OUR NETWORK

19 Fakta Luzhniki Stadium

Luzhniki Stadium
Luzhniki Stadium merupakan stadion terbesar di Rusia yang terletak di Moskow. Stadion ini biasanya digunakan sebagai kandang timnas Rusia. Berikut kami sajikan fakta Luzhniki Stadium.
  1. Luzhniki Stadium memiliki kapasitas 81.000 penonton. Hal tersebut membuat stadion ini menjadi stadion terbesar di Rusia.
  2. Luzhniki Stadium berada di Luzhniki Embankment 24, Kharmovniki District, Kota AdministratiF Okrug, Moskow, Rusia. Nama Luzhniki diambil karena lokasi stadion ini mulanya merupakan sebuah padang rumput luas yang berada di “Lenin Hills”. Kata Luzhniki bisa diterjemahkan menjadi padang rumput.
  3. Pemerintah Soviet menjadi pihak pertama yang mencanangkan untuk membangun sebuah stadion sebagai respons terhadap situasi internasional saat itu. Atlet Soviet menjadi perbincangan publik saat mengikuti Olimpiade untuk pertama kalinya pasca Great Patriotic War. Soviet berhasil meraih 71 medali pada Olimpiade musim panas tahun 1952 di Helsinki.
  4. Luzhniki Stadium resmi dibangun pada tahun 1955-1956 sebagai Grand Arena dari Central Lenin Stadium. Bahan bangunan yang digunakan berasal dari berbagai daerah, yakni Leningrad, SSR Armenia, SSR Ukraina, Riga, Kaunas, Podolsk, dan Siberia. Pembangunan Luzhniki Stadium, mengharuskan para pekerja untuk merobohkan semua bangunan yang berada di dekat lokasi pembangunan (termasuk Gereja Trinity).
  5. Luzhniki Stadium resmi dibuka pada 31 Juli 1956. Pembangunan stadion ini hanya memakan waktu kurang lebih 450 hari saja. Nama resmi yang digunakan stadion ini yaitu Central Lenin Stadium.
  6. Luzhniki Stadium dipilih sebagai stadion yang menyelenggarakan upacara pembukaan, atletik, laga final sepakbola, jumping grand prix perorangan, dan upacara penutupan Olimpiade Musim Panas tahun 1980.
  7. Luzhniki Stadium menjadi saksi bisu dalam tragedi Luzhniki yang menewaskan 66 suporter pada 20 Oktober 1982. Saat itu Spartak Moscow menjadi tuan rumah dalam lanjutan UEFA Cup yang mempertemukan Spartak Moscow dengan HFC Haarlem. Cuaca yang dingin saat itu membuat para suporter yang ingin pulang menyerbu Stairway 1 yang lokasinya dekat dangan stasiun. Kejadian bermula ketika salah satu suporter terjatuh di tangga bawah stairway 1. Beberapa orang berhenti untuk membantu suporter tersebut. Namun, penonton yang masih berada diatas memaksa untuk menerobos masuk dan tidak menyadari tragedi yang terjadi bawah. Tragedi Luzhniki menjadi tragedi terburuk di dunia olahraga dalam sejarah Rusia saat itu.
  8. Luzhniki Stadium resmi menggunakan nama Luzhniki pada 1992.
  9. Luzhniki Stadium memasang atap di area tribun ketika renovasi dilakukan pada tahun 1996. Selain atap, kursi tribun juga dilakukan pembaharuan.
  10. Luzhniki Stadium menjadi tempat diselenggarakannya laga final UEFA Cup 1999. Saat itu Parma berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Marseille. Laga final ini juga menjadi laga final kedua UEFA Cup yang tidak menggunakan sistem home-away.
  11. Luzhniki Stadium terpilih untuk menyelenggarakan all England final pada Liga Champions 2008 yang mempertemukan Manchester United dengan Chelsea. Manchester United keluar sebagai juara setelah melalui drama adu penalti. Pasca pertandingan, Kedutaan Inggris di Moskow mengapresiasi sistem keamanan di Luzhniki karena tidak ada insiden apapun saat itu.
  12. Luzhniki Stadium melakukan pembongkaran pada tahun 2013 yang selesai di tahun 2017. Pembongkaran ini merupakan persiapan dalam Piala Dunia 2018. Konstruksi atap dan tembok tetap dipertahankan dalam pembongkaran ini karena nilai arsitekturnya. Trek atletik di hilangkan dalam pembongkaran kali ini.
  13. Luzhniki Stadium terpilih sebagai stadion yang menyelenggarakan laga pembuka dan laga final dalam final Piala Dunia 2018.
  14. Luzhniki Stadium bergabung dengan Stadio Olimpico, Wembley Stadium, Berlin Olympiastadion dan Munich Olympiastadion yang berhasil menyelenggarakan final Piala Dunia, final European Cup / Champions League dan stadion utama Olimpiade.
  15. Luzhniki Stadium memiliki sistem keamanan dengan 6 akses kontrol dengan 39 jalur inspeksi dan 7 titik kontrol pon dengan 427 pintu masuk. Terdapat juga 3,000 kamera pengawas dan lebih dari 900 pemindai, monitor dan detektor ketika diselenggarakannya Piala Dunia 2018.
  16. Luzhniki Stadium memiliki area untuk suporter yang berkebutuhan khusus seperti area yang cukup luas untuk suporter yang menggunakan kursi roda. Kursi dengan ukuran besar juga disediakan di stadion ini. Jasa tambahan juga disediakan seperti navigation assistance dari relawan, gudang, registrasi untuk anak anak, lost-and-found office dan komentator audio deskriptif untuk suporter yang memiliki masalah dalam penglihatan.
  17. Bon Jovi, Scorpions, Skid Row, Michael Jackson, Madonna, Metallica, Red Hot Chilli Pepper dan Imagine Dragons pernah “merumput” di stadion ini.
  18. Luzhniki Stadium mencatat rekor dengan penonton terbanyak ketika Uni Soviet bertemu Italia pada 13 Oktober 1963. Penonton yang hadir saat itu mencapai 102.583 orang.
  19. Luzhniki Stadium saat ini menjadi stadion untuk Timnas Rusia. Namun, CSKA Moscow juga menggunakan stadion ini untuk pertandingan UEFA Champions League.
Loading...