OUR NETWORK

Fakta Unik dalam Rekor Tak Terkalahkan Liverpool

Liverpool mencatatkan satu tahun tak terkalahkan di Premier League usai mengalahkan Sheffield United 2-0, Kamis (2/1) lalu. Capaian ini menghadirkan banyak rekor buat The Reds. Salah satu yang membanggakan adalah mereka menjadi kesebelasan ke-12 yang tak terkalahkan selama setahun atau lebih.

Catatan tak terkalahkan ini memang menakjubkan. Namun, Liverpool melakukannya bukan pada awal hingga akhir musim, melainkan sejak pertengahan musim lalu hingga saat ini. Artinya, ada peluang di sisa dua pertengahan musim lainnya, catatan ini tak berarti apa-apa.

Dan ini terbukti, karena Liverpool, menjadi tim ketiga yang gagal meraih gelar juara liga selama tahun mereka tak terkalahkan. Meskipun demikian, ini jelas bukan hal yang kelewat mengecewakan mengingat rekor lain pun pecah. Musim lalu, Liverpool mengumpulkan 97 poin. Angka ini merupakan yang ketiga tertinggi di Premier League, dan yang paling tinggi buat tim runner-up.

Di Premier League, Arsenal menjadi kesebelasan dengan capaian unbeaten terpanjang dengan 49 pertandingan. The Gunners pun meraih trofi Premier League untuk musim 2003/2004. Rekor Arsenal ini bertahan selama 539 hari. Andai Liverpool mengakhiri musim ini dengan tak terkalahkan, mereka akan melampaui rekor Arsenal tersebut. Apalagi, Liverpool hanya tertinggal 12 pertandingan dari capaian Arsenal itu.

Namun, rekor unbeaten terpanjang tidak dipegang tim Inggris, karena masih ada kesebelasan Serie A, AC Milan. Mereka mencatatkan rekor tak terkalahkan dari Mei 1991 hingga Maret 1993 dengan melewati 58 pertandingan selama 672 hari.

Untuk mengejar rekor ini, The Reds harus tak terkalahkan hingga 5 November 2020 ini. Bila Liverpool mengakhiri musim ini tanpa kekalahan mereka akan mencatatkan 50 pertandingan dan 500 hari, tak terkalahkan.

Di Inggris, kesebelasan yang unbeaten macam Arsenal, Chelsea, dan Nottingham Forest, rekornya justru diakhiri oleh rival berat mereka. Arsenal dan Chelsea dikalahkan Manchester United, sementara Nottingham Forest dikalahkan Liverpool.

Di Britania Raya, Celtic menjadi kesebelasan tak terkalahkan terpanjang. Mereka mencatatkannya dari November 1915 hingga April 1917. Kesebelasan asal Glasgow tersebut hampir menyamai rekor yang bertahan 100 tahun lalu tersebut pada 2016. Celtic mencatatkan 56 pertandingan Scottish Premiership tak terkalahkan dan total 69 pertandingan domestik tak terkalahkan. Capaian tersebut diraih pada Mei 2016 hingga Desember 2017.

Sementara itu, rekor pertandingan terpanjang tak terkalahkan di Eropa masih dipegang Steaua Bucharest dengan rekor yang mungkin akan sulit dipecahkan. Steaua menjalani 104 pertandingan liga tanpa terkalahkan. Mereka unbeaten dari 1986 hingga 1989, yang artinya mereka menjalani tiga musim tak terkalahkan!

Capaian Steaua yang luar biasa tersebut, kalau membandingkan jumlah hari yang dilalui, nyatanya tak sepadan dengan yang dijalani Lincoln Red Imps. Kesebelasan yang berlaga di Liga Primer Gibraltar tersebut tak terkalahkan selama 1959 hari dari Mei 2009 hingga September 2014 dengan menjalani 88 pertandingan.

Tak Terkalahkan Bukan Berarti Pasti Juara

Musim lalu, Liverpool hampir setengah musim tak terkalahkan. Namun, mereka tak meraih gelar juara. Selain Liverpool ada dua kesebelasan lain yang capaian unbeaten-nya menyamai atau lebih lama dari The Reds, tapi gagal meraih trofi juara. Mereka adalah Real Sociedad dan Perugia.

Perugia mencatatkan 30 pertandingan tak terkalahkan pada musim 1978/1979. Namun, mereka finis di peringkat kedua di bawah Milan yang kalah tiga kali. Apa yang menyebabkannya? Perugia seri 19 kali!

Ada pula Huddersfield Town yang mencatatkan 43 pertandingan liga tak terkalahkan dari Desember 2010 hingga November 2011, atau yang terbaik kedua dalam sejarah sepakbola Inggris. Namun, mereka gagal meraih gelar juara karena hanya finis di peringkat ketiga League One. Huddersfield bahkan gagal promosi setelah kalah 0-3 di final Play Off menghadapi Peterborough.

Loading...