OUR NETWORK

Tentang 21 Ribu Menit Tanpa Gol

Gol adalah tujuan utama sepakbola. Tanpa gol, kemenangan tak akan bisa diraih. Namun, tidak semua pemain wajib mencetak gol. Apalagi, kalau ia lebih fokus pada hal lain, seperti kiper, karena tugas utamanya adalah menjaga gawang agar tak kebobolan.

Selain kiper, pemain belakang pun dimaafkan bila tak mencetak gol. Wajar, karena tugasnya adalah bertahan. Lagi pula, ia adalah outfield player yang paling jauh dengan gawang lawan. Meskipun, tentu saja, banyak bek yang mencetak gol dengan memanfaatkan situasi bola mati, seperti tendangan bebas dan tendangan sudut.

Akan tetapi, gol bagaikan puncak dari segala tujuan. Buat pemain, mencetak gol adalah kebanggaan. Dan itu yang belum dirasakan Dennis Diekmeier. Sepanjang kariernya di sepakbola, di 21 ribu menit penampilan, ia belum pernah sekalipun mencetak gol.

Diekmeier adalah mantan lulusan Akademi Werder Bremen. Ia sempat berkarier bersama Bremen II ketika menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 2008. Pemain kelahiran 20 Oktober 1989 ini kemudian melanjutkan kariernya ke FC Nurnberg. Lalu, ia pindah ke tim papan atas Bundesliga, Hamburg SV.

Diekmeier menjalani delapan musim bersama Hamburg, sebelum ia pindah ke Bundesliga.2 dengan memperkuat SV Sandhausen pada awal 2019 lalu. Diekmeier direkrut setelah berkelana tanpa tim selama enam bulan lamanya.

Kalau melihat kemampuannya, Diekmeier tak jelek-jelek amat. Ia pernah membela timnas Jerman U-18, U-19, U-20, dan U-21. Saluran Youtube Bundesliga pun menyebut kalau kemampuan duel udara Diekmeier cukup bagus. Akan tetapi, dari 262 penampilannya di Bundesliga ia tak sekalipun mencetak gol.

“Tentu, aku senang kalau bisa mencetak gol. Kini aku punya rekor. Aku pikir masalah ini akan segera berakhir. Aku akan mencetak gol suatu hari,” ucap Diekmeier di Youtube Bundesliga.

Diekmeier pernah hampir membobol gawang, tapi bola hanya melesat menabrak tiang. Ia juga pernah mencetak gol ketika membela Hamburg saat melawan Eintracht Frankfurt pada musim 2017/2018. Ia sudah merayakan gol tersebut bersama para penggemar di tribun belakang gawang. Akan tetapi, kebahagiaannya hanya sesaat. Soalnya, hakim garis sudah mengangkat bendera, tanda offside.

Penantiannya akhirnya tiba di pertandingan ke-263.

“Lalu, pada 26 Mei 2020 pada pukul 7:15 waktu setempat di Wiesbaden, sebuah umpan silang dari sisi kiri, (kiper) tidak bisa menghindarinya, dan bolapun masuk oleh Dennis Diekmeir. Aku tak memercayainya. Begitu pula ia. Ini adalah gol pertamanya di Bundesliga atau Bundesliga.2,” kata komentator sembari menampilkan story Instagram Diekmeir, yang berisi keluarganya tengah merayakan gol tersebut.

Gol tersebut memang begitu menyenangkan, bahkan seolah menghancurkan kutukan bahwa Diekmeier tak bisa mencetak gol. Bahkan, mantan rekan setimnya di Hamburger SV, Heiko Westermann, ikut mengomentari gol tersebut.

“Rasanya seperti sudah sekitar 500 pertandingan tapi akhirnya kamu bisa mengubah tendangan orang lain menjadi gol. Aku amat bahagia untukmu. Tapi jangan terlalu menempatkan dirimu dalam tekanan. Karena kamu kini harus menunggu 10 tahun lagi untuk kembali melakukannya,” canda Westermann.

Rekor Diekmeier tampaknya akan sulit untuk dipecahkan. Soalnya, kandidat terkuatnya saat ini, Kevin Akpoguma, yang bermain untuk Hoffenheim, baru mengumpulkan 96 pertandingan tanpa mencetak gol. Masih sangat jauh ketimbang catatan Diekmeier dengan 262 pertandingan dan 21.692 menit!

 

Loading...