OUR NETWORK

10 Pembelian Termahal Juventus (2)

Sebagai salah satu klub paling sukses di Italia, Juventus tentu saja dihuni oleh banyak pemain bintang dunia, dari zaman dulu hingga sekarang. Klub berjuluk La Vecchia Signora ini pun rela menghabiskan banyak dana untuk merekrut pemain-pemain terbaik dari berbagai penjuru negeri tersebut untuk memperkuat tim demi mempertahankan gelar juara.

Beberapa di antaranya bahkan menjadi pemain termahal klub, mulai dari Gonzalo Higuain, Gianluigi Buffon, Lilian Thuram, Pavel Nedved, hingga Paulo Dybala. Berikut lima pembelian termahal lain yang tercatat dalam sejarah panjang Juventus.

  1. Federico Bernardeschi (40 juta euro)

10 Pembelian Termahal Juventus

Pada awal musim 2017/2018, manajemen klub asal Turin ini mendatangkan beberapa pemain baru untuk menambah kekuatan tim, demi meraih scudetto Serie A Italia yang ketujuh secara beruntun, sekaligus memperpanjang rekor mereka. Salah seorang di antaranya adalah winger muda berusia 23 tahun, Federico Bernardeschi, yang direkrut dari Fiorentina dengan banderol mencapai 40 juta euro.

Meski masih muda, Bernardeschi sudah menjelma jadi bintang baru di Italia sejak musim 2016/2017 lalu, sehingga menarik perhatian Juventus. Di musim ini, dia pun menjadi salah satu pilihan pelatih Massimiliano Allegri pada posisi sayap kanan. Pemain yang juga menjadi andalan tim nasional Italia sejak 2016 lalu ini sudah mencatatkan 18 penampilan di semua ajang dengan tiga gol dan dua assist.

  1. Douglas Costa (40 juta euro)

10 Pembelian Termahal Juventus

Pemain asal Brasil berusia 27 tahun ini diboyong oleh Allegri dari raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen untuk mempertajam lini serang timnya, terutama pada sektor sayap kiri. Douglas Costa didatangkan pada musim panas 2017 lalu, dengan status sebagai pemain pinjaman; namun sudah dipastikan dia akan segera dipermanenkan pada akhir musim ini dengan biaya transfer 40 juta euro.

Sama seperti Bernardeschi, sebagai pemain anyar, Costa memang masih lebih banyak difungsikan sebagai pelapis, mengingat Juventus juga menargetkan trofi Liga Champions, setelah pada musim lalu takluk di partai final. Sejauh ini, pemain yang bisa pula diturunkan di sayap kanan dan gelandang serang ini sudah membukukan 21 penampilan di semua kompetisi dengan satu gol dan empat assist.

  1. Miralem Pjanic (32 juta euro)

10 Pembelian Termahal Juventus

Miralem Pjanic mendarat di Juventus Stadium; yang sekarang bernama Allianz Stadium, bersamaan dengan Higuain pada musim panas 2016. Dia dipinang dari klub besar Italia lainnya, AS Roma dengan biaya 32 juta euro. Manajemen Juventus pun rela membayarnya mahal, karena kemampuan Pjanic di lini tengah; yang membuatnya langsung menjadi bintang Serie A sejak musim 2011/2012 silam.

Bintang tim nasional Bosnia berusia 27 tahun ini sendiri datang dengan gelar status sebagai pembuat assist terbanyak di Serie A dua musim beruntun. Meski tak bisa mengulang kembali prestasinya itu bersama klub berjuluk I Bianconeri ini, namun Pjanic berhasil mengantarkan timnya menjadi juara liga domestik dan Coppa Italia. Dia pun juga bisa meraih trofi Liga Champions jika tak kalah di final.

  1. Emerson (28 juta euro)

10 Pembelian Termahal Juventus

Gelandang internasional Brasil ini menjadi tulang punggung lini tengah Juventus selama dua musim sejak 2004/2005. Emerson dibawa pelatih Fabio Capello ketika hengkang dari Roma pada musm itu. Tim Nyonya Tua pun menebusnya dengan biaya 28 juta euro, yang menjadi pembelian termahal klub pada musim tersebut. Kemudian, dia turut membantu Juventus meraih scudetto selama dua musim.

Namun sayang, kedua trofi itu dicabut oleh FIGC, federasi sepakbola Italia, karena klub tersangkut skandal Calciopoli 2006. Bahkan, Juventus juga terpaksa harus turun ke Serie B di musim 2006/2007. Sejumlah bintang tim pun angkat kaki sebelum musim baru dimulai, termasuk Emerson, dan juga sang pelatih. Dia sendiri hanya membukukan 91 penampilan di semua kompetisi dengan enam gol.

  1. Diego Ribas (27 juta euro)

10 Pembelian Termahal Juventus

Satu lagi pemain asal Brasil yang pernah dibeli mahal klub yang juga dijuluki La Fidanzata d’Italia ini. Dia adalah Diego Ribas, gelandang serang yang ketika itu digadang-gadang akan jadi bintang baru Juventus dan Serie A. Sebelumnya, dia sukses menampilkan performa ciamik di Bundesliga Jerman bersama Werder Bremen selama tiga musim, sehingga dirinya ditebus dengan mahar 27 juta euro.

Sayang, Diego gagal melanjutkan penampilan terbaiknya bersama Juventus, yang ketika itu sedang membangun kekuatannya setelah kembali ke Serie A musim 2007/2008. Meski sempat memainkan 44 pertandingan di semua kompetisi dengan tujuh gol dalam semusim, namun perannya tak terlalu signifikan di dalam tim. Diego hanya bertahan semusim, dan kembali ke Jerman tanpa satu trofi pun.

Loading...