OUR NETWORK

20 Pemain Termahal di Liga Super China (2)

Dalam dua tahun terakhir, banyak bintang dari klub-klub Eropa yang menyeberang ke benua Asia untuk mencoba karier di Liga Super China. Dengan iming-iming kontrak dan gaji selangit, tak sedikit pemain bernilai tinggi yang tergiur.

Mulai dari bintang gaek Barcelona Javier Mascherano, eks winger Paris Saint-Germain Ezequiel Lavezzi, gelandang tim nasional Brasil Renato Augusto, hingga bomber internasional Italia Graziano Pelle. Selain itu, masih banyak nama besar lainnya. Berikut 10 pemain selanjutnya dengan nilai termahal di Liga Super China yang masih aktif bermain, versi Transfermarkt.

  1. Odion Ighalo

Penyerang tim nasional Nigeria berusia 28 tahun ini pernah menghabiskan karier membela sejumlah klub kecil di beberapa negara Eropa, mulai dari Norwegia, Italia, Spanyol, dan Inggris, sejak 2007 lalu. Namun, pada Januari 2017, dia pun memutuskan hijrah ke China. Changchun Yatai merekrutnya dari Watford FC di Premier League Inggris dengan biaya 23,3 juta euro. Kini, nilainya sekitar 9 juta euro.

  1. Eran Zahavi

Pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak Liga Super China 2017, meski timnya Guangzhou R&F hanya finish di posisi lima. Tidak heran jika nilainya mencapai 9,5 juta euro. Padahal, selain bermain di Israel, tanah kelahirannya, pengalamannya hanya membela Palermo di Serie A Italia selama 1,5 tahun sejak musim 2011/2012. Pada Juli 2016, dia pindah ke China dengan transfer 7,23 juta euro.

  1. Alex Teixeira

Attacking midfielder asal Brasil ini pernah menjadi pemain termahal Liga Super China ketika direkrut Jiangsu Suning pada awal Februari 2016. Saat itu, dia didatangkan dari klub besar Ukraina, Shakhtar Donetsk dengan biaya fantastis; 50 juta euro. Bahkan, hingga sekarang pemain 28 tahun ini masih tercatat dalam 10 besar transfer pemain Brasil termahal. Kini, nilainya ditaksir sekitar 12 juta euro.

  1. Ramires

Gelandang tim nasional Brasil di Piala Dunia 2010 dan 2014 ini menjadi bintang lini tengah Chelsea selama 5,5 musim sejak 2010. Ketika itu, dia direkrut dari Benfica senilai 22 juta euro. Pada Januari 2016, sang pemain malah pindah ke China di usia emas, baru mau 29 tahun. Namun, Chelsea untung 6 juta euro saat menjualnya ke Jiangsu Suning. Sekarang, harganya diprediksi sekitar 14 juta euro.

  1. Ricardo Goulart

Striker 26 tahun ini menghabiskan karier di tanah kelahirannya, Brasil, sebelum pindah ke China pada Januari 2015 saat usianya belum genap 24 tahun. Pada musim debut, dia sukses jadi pemain terbaik. Sang penyerang kembali meraihnya pada 2016, sekaligus jadi top scorer. Tidak heran jika harganya ditaksir 16 juta euro, sedikit lebih mahal dari nilai transfernya saat direkrut Guangzhou Evergrande.

  1. Axel Witsel

Penggawa internasional Belgia ini memutuskan hijrah ke China pada Januari 2017, saat diincar tim-tim elit Eropa. Gelandang 29 tahun ini meninggalkan klub Rusia, Zenit St Petersburg, dan bergabung dengan Tianjin Quanjian. Sayangnya, Zenit hanya menerima separuh dari 40 juta euro yang mereka habiskan saat merekrut sang pemain dari Benfica pada 2012. Kini, pasarannya sekitar 17 juta euro.

  1. Anthony Modeste

Dua musim membela FC Koln di Bundesliga Jerman, mengantarkan dirinya ke China pada Juli 2017. Awalnya, bomber 29 tahun asal Prancis ini hanya dipinjam selama semusim. Namun, karena dia sukes menunjukkan performa apik, Tianjin Quanjian pun mempermanenkan statusnya dengan nilai kontrak 29 juta euro, yang akan berlaku mulai Juli 2018. Nilainya sendiri diperkirakan 20 juta euro.

  1. Hulk

Bomber 31 tahun ini tak asing dengan kompetisi di Asia. Sebelumnya dia pernah membela sejumlah klub Jepang setelah mengawali karier di tanah kelahirannya. Lalu, striker tim nasional Brasil di Piala Dunia 2014 ini pindah ke Porto dan Zenit St Petersburg, hingga jadi pemain termahal di China saat direkrut Shanghai SIPG pada Juli 2016 dengan 55,8 juta euro. Saat ini, harganya sekitar 21 juta euro.

  1. Oscar

Pesepakbola termahal Liga Super China, itulah status Oscar sejak resmi berseragam Shanghai SIPG pada Januari 2017. Nilai transfernya 60 juta euro, yang sekaligus jadi transfer termahal kelima dalam sejarah pemain Brasil. Kepindahannya sendiri cukup mengejutkan, karena sang gelandang serang masih diandalkan Chelsea. Apalagi, usianya juga masih 26 tahun. Kini, nilainya sekitar 23 juta euro.

  1. Cedric Bakambu

Dia baru datang ke China ketika direkrut Beijing Guoan pada Januari 2018. Menariknya, striker tim nasional Republik Kongo kelahiran Prancis ini memilih meninggalkan klub La Liga Spanyol Villarreal dengan transfer 65 juta paun. Nilai itu pun menjadikannya sebagai pemain Afrika termahal di dunia saat ini. Padahal, harga pasar penyerang 26 tahun ini diperkirakan hanya sekitar 25 juta euro saja.

Loading...