Jadwal liga dibuat (seharusnya) dengan banyak perhitungan. Ini pula yang dilakukan oleh Bundesliga yang sudah merilis jadwal liga musim 2022/2023 sejak 16 Juni lalu. Jadwal liga bahkan sudah dibahas sejak pertengahan musim sebelumnya.

Situs Bundesliga mencari tahu bagaimana operator liga menyusun jadwal yang berisi ratusan pertandingan tersebut. Berikut kami sajikan untuk Anda.

Operator Bundesliga langsung menyusun jadwal untuk Bundesliga dan Bundesliga 2. Kedua kompetisi ini sama-sama berisi 18 kesebelasan. Artinya, terdapat 612 pertandingan di kedua kompetisi tersebut, karena setiap pekan digelar sembilan pertandingan.

From Korea With Love Concert

Ada banyak hal yang dipikirkan saat menyusun jadwal pertandingan. Bundesliga sendiri sudah punya standar penyusunan. Salah satunya memerhatikan jadwal pertandingan FIFA, dalam hal ini jeda internasional dan kompetisi internasional, serta jadwal UEFA yang melibatkan pertandingan antarklub Eropa.

Dengan 18 kesebelasan yang berkompetisi, setiap tim akan melakoni 17 pertandingan kandang dan 17 pertandingan tandang. Proses perencanaan dalam pembuatan jadwal tersebut terbilang kompleks. Ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan. Seperti permintaan dari pihak berwenang, klub, sampai media partner.

Bundesliga juga menghindari pertandingan yang digelar berbarengan di satu klub. Atau kalau kota tersebut tengah mengadakan kegiatan berskala internasional. Faktor-faktor tersebut dimasukkan ke dalam program komputer untuk kemudian disimulasikan. DFL, sebagai operator liga, mengeluarkan ratusan opsi yang bisa dipilih atau ditolak sepanjang prosesnya.

Pada akhirnya, jadwal tetap pun diumumkan. Biasanya diumumkan di musim semi setiap tahunnya. Sementara itu, jam pertandingan ditentukan saat kompetisi dimulai. Ini memerhatikan pertandingan klub yang mengikuti kompetisi internasional. Sehingga, klub memiliki waktu yang cukup untuk bisa memulihkan diri.

DFL juga selalu berkomunikasi dengan pihak berwajib. Tujuannya agar pertandingan bisa digelar dengan semulus mungkin. Sepanjang proses tersebut, keinginan klub, operator stadion, dan para penggemar juga diperhitungkan. Sehingga, Bundesliga tidak hanya mengikuti keinginan pemegang hak siar semata.

Sumber: Bundesliga.