OUR NETWORK

Ini Stadion yang Siap Apabila Inggris Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Inggris bersemangat menyikapi tuduhan kampanye kotor yang dilakukan Qatar dalam proses penawaran tuan rumah Piala Dunia 2022. Soalnya, mereka yakin betul kalau mereka siap apabila Qatar dicoret dan Inggris dihadiahi jatah sebagai tuan rumah.

Salah satu alasannya adalah soal keberadaan stadion. Inggris dikenal sebagai negara yang masyarakat akar rumputnya pun rutin bermain bola. Apalagi, fasilitas sepakbola di Inggris terhitung lebih baik ketimbang negara lain. FA pun mengalokasikan sekian persen dari lima miliar paun hasil pendapatan hak siar Premier League untuk sepakbola akar rumput.

Di tingkat profesional, Inggris punya empat tingkat kompetisi. Salah satu syarat berkompetisi di tingkat profesional adalah memiliki stadion dengan kapasitas tertentu yang sesuai standar FA. Secara hitung-hitungan standar, Inggris punya 82 stadion standar yang siap dipakai. Artinya, pernyataan bahwa dalam hal stadion Inggris sudah siap, itu jelas bukan isapan jempol belaka.

Inggris tak perlu membangun stadion baru karena stadion yang ada sudah memenuhi persyaratan. Belum lagi sejumlah rencana pengembangan dan pembangunan stadion seperti stadion baru Tottenham Hotspur dan Chelsea, yang jelas mendongkrak kapasitas penonton.

Piala Dunia 2022 akan menghadirkan 32 kesebelasan negara dengan total 64 pertandingan. Umumnya, tuan rumah Piala Dunia menyediakan minimal 10 stadion. Di Inggris, setidaknya ada 10 stadion berkapasitas di atas 40 ribu kursi.

Stadion Wembley (90 ribu kursi), 5 Pertandingan

Stadion Wembley merupakan stadion dengan kapasitas terbesar di Inggris. Stadion ini amat cocok menjadi tempat pembukaan dan penutupan Piala Dunia. Pembukaan Piala Dunia akan menghadirkan Inggris sebagai tuan rumah yang sudah pasti menyedot banyak massa. Pun dengan pertandingan final. Meskipun bukan Inggris yang bertanding, tapi Wembley bisa mengakomodasi para penggemar dua kesebelasan negara di final. Wembley juga bisa menyelenggarakan tiga pertandingan lain di fase grup dan satu di final.

Stadion Old Trafford (75 ribu kursi), 7 Pertandingan

Dengan kapasitas terbesar kedua di Inggris, Old Trafford pun layak untuk menggelar pertandingan penting seperti babak 16 besar, perempat final, juga semifinal. Old Trafford juga bisa menjadi salah satu venue tempat Inggris bertanding di fase grup. Setidaknya, Old Trafford bisa menjadi tempat empat pertandingan fase grup dan tiga pertandingan babak knock-out.

Stadion White Hart Lane (62 ribu kursi), 7 pertandingan

Stadion White Hart Lane yang baru kemungkinan besar beres seblum 2022. Dengan kapasitas 62 ribu kursi akan menjadikan stadion ini yang terbesar ketiga di Inggris. White Hart Lane bisa menjadi venue Inggris di fase grup, dan tiga pertandingan lain di babak knock-out hingga babak semifinal.

Stadion Emirates (60 ribu kursi), 7 pertandingan

Dengan fasilitas dan kapasitas yang begitu besar, Stadion Emirates pun sudah pasti menyelenggarakan babak knock-out hingga pertandingan semifinal. Apalagi, lokasinya berada di London yang memudahkan semua kesebelasan dan penggemar dalam hal transportasi. Melihat kapasitas, stadion ini tak akan menjadi tempat babak semifinal, melainkan tempat perebutan peringkat ketiga.

Stadion London (57 ribu kursi), 6 pertandingan

Sama seperti Stadion Emirates dan Stadion Old Trafford, kandang West Ham United ini bisa menyelenggarakan empat pertandingan fase grup dan dua pertandingan lain di babak knock-out. 

Stadion City of Manchester (55 ribu kursi), 5 pertandingan

Berlokasi di Manchester, Stadion milik Manchester City ini bisa menyelenggarakan satu pertandingan di babak knock-out, dan empat pertandingan di fase grup.

Stadion Anfield (54 ribu kursi), 5 pertandingan

Anfield amat mungkin menyelenggarakan empat pertandingan fase grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

Stadion St. James Park (52 ribu kursi) 5 pertandingan

Seperti Anfield, St. James Park juga bisa menyelenggarakan satu pertandingan babak 16 besar.

Stadium of Light (48 ribu kursi), 5 pertandingan

Stadion yang bertetangga dengan St. James Park ini juga bisa menyelenggarakan babak 16 besar yang digelar di delapan tempat, ditambah dengan empat pertandingan fase grup.

Villa Park (42 ribu kursi), 6 pertandingan

Berbeda dengan stadion sebelumnya, Villa Park hanya memainkan pertandingan di fase grup.

Stamford Bridge (41 ribu kursi), 6 pertandingan

Sebenarnya Chelsea punya rencana untuk menambah kapasitas Stamford Bridge akan tetapi karena persoalan lahan, Chelsea pun menunda rencana ini. Belum jelas kapan stadion ini akan selesai kalau jadi dibangun kembali. Karena itu, Stamford Bridge sama seperti Villa Park akan memainkan enam pertandingan di fase grup untuk menggenapkan jumlah pertandingan menjadi 64 pertandingan.

Loading...