OUR NETWORK

16 Fakta Rajko Mitic Stadium

Rajko Mitic Stadium
Rajko Mitic Stadium dikenal sebagai tempat dengan atmosfir mencekam bagi klub yang bertandang ke stadion yang berada di Belgrade, Serbia ini. Berikut kami sajikan fakta Rajko Mitic Stadium.
  1. Rajko Mitic Stadium merupakan nama resmi yang digunakan sejak Desember 2014 sebagai penghormatan untuk legenda Red Star Belgrade, Rajko Mitic. Sebelumnya nama stadion ini adalah Red Star Stadium atau lebih sering dipanggil dengan Marakana Stadium, nama yang sama dengan stadion yang berada di Rio de Janiero.
  2. Rajko Mitic Stadium mulanya merupakan stadion tua yang sudah ada sejak tahun 1927. Saat stadion ini dibuka, SK Jugoslavija merupakan klub yang bermarkas di stadion yang dulu bernama Avala Stadium ini.
  3. SK Jugoslavija bermain di Avala Stadium sampai Perang Dunia II selesai dan Red Star Belgrade mengambil alih stadion sejak saat itu. Avala Stadium meninggalkan banyak sejarah, salah satunya adalah ketika Manchester United bertandang ke Avala dalam babak perempat final European Cup. United berhasil melaju ke babak semifinal. Namun ketika mereka kembali ke Inggris, pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan menewaskan sejumlah pemain dan kru United termasuk jurnalis yang ikut menaiki pesawat tersebut.
  4. Avala Stadium memainkan laga terakhirnya yang mempertemukan Red Star Belgrade dengan FK Novi Sad pada 27 Desember 1959. Avala Stadium kemudian dirobohkan untuk membangun fasilitas olahraga yang lebih modern.
  5. Rajko Mitic Stadium mulai dibangun pada tahun 1960. Pihak pengelola memilih untuk membuat fondasi dengan menggali sedalam 12 meter ketimbang membuat konstruksi baru di atas tanah yang menyebabkan banyak masalah karena dapat mengakibatkan longsor di area permukiman dekat stadion. Namun pihak pengelola tetap melanjutkan proyek pembangunan tersebut.
  6. Rajko Mitic Stadium resmi dibuka pada 1 September 1963 dengan mengadakan pertandingan lanjutan Yugoslav First League antara Red Star Belgrade dengan NK Rijeka. Laza Petrovic menjadi orang pertama yang datang di stadion ini. Ia datang sejak pagi lalu duduk di tribun timur dan sarapan sambil menunggu dengan sabar pertandingan yang baru dimulai pada sore hari.
  7. Rajko Mitic Stadium diberi julukan Marakana sebagai penghormatan terhadap Maracana Stadium di Rio de Janeiro pada 1964.
  8. Terlepas dari bangunan yang tidak begitu cantik, stadion baru ini memiliki sistem drainase yang sangat baik hal tersebut membuat pertandingan yang dimainkan di stadion ini menjadi lebih lancar saat hujan tiba.
  9. Nedeljko Vukoje menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Rajko Mitic Stadium.
  10. Rajko Mitic Stadium mulanya memiliki kapasitas maksimal mencapai 110.000 penonton. Namun di pertengahan 90-an, kapasitas stadion ini menyusut menjadi 60.000 penonton setelah dilakukan renovasi di pertengahan era 1990-an dengan mengubah stadion ini menjadi all-seater.
  11. Rajko Mitic Stadium memasang pemanas rumput dan mengganti permukaan rumput menjadi lebih modern di tahun 2008. Lapangan untuk latihan juga dilakukan renovasi.
  12. Rajko Mitic Stadium mencatatkan rekor dengan penonton terbanyak ketika derby antara Red Star dengan Partizan yang dihadiri oleh 108.000 penonton.
  13. Dewan Pengurus Red Stars Belgrade menandatangani sebuah memorandum yang berisi rekonstruksi Rajko Mitic Stadium pada 2012. Nantinya stadion ini akan memiliki fitness center, ambulans, shopping center, spa center, office tower, hotel bintang 5, area apartemen, dan area parkir bawah tanah. Stadion ini juga akan memasang solar panel di atap untuk memenuhi kebutuhan di stadion. Stadion baru ini akan dikenal sebagai simbol dari Red Star. Estimasi biaya yang dibutuhkan mencapai 450-600 juta euro.
  14. Rajko Mitic Stadium memiliki area khusus suporter tandang yang disebut dengan red cage.
  15. Rajko Mitic Stadium memiliki terowongan yang menghubungkan ruang ganti dengan lapangan yang sangat mencekam. Terowongan ini sangat bertolak belakang dengan kesan mewah atau modern yang biasa kita lihat di stadion Eropa lainnya. Dengan warna cat dasar putih kusam dan grafiti ditambah polisi anti huru hara bersenjata lengkap membuat siapapun yang melewati terowongan tersebut akan merasa hidupnya terancam. 
  16. Rajko Mitic Stadium merupakan stadion terbesar di Serbia.
Loading...