OUR NETWORK

Mengenal Marc Jurado, Pemain Barcelona yang Menjadi Incaran United

Dengan tujuan untuk menghindari membayar pemain dengan biaya besar di masa depan, Manchester United memilih untuk berinvestasi dengan mengincar pemain-pemain muda. Terutama yang usianya di bawah 20 tahun. Mereka bahkan tidak segan-segan untuk memperluas jaringan sampai ke luar Britania. Setelah meresmikan Joe Hugill, dan mengincar Jude Bellingham, United dikabarkan sudah sangat dekat dengan pemain Barcelona berusia 16 tahun bernama Marc Jurado.

Menurut beberapa harian lokal, transfer tinggal sedikit lagi menyentuh kata sepakat. Manchester Evening News melansir, Jurado akan bergabung pada musim panas 2020 mendatang dan akan menjadi akuisisi ketiga untuk tim akademi setelah Radek Vitek dan Joe Hugill.

Barcelona sebenarnya enggan untuk kehilangan Jurado dalam waktu dekat mengingat ia dipercaya sebagai salah satu talenta muda terpanas di Barcelona. Ia bahkan sudah berada di sana selama sembilan tahun setelah ditandatangani sebagai siswa La Masia. Mereka bahkan mempersiapkan kontrak profesional selama tiga tahun dan memproyeksikan Jurado untuk bisa menembus Barcelona B dalam waktu singkat. Jurado sendiri saat ini masih bermain untuk tim Juvenil A (Barcelona U-19).

Bersama Ansu Fati, Ilaix Moriba, Pablo Paez, dan Ilias, Marc Jurado dipandang sebagai generasi berikutnya dari La Masia yang dalam beberapa musim terakhir terlihat mandek dalam menelurkan bakat-bakat baru.

Akan tetapi, manajemen klub dikabarkan berubah pikiran setelah melihat ketertarikan United. Bahkan, kubu Setan Merah tidak segan untuk mengeluarkan uang 200 ribu sebagai biaya kompensasi. Menurut Sport Bible, Jurado bahkan direkrut dengan nilai 1,5 juta Euro.

Memang belum jelas alasan pasti Jurado condong memilih United ketimbang Barcelona. Akan tetapi, kesempatan yang jauh lebih terbuka di sana mungkin menjadi alasan dia untuk pindah. Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer, dikenal tidak pelit dalam memberikan jam terbang kepada pemain muda. Hal ini yang dilihat Jurado bisa mempercepat jalan kariernya ke level yang lebih tinggi lagi.

Kubu Setan Merah sendiri sudah tertarik dengan Jurado sejak bulan April. Mereka mengirim email kepada Barcelona dan menanyakan tentang sosok Jurado. Menurut MEN, kubu United sangat yakin kalau kesepakatan sudah bisa diselesaikan pada akhir musim ini.

Memilik nama lengkap Marc Jurado Gomez, pemain ini lahir di Sabadel dan sudah berada di klub sejak usia tujuh tahun setelah tampil baik bersama klub lokal CF Can Rull. Posisi bermainnya adalah bek kanan. Menurut The Sun, dia dibekali kecepatan yang cukup mumpuni dan penempatan posisi yang baik. Selain itu, ia cukup produktif dalam mencetak gol meski ia adalah pemain belakang.

Ia mampu mencetak enam gol dalam semusim bersama FCB Cadete B. Bahkan Jurado adalah pemilik rekor gol tercepat saat masih bermain untuk tim U-10 yaitu lima detik ketika mereka menang 9-0. Ia memotong umpan dari tim lawan sebelum melewati beberapa pemain untuk mencetak gol. Jika diasah lebih matang lagi, tidak tertutup kemungkinan ia bisa lebih cepat menembus tim utama.

Lagipula, United saat ini sedang krisis bek kanan yang bisa menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Aaron Wan-Bissaka adalah bek utama United saat ini namun disebut tidak memiliki kemampuan ofensif yang baik. Rekan setimnya, Diogo Dalot, adalah bek kanan yang kemampuannya menyerangnya cukup baik namun memiliki masalah dalam hal defensif dan kebugaran.

Jurado akan melihat celah dari kedua pemain ini sebagai kesempatan bagi dirinya untuk menambah sengit persaingan bek kanan. Layaknya Brandon Williams yang sukses mengganggu Luke Shaw dan Ashley Young di bek kiri, Jurado mungkin akan melakukan hal serupa.

Meski begitu, Jurado juga harus ingat kalau dia tidak bisa berharap untuk langsung masuk tim utama dalam waktu dekat. Ia jelas harus meningkatkan kemampuannya dulu di level akademi sebelum dipandang oleh Solskjaer kalau dia layak untuk menjadi pengganggu persaingan Wan-Bissaka dan Dalot untuk posisi bek kanan. Jika dia tampil sangat baik bersama tim akademi, maka gerbang menuju tim utama mungkin lebih cepat terbuka.

Jika berhasil diresmikan, maka Jurado akan menjadi pemain kedua United yang direkrut dari akademi Barcelona setelah sebelumnya mereka merekrut Gerard Pique pada 2004. Suami dari Shakira ini sempat tampil menjanjikan sebelum kembali ke Barcelona karena sulitnya bersaing dengan Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang menjadi bek tengah utama saat itu.

Loading...