OUR NETWORK

10 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Musim Dingin 2018 (2)

Hampir 800 juta Euro dihabiskan oleh kesebelasan Eropa selama bursa transfer musim dingin Januari 2018. Dari seluruh kompetisi elit di ‘benua biru’, Premier League Inggris mencatat transaksi paling banyak, yakni 430 juta paun (483 juta euro) yang jadi rekor baru,

Bukan hanya kesebelasan raksasa yang menjadi 10 klub paling boros di bursa transfer musim dingin Januari 2018 secara global. Dari paling bawah, ada Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, Athletic Bilbao, Beijing Guoan, Everton, dan berikut selanjutnya, seperti dihimpun dari laman Transfermarkt.

  1. Chelsea (53,9 juta euro)

Juara bertahan Premier League 2016/2017 ini sama sekali tak berbelanja pada bursa transfer musim dingin dua musim sebelumnya; meski melepas sejumlah pemain bintang. Namun, pada Januari 2018 ini Chelsea tak melewatkan peluang mendapatkan beberapa pemain berkualitas demi memperkuat skuat di paruh kedua musim 2017/2018. Ada tiga pemain yang mereka boyong ke Stamford Bridge.

Yakni, bek kiri andalan AS Roma Emerson Palmieri dari Serie A Italia seharga 20 juta euro, penyerang klub rival Arsenal Olivier Giroud senilai 17 juta euro, dan gelandang serang asal Everton Roos Barkley dengan harga 16,9 juta euro. Total yang dihabiskan 53,9 juta euro. Namun, Chelsea juga menerima untung besar dari penjualan Diego Costa ke mantan klubnya, Atletico Madrid sebesar 66 juta euro.

  1. Arsenal (65,85 juta euro)

Klub berjuluk The Gunners ini jadi salah satu tim paling aktif di bursa transfer musim dingin Januari 2018. Selain mengejar pemain incaran, Arsenal juga menerima proposal penawaran dari klub lainnya untuk beberapa pemain bintang mereka. Salah satunya, Alexis Sanchez lepas ke Manchester United. Namun mereka mendapatkan Henrikh Mkhitaryan sebagai ganti, karena transfernya berupa barter.

Arsenal juga sukses meminang striker incaran, Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund. Dari total 65,85 juta euro yang dibelanjakan, 63,75 juta euro habis untuk striker maut 28 tahun itu. Sisanya, 2,1 juta euro untuk merekrut bek muda Konstantinos Mavropanos dari PAS Ginnina, Yunani. Selain itu, mereka juga menerima 53,5 juta euro, hasil menjual tiga dari lima pemain yang dilepas.

  1. Manchester City (69 juta euro)

Seperti biasa, Manchester City selalu jor-joran dalam berbelanja pemain, termasuk di bursa transfer musim dingin sekalipun.Pada Januari 2018 lalu, mereka pun menghabiskan dana mencapai 69 juta euro, dan mendapatkan tiga pemain; meski salah satunya Erik Palmer-Brown, bek muda berusia 20 tahun dari Amerika Serikat direkrut tanpa biaya. Sedangkan pendapatan dari penjualan pemain nihil.

Dana terbesar dikeluarkan klub berjuluk The Citizen itu untuk mendatangkan bek 23 tahun Aymeric Laporte dari tim papan tengah La Liga Spanyol, Athletic Bilbao, mencapai 65 juta euro. Sedang 4 juta euro lagi digunakan untuk memboyong winger muda Inggris Jack Harrison yang sebelumnya bermain untuk New York City FC di Major League Soccer (MLS), seperti Palmer-Brown di Sporting Kansas City.

  1. Liverpool (79 juta euro)

Sebelum bursa transfer musim dingin Januari 2018 resmi dibuka, Liverpool sudah membuat kejutan dengan mengumumkan keberhasilannya menggaet bek papan atas Virgil van Dijk pada 27 Desember 2017; dan baru diresmikan di 1 Januari 2018. Centre-back andalan tim nasional Belanda itu direkrut dari klub rival Southampton dengan biaya 78,8 juta euro, yang membuatnya jadi bek termahal dunia.

Tim yang dijuluki The Reds ini sendiri menghabiskan sekitar 79 juta euro, yang berarti 99,7 persennya hanya untuk Van Dijk. Sedang sisa 228 ribu euro untuk merekrut bek kiri berusia 18 tahun dari klub kecil Skotlandia, Falkirk FC. Menariknya, tak lama setelah mendapat Van Dijk, Liverpool pun untung besar mencapai 120 juta euro dari hasil penjualan gelandang serang Philippe Coutinho ke Barcelona.

  1. Barcelona (131,8 juta euro)

Pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool jadi pengeluaran terbesar Barcelona pada bursa transfer musim dingin Januari 2018. Bahkan, nominal transfernya sebesar 120 juta euro jauh lebih besar dari total pengeluaran setiap klub dalam daftar ini. Nilai itu pun membuat pemain 25 tahun andalan tim nasional Brasil tersebut menjadi pembelian termahal Barcelona, dan pemain termahal ketiga dunia.

Raksasa La Liga berjuluk Lau Blaugrana itu juga memboyong bek 23 tahun asal Kolombia, Yerry Mina dari klub Brasil Palmeiras, senilai 11,8 juta euro. Lalu, ada winger 18 tahun dari klub MLS Amerika Serikat Montreal Impact, Ballou Tabla. Namun, nilainya tak diketahui, dan diproyeksikan ke akademi. Sedang pendapatan Barcelona hanya 5,5 juta euro dari penjualan Javier Mascherano ke klub China.

Loading...