OUR NETWORK

Cesareo Onzari dan Sejarah Gol dari Tendangan Sudut

Garrincha, Lothar Matthaus, Roberto Carlos, Ronaldinho, dan Diego Forlan, sama-sama pernah mencetak gol lewat tendangan sudut. Garrincha yang paling spektakuler karena pernah melakukannya sebanyak empat kali.

Apabila bicara soal sejarah gol dari tendangan sudut, kita bisa menariknya lebih jauh. Di sepakbola profesional, Cesareo Onzari, jadi yang pertama melakukannya. Pemain berkebangsaan Argentina ini melakukannya pada 2 Oktober 1924 saat membela Huracan.

Bermain di Estadio Sportivo Barrcas, Onzari mengambil tendangan sudut pada menit ke-15. Tendangan melengkungnya langsung mengarah ke gawang juara Olimpiade, Uruguay, tanpa mengenai seorang pemain pun.

Karena Uruguay adalah juara Olimpiade, gol ini pun disebut sebagai “Gol Olimpico” atau “Olympic Goal”. Gol ini pun dianugerahkan pada Argentina setelah IFAB memodifikasi Laws of the Game pada 24 Juni di tahun yang sama.

Argentina memenangi pertandingan itu dengan skor 2-1. Uruguay keluar lapangan empat menit dari waktu semestinya. Para pemain memprotes kalau para penonton melempari botol pada mereka dan para pemain Argentina bermain kelewat agresif.

Tim tuan rumah juga punya komplain yang sama, karena pemain Uruguay dianggap main kasar. Pertandingan pun menyisakan kepahitan. Tapi, itu tidak mengubah sejarah bahwa terciptanya gol dari tendangan sudut pertama di level profesional.

FIFA menyebut kalau gol pertama dari tendangan sudut diciptakan Billy Alston di Skotlandia pada 21 Agustus 1924. Namun, banyak yang menyebut kalau gol Alston tersebut dicetak dari sundulanpada 23 Agustus 1923.

Pada 24 Oktober 1924, giliran Billy Smith yang mencetak gol melalui tendangan sudut ke gawang Arsenal. Pemain Huddersfield Town ini menjadi pemain Inggris pertama yang bisa melakukannya.

Pada 1950-an, Sukru Gulesin mampu mencetak 32 gol dari tendangan sudut. Atas apa yang diraih pemain berkebangsaan Turki ini, namanya masuk ke dalam daftar Guiness Book of World Record.

Meskipun disebut sebagai “Gol Olimpiade” tapi gol dari tendangan sudut baru tercipta di Olimpiade pada 2012. Yang melakukannya adalah Megan Rapinoe dari tim perempuan Amerika Serikat, kala berhadapan dengan Kanada di semifinal.

“Gol Olimpiade” hadir terlebih dahulu di Piala Dunia. Adalah Marco Coll dari Kolombia yang melakukannya. Ia berhasil mengalahkan kiper legendaris Uni Soviet, Lev Yashin, dalam laga yang berkesudahan imbang 4-4 di Piala Dunia 1962.

Banyak pemain yang sudah mencetak Gol Olimpiade. Namun, Cesareo Onzari akan dikenang sebagai pesepakbola profesional pertama yang melakukannya. Onzari bermain di 15 pertandingan buat Argentina dan mencetak lima gol.

Onzari ada dalam skuad Argentina yang berkompetisi di Campeonato Sudamericanos pada 1924 dan 1925 serta meraih gelar juara. Di tahun yang sama, Onzari ikut dalam skuad Boca Juniors yang tur ke Eropa.

Onzari pensiun pada 1933. Total, ia mencetak 67 dari 212 penampilannya buat Huracan. Ia wafat pada 6 Januari 1964.

Loading...