OUR NETWORK

Delapan Hari Perjalanan demi Final Europa League dari London ke Baku

Arsenal dan Chelsea akan bertemu di final Europa League 2018/2019 pada 29 Mei 2019 mendatang. Yang menarik dari pertandingan ini adalah kedua klub sama-sama berasal dari kota London. Jarak antara Stamford Bridge dengan Emirates Stadium hanya 12 kilometer. Namun, Derby London justru dilangsungkan di Baku, Azerbaijan, yang jaraknya mencapai hampir 4000 kilometer!

Kota Baku, di Azerbaijan, secara geografis terletak di tenggara Arab Saudi dan Irak. Secara geografis, Baku bahkan lebih jauh ketimbang Moskow. Malah, Baku lebih dekat ke Mumbai di India, ketimbang ke London, Inggris.

Jarak 4000 kilometer secara teknis akan mudah diselesaikan karena pilihan transportasi yang kian mudah. Secara teknis apabila menggunakan pesawat terbang, penerbangan dari London menuju Baku bisa dicapai selama lima jam delapan menit. Namun, sayangnya, tak ada jadwal penerbangan langsung dari London ke Baku di pekan final Europa League.

Hal ini bisa diakali dengan menggunakan penerbangan transit seperti di Istanbul atau di Kiev, lalu menggunakan penerbangan selanjutnya menuju Baku. Secara waktu tempuh, dengan transit yang paling cepat adalah hampir tujuh jam, sementara penerbangan transit umumnya di atas 10 jam. Selain itu, biaya penerbangan juga bisa jadi lebih mahal ketimbang biasanya.

Meskipun demikian, tentu saja ada penerbangan langsung dari London ke Baku yakni pada Sabtu, 25 Mei. Namun, para penggemar baru bisa pulang pada 1 Juni, atau tiga hari setelah trofi diangkat. Ini akan menjadi perjalanan delapan hari yang panjang untuk hanya menyaksikan pertandingan yang selama 90 menit.

Selain itu, pertandingan juga digelar pada pukul 11 malam waktu setempat, untuk menyesuaikan dengan jam tayang di Eropa. Artinya, para penggemar tak akan bisa langsung pulang karena pertandingan baru berakhir pukul 1 pagi.

Meskipun demikian, masih ada pilihan transportasi lain yakni menggunakan kereta api. Meskipun terpisah dari Eropa daratan, tapi ada terowongan yang menghubungkan Inggris dengan Prancis yang dilalui kereta api.

Akan tetapi, masalah kembali menghampiri. Pasalnya, dikutip dari BBC, perjalanan menggunakan kereta api akan memakan waktu selama empat hari! Perjalanan ini akan melewati tujuh negara dengan pergantian 11 kereta api, dengan dua hari perjalanan dari Kharkiv di Ukraina menuju Baku.

Lantas, bagaimana dengan menggunakan kendaraan pribadi? Waktu tempuhnya jauh lebih lama yakni 58 jam. Perjalanan pun menjadi tak jauh beda jika menggunakan pesawat langsung ke Baku yakni pada Sabtu 25 Mei. Pasalnya, dengan memerhitungkan istirahat makan dan tidur, perjalanan terbaik berangkat dari Inggris pada Sabtu sehingga sampai pada Rabu malam sebelum kick-off.

Perjalanan jauh akan kembali dihadapi oleh tim yang juara pada 14 Agustus 2019. Pasalnya juara Europa League akan diadu dengan juara Liga Champions di Istanbul, Turki, dalam pagelaran UEFA Super Cup. Meskipun demikian, perjalan ke Istanbul akan lebih ringan ketimbang harus ke Baku baik secara jarak, maupun ketersediaan transportasi.

Jauh dan lama? Benar. Tapi fans Inggris jangan mengeluh, karena final Copa Libertadores lebih jauh dari ini. Pertandingan yang semestinya digelar di Buenos Aires, dipindahkan ke Madrid yang jaraknya 6000 kilometer!

Sumber: BBC.

Loading...