OUR NETWORK

5 Anime Bertema Sepakbola Paling Menarik

Anime punya banyak genre yang diminati. Salah satunya tentu saja olahraga, yang dalam hal ini sepakbola. Agak sulit untuk bikin anime olahraga karena tujuannya untuk kemenangan. Namun, kalau terus-terusan menang, apa yang membuatnya jadi layak untuk ditonton?

Untuk itu, kami memberikan daftar anime paling menarik yang bisa Anda pertimbangkan untuk disaksikan, atau kembali nostaliga di masa muda dulu.

  1. Captain Tsubasa

Sinopsis: Tsubasa Ozora adalah anak SD yang punya gairah besar pada sepakbola. Saat menginjak kelas 6 SD, ia dan keluarganya pindah ke Kota Nankatsu di Prefektur Shizuoka.

Tsubasa pun bergabung dengan tim Nankatsu untuk berjuang dan melaju ke kompetisi tingkat nasional. Ia bertemu dengan Ryo Ishizaki, Genzo Wakabayashi, hingga Taro Misaki. Persaingan kemudian menjadi panas saat Tsubasa menghadapi Kojiro Hyuga yang membela SD Meiwa dan berlanjut ke SMP dan SMA Toho.

Keunikan: Tsubasa menjadi pionir anime sepakbola di Indonesia sehingga banyak anak,–yang kini sudah menjadi om-om–relate dengan anime tersebut. Secara cerita Tsubasa sebenarnya menghadirkan sangat banyak karakter. Namun, kebanyakan dari mereka menjadi karakter yang ikonik sehingga sulit untuk dilupakan.

Misalnya, Misaki yang senang pindah rumah, Misugi yang kalau tidak penyakitan tampaknya akan lebih hebat ketimbang Tsubasa, hingga si kembar Tachibana yang tak terlalu elok dipandang.

  1. Shoot!

Sinopsis: Menceritakan sekelompok anak bernama Toshi, Kenji, Jim, dan Cindy, yang sudah dekat sejak kecil. Mereka kemudian bergabung di SMP yang sama. Toshi, Kenji, dan Jim, masuk klub sepakbola, sementara Cindy mendukung mereka.

Sayangnya persahabatan ini tak bertahan lama. Apalagi ketika Kenji bikin masalah dengan ikut-ikutan gengster yang bikin sekolah mereka didiskualifikasi dari kompetisi tingkat nasional. Mereka pun kemudian menjalani jalannya masing-masing.

Toshi kemudian masuk Kakegawa Scientific High School. Alasannya? Karena idolanya, Kubo, main di sana. Seperti cerita FTV, tanpa diketahui Toshi, Cindy, Kenji, dan Jim, juga masuk sekolah yang sama!

Keunikan: Menjadi anime pertama di mana penulis kerap merasakan kekecewaan karena tak selalu menang. Ada satu fragmen yang selalu teringat di mana Toshi “dipaksa” melatih kaki kirinya karena ternyata itu adalah kunci kehebatannya yang tak ia sadari.

Keunikan lainnya? OST-nya tentu saja!

  1. Kickers

Sinopsis: Tim sepakbola SD Kitahara tak punya striker yang bagus. Beruntung bagi mereka karena keluarga Kakeru Daichi pindah ke kota itu dan bergabung sebagai striker. Dengan bantuan Kakeru, SD Kitahara punya skuad yang lengkap!

Keunikan: Ada kisah cinta yang terjadi antara kiper Kitahara, Hongo, dengan adiknya Kakeru, Ayumi Daichi. Ya ampun, masih kecil udah pacaran. Gedenya mau jadi Undertaker?

  1. Whistle!

Sinopsis: Bercerita tentang Kazamatsuri Shou yang bercita-cita menjadi pesepakbola profesional. Namun, ia punya masalah: ia tak jago-jago banget dan pendek.

Namun, keberuntungan menghinggapinya. Ia diterima di SMP Musashi no Mori yang prestisius dan dikenal karena tim bolanya yang jago. Akan tetapi, Shou sulit masuk ke tim utama. Ia pun pindah ke SMP Sakura Jousou dan akhirnya bisa bermain bola.

Dengan dukungan dari teman barunya, determinasinya yang tinggi, serta kerja keras, kemampuan sepakbola berkembang dengan sangat cepat dan ia pun berusaha meraih mimpinya.

Keunikan: Pemeran utamanya tidak jago-jago amat membikin para penonton cupu dengan tinggi badan yang tinggi banget seperti penulis masih punya harapan di sepakbola. Alur ceritanya pun realistis di mana mengedepankan proses ketimbang hasil.

Keunikan lainnya? Grafis 3D pada bola yang luar biasa! Di akhir episode sering ada informasi menarik soal sepakbola.

  1. Giant Killing

Sinopsis: East Tokyo United adalah kesebelasan yang berasal dari Tokyo dan tengah berjuang di zona degradasi. Penurunan prestasi ini membuat para penggemar meninggalkan mereka. Sampai akhirnya manajer East Tokyo memutuskan merekrut Tatsumi Takeshi, pelatih baru, yang pernah menangani tim amatir Inggris.

Perubahan pelatih tak langsung bikin East Tokyo menang dengan mudah dan membalikkan keberuntungan. Fans ETU menyebut Tatsumi sebagai pengkhianat karena meninggalkan ETU beberapa tahun lalu. Ditambah lagi, ETU sulit bersaing dengan tim lain yang punya uang besar dengan pemain yang lebih baik.

Keunikan: Salah satu anime yang menawarkan situasi yang realistis baik di atas lapangan maupun di balik layar pengelolaan tim.

Loading...