OUR NETWORK

Dari Mana Inspirasi Warna Jersey yang Digunakan Timnas?

Apa faktor yang menentukan suatu kesebelasan negara memilih warna untuk jersey utama mereka? Yang paling umum, tentu saja dari warna bendera negara tersebut. Sebagai contoh, Indonesia menggunakan jersey berwarna merah dengan celana putih; sama seperti warna bendera Merah-Putih.

Bagaimana dengan negara lainnya?

Sesuai dengan Bendera Negara

Ketika bermain di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, Mesir menggunakan jersey yang sama dengan warna bendera mereka: merah-putih-hitam. Namun, warna ini berubah menjadi merah-hitam-hitam saat berlaga di babak utama Piala Dunia.

Argentina bisa menjadi contoh selanjutnya. Argentina memiliki bendera dengan warna biru langit-putih-biru langit. Model seperti ini diaplikasikan ke dalam jersey mereka dengan warna biru langit dengan motif strip atau vertikal.

Jersey Argentina 2018

Variasi dari Bendera Negara

Apabila bendera negaranya tidak berbentuk garis, maka diambil warna utama. Sebagai contoh Brasil yang memiliki warna hijau, kuning, biru, dan putih, pada bendera mereka. Hal ini diaplikasikan ke dalam jersey timnas mereka.

Biasanya, jersey timnas Brasil berwarna kuning dengan aksen hijau. Pada celana, Selecao menggunakan warna biru dengan kaus kaki warna putih. Empat warna ini langsung merepresentasikan bendera Brasil itu sendiri.

Jersey Brasil di Piala Dunia 2018.

Hal serupa juga dilakukan oleh Kroasia. Warna bendera Kroasia sama dengan Belanda: merah-putih-biru. Namun, pada bagian tengah terdapat lambang berupa perisai dan mahkota. Perisainya sendiri berwarna merah-putih dengan corak papan catur.

Ini yang diaplikasikan Kroasia ke jersey timnasnya. Alih-alih menggunakan satu warna, Kroasia menggunakan merah-putih pada lambang di bendera mereka dengan corak yang sama: papan catur. Corak papan catur ini begitu melekat pada Kroasia hingga saat ini.

Jersey Kroasia di Piala Dunia 2018.

Hal serupa juga dilakukan oleh Korea Selatan. Tentu cukup sulit mengaplikasikan corak bendera Korea Selatan ke dalam jersey mereka. Ini membuat mereka menggunakan jersey berwarna merah untuk kostum utama, tapi bukan biru untuk kostum kedua melainkan putih.

Uniknya, sejak 2018 lalu, terdapat corak yang sama dengan yang digunakan di bendera Korea Selatan. Pada 2018 lalu terdapat di jersey away, sementara di jersey yang terbaru ada pada jersey utama.

Jersey Away Korea Selatan 2018.
Jersey Home Korea Selatan 2020

Mengikuti Sejarah Negara

Namun, warna bendera negara tidak selalu jadi alasan. Contohnya Belanda yang mengenakan jersey warna oranye. Padahal, tidak ada warna tersebut di bendera Belanda. Namun, Belanda menggunakan warna oranye yang merupakan warna The House of Orange-Nassau, yang merupakan dinasti Kerajaan Belanda hingga saat ini.

Hal serupa juga dilakukan oleh Jerman yang alih-alih menggunakan variasi dari warna bendera mereka: hitam-merah-kuning, malah menggunakan warna putih sebagai jersey tim utama. Ini diambil dari bendera Prussia.

Pun dengan Italia yang menggunakan warna biru padahal di bendera mereka hanya ada warna hijau-putih-merah. Ini dilakukan sebagai penghotmatan atas House of Savoy, yang menyatukan Italia pada 1861.

Bagaimana dengan Jepang yang mengenakan jersey warna biru, padahal benderanya warna merah? Tidak ada jawaban pasti akan hal ini. Akan tetapi ada sejumlah teori.

Yang pertama, karena biru adalah warna paling cocok untuk menjadi latar bendera Jepang. Yang kedua, karena menyimbolkan langit dan laut sebagai teritori Jepang.

Ada pula alasan kalau warna merah sudah dipakai oleh rival terdekat mereka: Korea Selatan dan Cina. Jepang pun sebenarnya pernah pakai warna merah pada 1988 hingga 1992, tapi akhirnya disingkirkan karena dianggap kutukan.

Loading...