OUR NETWORK

Mikel Merino: La Liga Musim Ini Sangat Tidak Dapat Diprediksi!

Real Sociedad hingga pekan ke-23 mampu menempati peringkat keenam La Liga. Mereka hanya selisih dua poin dari Atletico Madrid di peringkat keempat La Liga. Jarak mereka dengan pemuncak klasemen, Real Madrid, pun hanya 15 poin. Sociedad berpeluang untuk terus melaju dan menjadikan musim ini sebagai musim terbaik mereka.

Salah satu faktor utama keberhasilan Sociedad adalah gelandang mereka, Mikel Merino. Pemain kelahiran Spanyol, 22 Juni 1996 ini merasa kalau La Liga musim ini akan amat ketat, dan ini yang bikin La Liga musim ini sulit diprediksi.

Kepada La Liga, Merino menceritakan situasi La Liga saat ini, hingga pengalamannya bermain untuk Sociedad.

Selain Real Sociedad, Getafe, Sevilla, Valencia, Athletic Club, Betis dan Villareal semua bertarung untuk meraih satu dari tiga posisi Eropa. Mikel, kompetisi ini akan menjadi sengit…

Ya, La Liga musim ini sangat tidak dapat diprediksi, terutama di posisi Eropa dengan tim yang memiliki margin ketat, dimana semua tim berperforma dengan baik dan mendekati tujuannya masing-masing.

Berada di sana sangat sulit, mengingat Anda memenangkan setiap pertandingan dan tak mampu menjauh dari tim lainnya, tetapi, kami tahu bahwa itulah yang akan terjadi di LaLiga hingga akhir, dan fakta bahwa kami tahu itu akan membantu kita untuk tidak menyerah serta mendekatkan kesempatan untuk bermain di Eropa.

Pada permulaan musim anda tidak ingin menjawab pertanyaan tersebut, tetapi faktanya tujuan dari La Real adalah bermain di Eropa musim depan.

Ya, saya telah mengatakan hal tersebut sejak awal. Musim lalu kami nyaris mencapainya dan itu merupakan pukulan besar bagi kami saat mengalami kegagalan tersebut. Musim ini, sehubungan dengan bagaimana musim ini berjalan, hal tersebut harus menjadi tujuan kami karena kami memiliki skuad.

Siapapun yang menginginkan sesuatu, harus fokus terhadap hal itu, dan kami semua fokus terhadap hal tersebut dan saya yakin kami akan mencapainya pada akhir musim.

Foto: La Liga

Anda telah bermain di hampir semua pertandingan LaLiga musim ini, dan sebagai pemain utama, apa artinya bagi Anda memiliki kepercayaan dari para staf?

Hal tersebut sangat berarti bagi pesepakbola, memiliki kontinuitas serta kepercayaan dari para staf sangatlah berharga. Itu merupakan cara terbaik untuk menunjukan tingkat anda. Musim ini, dan semenjak Imanol mengambil alih tim, ia telah memberikan saya kekuatan untuk berada di skuad utama dan bagi saya hal itu merupakan kebahagiaan yang besar.

Setiap saya bermain pada akhir pekan, membuktikan bahwa saya cukup baik untuk peran ini dan memiliki level yang sesuai untuk berada di LaLiga Santander, tentunya, saya sangat bersyukur atas hal itu.

Apakah Anda merasa telah berkembang sebagai pesepakbola, dan Anda bisa beradaptasi lebih baik dengan Real Sociedad?

Tentunya, saya merasa seperti pemain yang berbeda, saya masih sama tetapi saya telah meningkat berkat kontinuitas bermain tersebut, karena saat anda bermain dan memiliki waktu bermain lebih banyak anda mendapatkan pengalaman, yang memberikan pengetahuan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pada setiap momen.

Oleh karena itu sebagai pemain muda, saya perlu bermain terus dan itulah yang semuanya inginkan untuk meningkatkan permainan kami.

Apa yang Imanol Alguacil harapkan saat berada di posisi gelandang? 

Saya pikir pekerjaan yang harus dilakukan cukup jelas. Saya adalah sosok yang mempertahankan tim dan menjadi penghubung antara zona bertahan dan menyerang dan saya harus memberikan keseimbangan pada tim saat bertahan, dan berada di zona tengah untuk membantu penyerang mendapat bola secara benar.

Saya harus berlari jauh secara defensif dan saya yakin bahwa saya mengerti dengan baik apa yang Imanol minta dari saya secara taktis, jadi kami tahu apa yang kami mainkan dan itu membuatnya lebih mudah bagi kita semua, terutama gelandang.

Anda menciptakan tandem menarik di sisi kiri penyerangan bersama dengan Oyarzabal dan Ødegaard. Ceritakan sedikit tentang pemain-pemain tersebut.

Mereka adalah pemain yang istimewa. Mereka adalah pemain yang memiliki masa depan cerah dan masih sangat muda. Pemain-pemain tersebut masih banyak yang harus ditingkatkan tetapi untuk pemain seumur mereka, mereka memiliki kualitas dan pengalaman yang istimewa.

