OUR NETWORK

20 Fakta Juventus Stadium

Juventus Stadium
Juventus Stadium merupakan kandang kesebelasan Serie A Italia, Juventus. Stadion ini terletak di Curso Gaetano Scirea, Turin, Italia. Berikut kami sajikan fakta Juventus Stadium.
  1. Juventus Stadium memiliki kapasitas maksimal 41.000 penonton.
  2. Juventus Stadium dibangun di atas lahan bekas stadion Delle Alpi yang merupakan kandang Juventus sebelumnya.
  3. Sebelum pindah markas ke Delle Alpi, Juventus melakoni laga kandangnya di stadion Comunale sampai tahun 1990. Kepindahan Juventus ke Delle Alpi dianggap kontroversial karena jarak dari tribun ke lapangan dianggap terlalu jauh. Stadion Delle Alpi memiliki kapasitas 67.000 kursi tetapi di setiap laga biasanya hanya terisi setengahnya saja. Pendukung Juventus lebih memilih menonton siaran langsung di TV.
  4. Juventus resmi membeli Delle Alpi dari Pemerintah Daerah Torino pada 2003.
  5. Juventus pindah dari Delle Alpi pada 2006. Saat itu, Juventus berbagi stadion Olimpico Torino dengan klub sekota, Torino FC.
  6. Manajemen Juventus mengumumkan rencana untuk membangun stadion berkapasitas 41.000 penonton di bekas lokasi stadion Delle Alpi pada 2008.
  7. Juventus Stadium dibangun dengan biaya 155 juta euro dan diputuskan bahwa lintasan atletik yang menjadi ikon Delle Alpi akan dihapuskan dan akan membuat stadion yang mirip dengan stadion di Inggris.
  8. Juventus menjadi klub Italia pertama yang membangun dan memiliki stadion sendiri.
  9. Juventus Stadium dibangun sesuai Protokol Kyoto yang menghasilkan: penurunan gas efek rumah kaca, tanpa polusi udara, tanpa kemungkinan kebakaran, terintegrasi dengan district heating, pembatasan limbah, dan pengurangan hingga 50% konsumsi air untuk irigasi di lapangan.
  10. Juventus menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Sportfive Italia yang membuat perusahaan tersebut berhak untuk memberi nama, promosi, dan hak usaha, di stadion baru tersebut. Sportfive berhak menggunakan kesepakatan tersebut hingga 2023. Juventus juga bekerja sama dengan Allianz. Hal tersebut membuat nama komersil stadion ini menjadi Allianz Stadium sejak 2017.
  11. Upacara pembukaan Juventus Stadium diadakan pada tanggal 8 september 2011, dengan pertandingan persahabatan melawan Notts County. Pertandingan persahabatan tersebut berakhir dengan skor 1-1. Luca Toni dan Lee Hughes menjadi pencetak gol dalam pertandingan tersebut. Sebagai tanda terima kasih, Notts County kemudian mengundang Juventus untuk bertanding kembali di Meadow Lane pada 2012 untuk merayakan ulang tahun Notts County ke-150.
  12. Juventus Stadium menggelar laga resmi perdananya pada tanggal 11 september 2011, dalam laga pembuka Serie A 2011/2012 kontra Parma dengan skor akhir 4-1 untuk Juventus. Stephan Lichtsteiner menjadi orang pertama yang mencetak gol di Juventus Stadium dalam laga resmi.
  13. Laga Juventus melawan AC Milan pada 20 Maret 2012 memecahkan rekor dengan penonton terbanyak. Laga tersebut dihadiri 40,045 penonton.
  14. Juventus Stadium memiliki fasilitas hospitality yang di sebut Juventus Premium Club. Fasilitas ini lebih ditujukan untuk klien perusahaan yang menginginkan hiburan dan rekan makan siang atau makan malam dia Juventus Stadium sesaat sebelum pertandingan dimulai.
  15. Juventus Stadium memiliki jasa stadium tour selama 70 menit yang ditawarkan pihak manajemen stadion setiap hari. Pengunjung akan dibawa berkeliling stadion sekaligus melihat ruang ganti, fasilitas, museum, dan lapangan. Stadium tour ini di mulai pada November 2011. Pavel Nedved menjadi pemandu tour pertama saat stadium tour dilaksanakan.
  16. Juventus Stadium memiliki area perbelanjaan yang dibuka pada 27 oktober 2011. Area ini disebut Area21 Shopping Centre yang didalamnya terdapat 60 toko, 2 bar, 3 restoran dan E.Leclercconad hypermarket.
  17. Juventus Stadium memiliki museum yang di resmikan oleh Andrea Agnelli dan Paolo Gamberti pada 16 Mei 2012. Museum ini berbeda dengan museum pada umumnya, pasalnya J-Museum banyak menggunakan teknologi canggih di dalamnya. Dalam kurun waktu 4 bulan, museum ini tercatat sudah dikunjungi lebih dari 40.000 pengunjung.
  18. Juventus Stadium memperkenalkan pusat medis terbarunya yang disebut J-Medical pada 23 Maret 2016. J-Medical berada di sisi timur stadion, bersebelahan dengan J-Museum. Pusat medis ini memiliki luas 3,500 meter persegi dengan fasilitas klinik spesialis dan pusat rehabilitasi. Miralem Pjanic menjadi orang pertama yang menggunakan J-Medical pada 13 Juni 2016 ketika ia menjalani tes medis.
  19. Juventus Stadium untuk pertama kalinya menggelar laga final UEFA Europa League pada 2014 yang mempertemukan Sevilla dengan Benfica. Sevilla berhasil mengalahkan Benfica lewat drama adu penalti.
  20. Juventus Stadium mendapat rating bintang 4 dari UEFA
Loading...