OUR NETWORK

15 Fakta Maracana Stadium

Maracana Stadium

Maracana Stadium terletak di di Maracana, Rio de Janeiro, Brazil. Clube de Regatas do Flamengo dan Fluminense Football Club memainkan laga kandangnya di stadion ini. Berikut kami sajikan fakta Maracana Stadium.

  1. Maracana Stadium memiliki nama resmi Estadio Jornalista Mario Filho. Nama “Mario Filho” dipilih sebagai bentuk penghargaan terhadap jurnalis Mario Filho yang paling vokal terhadap pembangunan stadion ini.
  2. Maracana Stadium merupakan bagian dari kompleks Maracanazinho yang memiliki arti “the Little Maracana” dalam bahasa Portugis. Nama Maracana dipilih karena lokasi stadion ini berada di sungai Maracana.

    Fakta Maracana Stadium. Foto: Eoportal.org
  3. Maracana Stadium dibangun setelah Brasil terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 1950. Pemerintah Brasil berusaha membangun stadion baru untuk turnamen tersebut. Pembangunan stadion ini sempat mendapat kritik dari Carlos Lacerda, yang saat itu anggota kongres dan berada di kubu oposisi pemerintah kota Rio de Janeiro. Ia mengkritik permasalahan biaya dan lokasi stadion yang saat itu terdapat lapangan tenis di lokasi pembangunan stadion.
  4. Maracana Stadium mulai dibangun pada 2 Agustus 1948, hanya menyisakan waktu kurang dari dua tahun menuju Piala Dunia 1950. Hal tersebut mendorong FIFA untuk mengirim Dr. Ottorino Barassi, petinggi FIGC yang pernah menyelenggarakan Piala Dunia 1934, untuk membantu di Rio de Janeiro. Sebanyak 3.500 tenaga kerja tambahan didatangkan untuk mempercepat proses pembangunan stadion.
  5. Maracana Stadium melakukan pertandingan perdananya pada 16 Juni 1950 yang mempertemukan Rio de Janiero All-Stars dan Sao Paolo All-Stars dengan skor akhir 3-1 untuk Rio de Janeiro All-Stars.
  6. Didi menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Maracana Stadium. Pada saat itu beberapa bagian stadion masih belum selesai, seperti toilet dan area wartawan. Meski Begitu, FIFA mengijinkan untuk melakukan pertandingan perdana Piala Dunia 1950 pada 24 Juni 1950 yang mempertemukan Brasil dan Meksiko dengan skor akhir 4-0 untuk Brazil.
  7. Maracana Stadium saat itu menjadi stadion terbesar di dunia mengalahkan Hampden Park. Pada pertandingan final Piala Dunia 1950 yang mempertemukan Brasil dan Uruguay, merupakan pertandingan sepakbola dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah dengan 210.000 orang yang hadir. Namun, sayangnya Brasil menelan kekalahan dalam pertandingan tersebut, yang membuat seluruh penonton yang hadir di stadion terdiam.

    Fakta Maracana Stadium. Foto: Wikipedia.
  8. Pele mencetak gol ke 1000-nya di Maracana Stadium pada pertandingan melawan CR Vasco da Gama yang ditonton 65.157 orang pada 1969.
  9. Maracana Stadium berubah menjadi stadion all-seater ketika dilakukan renovasi pada tahun 2000. Kapasitas stadion menyusut menjadi 87.000 penonton.
  10. Maracana Stadium melakukan renovasi untuk persiapan Piala Dunia 2014, Olimpiade dan Paralympics 2016, pada 2010. Tribun yang mulanya dua tingkat diubah menjadi satu tingkat. Atap stadion ini juga diubah menjadi berbahan fiberglass yang mulanya berbahan semen. Perubahan atap tersebut membuat tribun menjadi tertutup 95%, tidak seperti konstruksi atap sebelumnya yang hanya menutupi bagian atas tribun saja. Kursi tribun dicat berwarna kuning, biru, dan putih, ditambah warna hijau dari lapangan yang diadaptasi dari bendera Brasil.

    Fakta Maracana Stadium – thenational.ae
  11. Maracana Stadium menjadi tempat dilangsungkannya laga final Piala Dunia 2014 ketika Jerman berhasil mencetak gol kemenangan di babak perpanjangan waktu melawan Argentina.
  12. Maracana Stadium sempat terbengkalai beberapa bulan setelah Olimpiade dan Paralympics 2016, dengan foto-foto yang bermunculan di awal tahun 2017 seperti lapang yang kering, kursi hilang, dan jendela yang rusak. Listrik di Maracana juga sempat dipadamkan karena utang sebesar 939.937 USD terhadap perusahaan energi lokal. Inti dari terbengkalainya Maracana Stadium adalah permasalahan hukum antara pemilik stadion, operator, dan panitia Olimpiade Rio, atas tanggung jawab terhadap pemeliharaan stadion. Barang-barang berharga telah dijarah termasuk alat pemadam kebakaran dan patung perunggu Mario Filho yang ikut dijarah.
  13. Maracana Stadium kembali diperbaiki setelah datangnya operator baru yang mengelola stadion pada 5 April 2017.
  14. Maracana Stadium pernah menyelenggarakan pertandingan bola voli antara Brasil dan USSR pada tahun 1980 dan 1983 dengan penonton mencapai 95.000 orang yang kemudian menjadi rekor dunia.
  15. Frank Sinatra, Tina Turner, Paul McCartney, KISS, Guns N’ Roses, Sting, Madonna, The Rolling Stones, The Police, Foo Fighters, Backstreet Boys, Pearl Jam dan Coldplay pernah “merumput” di Maracana Stadium.
Loading...