Moura, yang sudah lama diincar klub rival, Manchester United. Dia didatangkan dari klub raksasa Ligue 1 Prancis Paris-Saint Germain (PSG) dengan biaya 28,4 juta euro.

Menariknya, transfer pemain berusia 25 tahun itu pun baru terjadi di hari terakhir, 31 Januari 2018. Tottenham Hotspur tentu saja berharap Moura bisa jadi bintang berikutnya, seperti Dele Alli, satu-satunya pemain yang pernah mereka rekrut pada bursa transfer musim dingin dalam empat musim terakhir. Sementara penjualan pemain pun juga sama sekali tak dilakukan klub ini pada peridoe ini.

  1. Athletic Bilbao (32 juta euro)

Athletic Bilbao pun tercatat sebagai klub yang ‘adem ayem’ pada setiap bursa transfer musim dingin, karena tidak pernah terlibat dalam pembelian dan penjualan pemain di bulan Januari selama enam musim sebelumnya. Namun, tim papan tengah La Liga Spanyol ini tampil sedikit berbeda di Januari 2018. Mereka menjual salah satu pemain bintang, dan mendapatkan dana besar dari transaksi itu.

Sama seperti Dortmund, klub berjuluk Los Leones ini jadi tim yang mendapatkan untung dari aktifitas belanja klub-klub boros dalam daftar ini. Bilbao pun hanya membelanjakan separuh dari pendapatan tersebut untuk menggantikan posisi sang pemain yang telah dilepas. Mereka mendatangkan centre-back andalan klub pesaing, Inigo Martinez berusia 26 tahun dari Real Sociedad dengan 32 juta euro.

  1. Beijing Guoan (40 juta euro)

Satu lagi klub yang membuat kejutan di bursa transfer musim dingin Januari 2018. Klub kaya Super League China lagi-lagi menghamburkan uangnya di benua Eropa. Kali ini, giliran Beijing Guoan yang rela menghabiskan 40 juta euro hanya untuk mendatangkan satu pemain. Mereka merekrut bomber klub La Liga, Villarreal Cedric Bakambu, dan menjadikannya sebagai pemain termahal Afrika saat ini.

Guoan pun menjadi klub dari luar Eropa paling boros di bursa transfer musim dingin Januari 2018 ini. Sebelumnya, klub papan tengah berjuluk The Imperial Guards ini sudah memiliki dua pemain bintang asing, yakni gelandang tim nasional Brasil yang juga eks bintang klub Bundesliga Bayer Leverkusen, Renato Augusto, serta striker berkebangsaan Spanyol jebolan akademi Barcelona Jonathan Soriano.

  1. Everton (44,5 juta euro)

Meski hanya berstatus underdog di Premier League, ternyata Everton cukup aktif di bursa transfer musim dingin dalam tiga musim terakhir, termasuk pada musim 2017/2018. Pada Januari 2018 lalu, mereka mendatangkan tiga bintang anyar dan melepas dua pemain. Dua pemain dipinang dengan biaya total 44,5 juta euro, dan satu lagi berstatus pinjaman. Sedang pendapatannya 18,6 juta euro.

Tim berjuluk The Toffees menggelontorkan dana 22,5 juta euro untuk merekrut winger Arsenal Theo Walcott, dan 22 juta euro untuk striker Cenk Tosun dari klub Turki Besiktas. Lalu, pemain pinjaman didapatkan dari Manchester City, yakni bek asal Prancis Eliaquim Mangala. Sedangkan pemain yang dilepas, Ross Barkley (16,9 juta euro) ke Chelsea, dan Aaron Lennon (1,7 juta euro) ke Burnley FC.

Loading...