OUR NETWORK

15 Fakta Johan Cruyff Arena

Johan Cruyff Arena

Johan Cruyff Arena merupakan stadion bintang 4 UEFA. Ajax Amsterdam memainkan laga kandangnya di stadion ini. Berikut kami sajikan fakta Johan Cruyff Arena.

  1. Johan Cruyff Arena sebenarnya sudah akan dibangun sejak 1986. Namun rencana ini dihentikan karena saat itu kota Amsterdam kalah dalam perebutan tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1992.
  2. Johan Cruyff Arena resmi dibangun pada 26 November 1993. Pembangunan stadion ini dikerjakan oleh Ballast Nedam dan Royal BAM Group, yang memakan waktu pembangunan hampir tiga tahun. Stadion ini resmi dibuka pada 14 Agustus 1996. Biaya yang dihabiskan untuk membangun stadion ini mencapai 140 juta euro.
  3. Ratu Beatrix meresmikan stadion ini dengan menarik tirai yang menutupi sebuah lukisan terbesar di dunia, De Zee (The Sea), yang berukuran 80×126 meter.

    Fakta Johan Cruyff Arena. Foto: Archief.nl
  4. Johan Cruyff Stadium merupakan stadion dengan atap yang bisa dibuka atau ditutup. Namun, ketika dibuka, ada beberapa bagian yang tidak tersinari matahari. Hal tersebut membuat rumput di stadion ini tidak mau tumbuh dan harus mengganti rumput tersebut lebih dari 4 kali dalam satu tahun.
  5. Johan Cruyff Arena mulanya bernama Amsterdam Arena. Pada 25 April 2017, pemerintah kota Amsterdam mengumumkan pengubahan nama tersebut untuk mengenang legenda Ajax Amsterdam, Johan Cruyff. Namun pengubahan nama tersebut sempat ditunda karena banyak hal yang belum terselesaikan seperti mengatur kompensasi untuk kemungkinan hilangnya pendapatan, mentransfer sebagian saham, dan berdiskusi dengan keluarga Cruyff. Nama Johan Cruyff Arena resmi digunakan pada 5 April 2018.
  6. Rob Schuurman merupakan arsitek dari stadion ini yang memiliki kapasitas all-seated 54.990. Untuk konser musik, kapasitasnya bisa ditambah menjadi 68,000.
  7. Johan Cruyff Arena memiliki museum yang berada di dalam stadion yang utamanya berisi sejarah Ajax Amsterdam.
  8. Johan Cruyff Arena memiliki area parkir yang disebut Transferium. Area parkir tersebut bisa menampung 500 mobil dan tambahan 12.000 di luar transferium.
  9. Johan Cruyff Arena memainkan laga pertamanya ketika upacara pembukaan yang mempertemukan Ajax dan AC Milan. Dalam laga tersebut AC Milan berhasil mengalahkan Ajax dengan skor 3-0. Dejan Savicevic merupakan pemain pertama yang mencetak gol di Johan Cruyff Arena.

    Fakta Johan Cruyff Arena. Foto: Sportskeeda.com
  10. Johan Cruyff Arena pernah menjadi tempat berlangsungnya laga final Liga Champions pada 1998. Real Madrid berhasil mengalahkan Juventus dalam laga final tersebut. Stadion ini juga pernah menjadi tempat dilaksanakannya laga final Europa League 2013 ketika Chelsea berhasil mengalhkan Benfica dengan skor 2-1.
  11. Suporter Ajax Amsterdam pada 2005 mencoba meyakinkan dewan stadion untuk mengubah nama stadion ini menjadi “Rinus Michael Stadium” untuk menghormati legenda Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda, Rinus Michels. Namun ditolak oleh pihak dewan. Di setiap pertandingan Ajax, suporter membawa spanduk besar yang bertuliskan “Rinus Michels Stadium”.
  12. Johan Cruyff Arena menjadi tempat dilaksanakannya lima pertandingan Euro tahun 2000. Stadion ini juga menjadi salah satu stadion yang akan digunakan saat Euro 2020.
  13. Amsterdam Admirals juga pernah memainkan laga kandangnya di stadion ini sejak 1997 sampai National Football League (NFL) mengakhiri kompetisi Eropa pada Juni 2007. World Bowl IX juga pernah dilangsungkan di Johan Cruyff Arena pada tahun 2001 ketika Berlin Thunder mengalahkan Barcelona Dragons.
  14. Tina Turner, Michael Jackson, The Rolling Stones, Backstreet Boys, Celine Dion, Bon Jovi, Robbie Williams, David Bowie, Genesis, U2, Madonna, De Toppers, AC/DC, Andre Rieu, Muse, Roger Waters, One Direction, Rihanna, Coldplay, Beyonce, dan Armin van Buuren pernah “merumput” di stadion ini.

    Fakta Johan Cruyff Arena.
  15. Johan Cruyff Arena melakukan renovasi pada Juni 2017. Renovasi saat itu dilakukan untuk memberikan kualitas dan layanan yang lebih baik kepada pengunjung dengan memperluas jalan di sekitar stadion, menciptakan ruang yang lebih besar untuk pengunjung. Bagian luar stadion yang asalnya berbentuk cekung menjadi cembung. Renovasi ini direncanakan akan selasai pada tahun 2020. Kontruksi dimulai pada juni 2017, tahap pertama renovasi sudah selesai pada april 2018.
Loading...