Bermain bersama mereka sangatlah spesial karena dalam waktu singkat Anda paham apa yang akan mereka lakukan, dan jika mereka melihat tim lawan dengan bolanya, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan.

Jadi bagi saya, memiliki pemain seperti mereka, saya dapat oper bolanya dan didukung oleh rekan yang membuat saya bersinar. Mereka membuat pekerjaan saya lebih mudah dan saya senang dengan hal itu.

Anda telah berada di bawah asuhan beberapa pelatih beda. Enrique Martín Monreal, dua lainnya di Osasuna, Thomas Tuchel di Borussia Dortmund, juga Rafa Benítez. Apa perbedaan yang Anda lihat dengan Imanol? Apa yang Imanol berikan sebagai pelatih?

Imanol merupakan pelatih yang sangat lengkap. Beliau dapat mengurus aspek pertahanan dan ofensif dengan baik dan yang terpenting beliau berani. Saya tidak pernah melihat pelatih seberani beliau dalam waktu lama, memberikan kebebasan kepada para pemain, menanggung kesalahan yang kami buat.

Jika kami memberikan operan buruk, beliau berpikir bahwa itu salahnya karena ia membuat kami melakukannya dan karena ia tahu bahwa cara tercepat untuk mencapai gawang lawan dan langkah yang akan mendekatkan kami dengan kemenangan.

Saya yakin bahwa beliau membuat segalanya cukup jelas dan beliau memberikan segala solusi yang anda dapat pilih. Anda tidak pernah diberi satu pilihan, anda setidaknya memiliki dua atau tiga opsi untuk dipilih dan beliau selalu memberikan kami kebebasan untuk merumuskan sesuatu yang dapat mengubah pertandingan.

Bagaimana anda menerima kepercayaan tersebut? Apa yang anda rasakan? Apakah Anda merasa nyaman dengan kepercayaan tersebut? 

Saya percaya bahwa tim mulai terbiasa dengan hal itu. Terkadang sangan sulit untuk mengubah dinamika tim dan untuk menawarkan sesuatu yang sangat berbeda dari sebelumnya, dan saya percaya bahwa kami, para pemain, memiliki keinginan yang jelas.

Saya setuju 100 persen dengan ide Imanol. Saya adalah pemain yang suka menekan, mengambil risiko dengan bola. Ini adalah sepakbola modern, bermain sepakbola dengan baik dan bersenang dan saya percaya bahwa saya dan tim sangat bahagia dengan ide ini.

Bagaimana Anda mendefiniskan diri Anda sebagai pemain? 

Sejak saya kecil, saya memiliki gagasan untuk menjadi pemain paling komplet. Saya pikir itulah makna menjadi pesepakbola andal. Saya pikir tidak cukup baik untuk hanya baik saat menyerang, melakukan dribel, atau hanya mampu bertahan dengan baik. Apa yang saya inginkan adalah melakukan segalanya dan yang terbaik.

Saya mencoba berkembang, saya berada dalam proses tersebut, untuk membuat segalanya menjadi yang sebaik mungkin dan inilah mengapa saya harus baik dalam mengolah bola, untuk memiliki kualitas, mengasosiasikan diri dengan rekan saya dan membantu serangan. Namun tentunya, untuk menjadi gelandang bertahan yang semakin handal dalam pertahanan.

Apa tujuan anda di masa depan? 

Ya, saya punya banyak tujuan. Di tingkat individu, saya ingin dikenali dengan pekerjaan yang saya lakukan, menjadi salah satu yang terbaik, mencapai suatu hari, saya berharap demikian, berada di Tim Nasional Spanyol, dan tentu saja tujuan utama adalah untuk tim saya untuk mencapai tujuan yang kita miliki dengan Real Sociedad. Membuat tim tumbuh, jadikan Real Sociedad klub yang dilihat orang sebagai pemenang dan menakutkan. Ini adalah tujuan saya sekarang.

Bagaimana Anda melakukan selebrasi gol, dan mengapa?

Saya selalu melakukan selebrasi gol saya di sekitar bendera pojok. Saya tidak mencetak gol banyak, tapi saya mencoba untuk mengingat selebrasi ini saat saya mencetak gol.

Saya sangat menyukai ini karena ini apa yang ayah saya lakukan. Ayah saya melakukan itu untuk menghormati nenek saya, dan saya pikir bahwa ini merupakan selebrasi yang unik dan spesial yang tidak pernah dilakukan orang lain, dan saat ini selebrasi itu milik saya. Ayah saya tidak mempermasalahkannya, jadi saya sangat senang akan hal ini.

Beliau tidak peduli atau bahkan menyukainya? 

Saya yakin bahwa beliau bangga anaknya melakukan selebrasi gol sama sepertinya. Ini adalah penghormatan baginya, untuk segalanya yang beliau berikan kepada saya dan betapa aku mencintainya dan bagaimana saya banyak belajar dari beliau.

Sumber: Rilis La Liga

Loading...