OUR NETWORK

Tim Sepakbola Pertama di Dunia itu Bernama Sheffield FC

Sheffield FC sudah berdiri bahkan sebelum FA resmi didirikan, namun, kesuksesannya masih jauh dibanding tim besar lainnya

Sudah lebih dari seratus tahun sejak tim sepakbola pertama didirikan. Berdasarkan data Football Database, setidaknya terdapat 2.369 kesebelasan profesional di dunia. Namun, tentu saja kita harus memberikan penghargaan khusus pada Sheffield FC sebagai tim sepakbola pertama yang didirikan.

FIFA secara resmi mengakui Sheffield FC, sebagai klub sepakbola pertama di dunia. Sheffield FC sendiri merupakan klub yang berasal dari Sheffield, bagian selatan Yorkshire, Inggris.

Tim sepakbola pertama ini berdiri sejak 24 Oktober 1857 atau enam tahun sebelum FA dibentuk. Sheffield FC didirikan oleh Nathaniel Creswick dan William Prest. Keduanya adalah atlet kriket yang ingin mengisi waktu di tengah libur kompetisi.

Sheffield FC sendiri memiliki aturannya sendiri bernama Sheffield Rules yang juga dianggap sebagai aturan resmi sepakbola pertama di dunia. Beberapa aturan bahkan dianggap menjadi dasar dari aturan sepakbola secara modern.

Sheffield rules, memuat tentang tendangan sudut, lemparan ke dalam, tendangan bebas, dan penggunaan warna berbeda untuk tiap tim yang bertanding. Pembagian tim sendiri awalnya didasari dari sejumlah hal seperti pemain yang sudah menikah dan yang bujangan; tim kriket melawan anggota klub biasa; abjad A-M melawan N-Z. Karena belum ditentukan secara rinci, maka sering terjadi ketimpangan jumlah anggota tim.

Ketika FA didirikan di London, Sheffield FC mengirimkan 4 wakilnya untuk terlibat dalam diskusi untuk membuat aturan dasar sepakbola. FA sendiri mengadopsi 2 aturan sepakbola: Sheffield rules dan Cambridge rules.

Pertandingan pertama Sheffield di luar kompetisi internal adalah menghadapi Hallam pada 1960. Agar lebih semarak, pada 1966, Sheffield pun memutuskan bertanding ke tempat yang lebih jauh, yakni ke London di Battersea Park. Karena aturan yang berbeda, Sheffield pun harus kembali beradaptasi dan takluk 0-2.

Sebenarnya pada abad ke-19 hampir tiap klub memiliki aturannya sendiri. Nottingham rules juga merupakan salah satu yang terkenal. FA sendiri hanya mengakui aturan yang  yang merupakan adaptasi dari dua aturan awal yaitu Sheffield rules dan Cambridge rules.

Banyak draft aturan yang masuk ke FA namun semuanya ditolak. Hingga akhirnya secara tegas FA mewajibkan semua pertandingan di bawah naungan FA harus mengikuti aturan yang dibuat oleh FA.

Sheffield FC sendiri bermain dalam kompetisi FA mereka pertama kali menghadapi Shropshire Wanderers F.C. yang berakhir dengan kemenangan Sheffield FC melalui tos koin. Baru pada tahun 1878 Sheffield FC mengadaptasi aturan dari FA secara keseluruhan.

Sheffield cukup kesulitan untuk bermain di tingkat profesional karena legalitas tim. Mereka mengusulkan pada FA untuk membuat kompetisi amatir yang dikabulkan dan dijalankan sejak 1893. Sheffield pun menjuarainya 11 tahun kemudian.

Sulitnya untuk bersaing di kompetisi profesional membuat Sheffield FC hanya bertahan 1 tahun di tiap divisi untuk kemudian terus terdegradasi hingga 1898. Setelah itu Sheffield FC memutuskan untuk berkompetisi di kompetisi lokal Sheffield Association League pada 1925. Baru 50 tahun setelahnya tepatnya pada 1948 Sheffield kembali ke kompetisi profesional, tepatnya di Yorkshire League dan promosi ke Division One pada 1952 dan degradasi ke Division Two pada 1954. Sheffield kini berada di Northern Premier League,  Division One South, atau level 8 dalam kasta susunan Liga Inggris.

Sheffield FC sendiri sudah 4 kali berganti kandang. kandang pertama mereka Bramall Lane dan kini berkandang di Coach & Horses Ground, Dronfield. Alasan pergantian kandang sendiri disebabkan oleh alih guna lahan yang diubah menurut kepentingan pemerintah Inggris. Kini Sheffield mencoba untuk kembali berkandang ke “rumah” mereka Bramall Lane.

Berbagai penghargaan diterima oleh Sheffield FC, salah satunya penghargaan dari FIFA berupa FIFA Order of Merit, penghargaan untuk mereka yang dianggap berperan besar bagi perkembangan sepakbola. Hanya ada dua tim yang memperoleh penghargaan ini, selain Sheffield FC, Real Madrid adalah satu-satunya tim yang meraih gelar ini. Sheffield FC, hingga saat ini masih aktif berkompetisi menggunakan aturan asli mereka Sheffield rules, untuk bermain di beberapa kesempatan tertentu, dengan mengundang tim terdekat dari mereka seperti Sheffield Wednesday.

Loading...