OUR NETWORK

Siapa Kepa Arrizabalaga?

Kepa menjadi nama yang kerap diperbincangkan karena diincar Real Madrid. Namun, peluang tersebut tertutup setelah pemain bernama lengkap Kepa Arrizabalaga Revuelta menandatangani perpanjangan kontrak dari Athletic Bilbao.

Mengawali karier dengan mengikuti akademi Athletic Bilbao pada 2004, membuat dirinya harus bekerja keras untuk bisa masuk ke skuat inti klub tersebut. Setelah kariernya beranjak naik dan akan memulai debut profesional pertamanya, ia sempat dipinjamkan ke Ponferradina dan Real Valladolid.

Pada 5 Mei 2012, Kepa mulai dipanggil ke skuat utama Athletic Bilbao. Meskipun begitu, Kepa tak memulai debut karena hanya menjadi penonton di bangku cadangan kala melawan Getafe.

Selain di klub, Kepa juga dipercaya menjadi kiper utama timnas Spanyol U-21. Di Piala Eropa U-21 pada 2012, Kepa menjadi kunci kesuksesan Spanyol meraih gelar juara. Salah satunya saat ia menahan dua tendangan penalti di pertandingan semifinal menghadapi Prancis.

Karier juniornya yang mentereng membuatnya dipanggil ke tim nasional pada 22 Maret 2017, menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Israel dan laga persahabatan melawan Perancis.

Karena kariernya yang menanjak ini membuat Real Madrid menyiapkannya sebagai pengganti Keylor Navas sebagai kiper utama Los Blancos. Madrid pun menetapkan Kepa sebagai target di bursa transfer musim dingin 2018 ini.

Kepa membuat banyak penggemar Madrid heran. Bagaimana tidak? Kepa seolah menggeser dua nama terkenal lainnya yakni David De Gea dari Manchester United dan Gianluigi Donnaruma dari AC Milan.

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos ikut angkat bicara soal perekrutan Kepa. Dirinya merespons positif apa yang telah dilakukan klubnya saat ini. Pasalnya usia kiper utama Madrid, Keylor Navas, sudah menginjak 30 tahun sehingga hal itu merupakan upaya Madrid untuk bisa mencari calon pengganti kiper utamanya saat ini. Namun selebihnya Ramos enggan memberikan banyak komentar mengenai hasil transfer tersebut.

Menurut Marca, Madrid juga dikabakan telah membuat kesepakatan dengan manajemen klub Athletic Bilbao dan sudah berbicara dengan perwakilan sang pemain incarannya tersebut mengenai kepindahan Kepa. Tak tanggung-tanggung, Real Madrid harus merogoh kocek cukup dalam yakni sekitar 25 juta euro, untuk bisa mendapatkan jasa dirinya.

Peluang Real Madrid untuk bisa mendapatkan Kepa memang sangat besar. Selain dana yang diminta mudah untuk bisa ditebus klub kaya tersebut tapi alasan lain yang membuat peluang Madrid besar adalah agen yang mengurus transfer Kepa sama dengan sosok yang menangani Dani Ceballos, pemain muda yang digaet Real Madrid dari Real Betis, bulan Juni yang lalu.

Real Madrid sendiri juga yakin Kepa mampu beradaptasi dengan cepat, karena kawan Kepa di timnas Spanyol U-21 sendiri juga banyak yang sudah lebih dulu bergabung dengan Madrid, seperti Marco Asensio, Jesus Vallejo, Marcos Llorente, dan Borja Mayoral. Adaptasi memang dianggap penting bagi Madrid sebab tanpa adanya adaptasi dapat menyebabkan turunnya performa pemain dan hilangnya kenyamanan untuk bisa memberi hasil terbaik bagi tim.

Namun di sela-sela kabar baik tersebut, juga tersiar kabar buruk dengan runtuhnya hubungan baik antara Kepa dengan manajemen Bilbao terkait dengan perpanjangan kontrak pemain muda tersebut yang berlarut-larut. Meski bersikeras untuk mempertahankan Kepa, tapi pihak manajemen Bilbao juga tidak bisa berharap banyak karena keputusan tersebut juga merupakan hak pemain.

Kepa sendiri sempat menanggapi santai rumor hengkang dirinya dari Bilbao ke Real Madrid. Ia juga menegaskan, “Rumor itu tak membuat saya gugup. Saya tahu apa yang harus saya lakukan dan saya akan tetap berusaha tenang.”

Harapan Real Madrid pun akhirnya pupus setelah Kepa memperpanjang kontrak. Akan tetapi bukan tidak mungkin kalau ini adalah alat bagi Kepa maupun Bilbao untuk meningkatkan daya tawar mereka di bursa transfer musim panas mendatang.

Bagaimana menurut Anda?

Loading...