OUR NETWORK

16 Fakta Stade de France

Stade de France

Stade de France merupakan stadion yang biasa digunakan timnas Prancis. Dengan kapasitas 80 ribu kursi, Stade de France merupakan stadion terbesar kedelapan di Eropa. Selain timnas sepakbola, Stade de France juga digunakan timnas Rugby Prancis. Berikut kami sajikan fakta Stade de France.

  1. Stade de France dibangun pada 2 Mei 1995. Stadion ini dibangun setelah Perancis terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998. Federasi Sepakbola Perancis memutuskan untuk membuat stadion all-seater dengan kapasitas lebih dari 80 ribu kursi. Untuk pertama kalinya, terdapat stadion di Perancis yang pembangunannya dibangun untuk event tertentu.
  2. Stade de France diarsiteki oleh Michel Macary, Aymeric Zublena, Regembal Michel, dan Claude Constantini, yang merupakan bagian dari CR SCAU Architecture.
  3. Stade de France siap untuk dibangun setelah penandatanganan izin bangunan pada 30 April 1995. Saat tahap pengembangan, Stade de France disebut sebagai Grand Stade (Great Stadium).

    Fakta Stade de France Foto: BBC.co.uk
  4. Stade de France dipilih sebagai nama resmi dari Grand Stade tersebut yang sebelumnya dilakukan perlombaan desain nama oleh kementrian olahraga. Michael Platini merupakan orang yang merekomendasikan nama itu.
  5. Stade de France diresmikan pada 28 Januari 1998 dengan pertandingan antara Perancis dan Spanyol. Acara peresmian ini dihadiri 78.368 penonton termasuk presiden Jacques Chirac, pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk Perancis. Zinadine Zidane menjadi orang pertama yang mencetak gol di Stade de France saat menit ke-20. Perancis kembali bermain di stadion ini pada final Piala Dunia 1998. Perancis berhasil meraih gelar juara Piala Dunia pertamanya di stadion ini.
  6. Stade de France menjadi menjadi tempat berlangsungnya babak penyisihan, perempat final, semi final dan final pada Piala Dunia 1998.
  7. Stade de France menjadi tempat berlangsungnya final Liga Champions tahun 2000 yang dihadiri 78,759 penonton. Real Madrid berhasil mengalahkan Valencia dengan skor akhir 3-0. Stade de France kembali dipilih sebagai tempat berlangsungnya final Liga Champions tahun 2006, kali ini Barcelona yang berhasil meraih gelar Liga Champions setelah mengalahkan Arsenal dengan skor akhir 2-1.

    Fakta Stade de France Foto: Fourfourtwo.
  8. Stade de France pernah menjadi salah satu target dari serangkaian penembakan dan pemboman terkoordinasi di Paris. Stade de France menjadi sasaran ledakan yang terjadi di luar stadion selama pertandingan persahabatan antara Perancis dan Jerman. Saat itu presiden Francois Hollande menonton pertandingan persabatan tersebut. Namun, sampai pertandingan berakhir, tidak ada ledakan yang terjadi di dalam stadion.
  9. Stade de France menjadi tempat berlangsungnya upacara pembukaan, upacara penutupan dan tujuh pertandingan termasuk babak final Piala Eropa 2016. Perancis gagal meraih gelar juara setelah Portugal mencetak gol kemenangan mereka saat extra time.
  10. Stade de France memiliki tribun yang dapat ditarik untuk memperlihatkan bagian trek atletik. Stadion ini dirancang dengan bantuan simulasi perangkat lunak untuk mendapatkan pengamatan yang akurat.
  11. Stade de France memiliki konstruksi atap berbentuk elips yang melambangkan universalitas olahraga di Perancis. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan atap ini mencapai 45 juta euro. Atap Stade de France memiliki luas 6 hektar dengan berat mencapai 13.000 ton, yang dianggap sebagai keajaiban teknis oleh banyak orang. Atap ini menutupi seluruh bagian tribun tanpa menutupi area lapangan.

    Fakta Stade de France. Foto: Uk Construction Media.
  12. Stade de France merupakan stadion modular terbesar di dunia yang memiliki 3 serambi. Proses evakuasi 80,000 penonton dari stadion hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.
  13. Sebagai bagian dari kebijakan dapam perbaharuan infrastruktur, Stade de France menambah dua layar besar baru pada September 2006. Layar baru memiliki permukaan 58% lebih besar dari layar sebelumnya yang dipasang pada tahun 1998.
  14. The Rolling Stones, Tina Turner, U2, Guns N’ Roses, Muse, Rihanna, AC/DC, Justin Timberlake, Celine Dion, Bruno Mars, Beyonce, Jay Z, Coldplay, Red Hot Chilli Peppers, One Direction, Eminem, Lady Gaga, Paul McCartney, Madonna pernah “merumput” di stadion ini.
  15. Paris Saint-Germain menolak untuk pindah ke Stade de France dan tetap memilih untuk menggunakan Parc des Princes karena tekanan dari pemiliknya saat itu (Canal Plus) dan pemerintah kota Paris.
  16. Lille OSC sempat menyewa Stade de France untuk memainkan laga kandangnya di kompetisi Eropa selama musim 2005/2006.