OUR NETWORK

Alasan Mengapa Anda Harus Membeli FIFA 19

Saat ini, hanya terdapat dua game pertandingan sepakbola yang biasa dimainkan gamers juga para penggemar bola: Pro Evolution Soccer dan seri FIFA. Setiap tahun, kedua judul tersebut selalu mengeluarkan seri terbaru yang berisi perubahan skuat dan hal-hal lainnya.

Baik PES maupun FIFA memiliki penggemarnya masing-masing. Tentu, keduanya memiliki perbedaan, baik secara grafis, gameplay, hingga fitur-fitur yang ditawarkan. Tahun ini, PES 2019 sudah terlebih dahulu rilis pada 28 Agustus lalu. Sementara itu, FIFA 19 baru diluncurkan pada 29 September ini.

Berkaca pada sejumlah fitur yang ditawarkan, kami memiliki sejumlah alasan mengapa Anda harus membeli FIFA 19.

Lisensi Liga Champions

Sejak jauh-jauh hari, EA Sports selaku pengembang dan publisher seri FIFA menyatakan bahwa mereka berhasil mendapatkan lisensi Liga Champions, yang juga termasuk Europa League. Ini yang membuat FIFA berhak untuk memaksimalkan segala hal yang berkaitan dengan Liga Champions, mulai dari theme song, pernak-pernik di stadion, hingga piala yang identik dengan Si Kuping Besar.

Di sisi lain, keberhasilan EA Sports mendapatkan lisensi Liga Champions membuat PES tak lagi bisa menonjolkan lisensi tersebut. Ini yang membuat apabila Anda ingin merasakan atmosfer Liga Champions di video game, FIFA adalah satu-satunya solusi untuk itu.

Lisensi Klub

Sejak beberapa tahun terakhir, kekuatan FIFA bisa terlihat dari banyaknya klub yang mereka dapatkan lisensinya. Bahkan Anda bisa memainkan empat divisi di Liga Inggris sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Lisensi klub yang lengkap membuat Anda tak perlu repot-repot mengundung mod khusus agar baju pemain terlihat sama seperti aslinya. Bahkan, Anda pun tak perlu terganggu untuk mencari klub yang alih-alih mestinya Real Madrid menjadi MD White atau Juventus menjadi PM Black White. FIFA 19 juga mendapatkan lisensi untuk Serie A dan Ligue 1.

Stadion Bervariasi

FIFA 18 memiliki semua stadion di Liga Inggris, sementara di FIFA 19, EA Sports mengumumkan mereka juga menyertakan White Hart Lane yang baru, meski stadion tersebut masih belum rampung.

Setidaknya, terdapat 16 dari 17 stadion di La Liga yang bisa dimainkan. Akan tetapi, Anda yang penggemar Barcelona bisa jadi akan kecewa karena Camp Nou tidak disertakan. Ini tak lepas dari kerja sama eksklusif Barcelona bersama PES.

Sebelumnya, pada FIFA 18, terdapat lebih dari 70 stadion dengan penambahan 12 stadion untuk edisi Piala Dunia. Ini akan membuat Anda bisa lebih merasakan atmosfer yang berbeda ketika melawan musuh yang berbeda pula. Karena Anda tidak cuma main di stadion yang itu-itu saja.

Fitur Game Mode Baru FIFA 19

Biasanya, ketika akan melakukan pertandingan “persahabatan” Anda hanya disuguhkan pertandingan melawan dua kesebelasan, dengan aturan yang bisa Anda atur sendiri ketika berakhir imbang, apakah akan berakhir sebagai hasil seri, hingga melanjutkan ke babak adu penalti.

Akan tetapi, EA Sports saat ini menyajikan lebih banyak tipe pertandingan. Setidaknya terdapat lima pilihan: UEFA Champions League, House Rules, Best of Series, Home & Away, dan Cup Finals. Semua pilihan ini memberikan pengalaman baru ketimbang pertandingan pada umumnya.

  • UEFA Champions League. Pada mode ini, Anda bermain di malam pertandingan Liga Champions. Anda bisa memilih apakah ini pertandingan grup atau pertandingan final.
  • House Rules. Nah, ini yang unik, karena pada mode ini, Anda bisa memilih sejumlah aturan. Seperti (1) Survival Mode di mana setiap mencetak gol, maka ada satu pemain lawan yang dikeluarkan, pun sebaliknya. Lalu (2) No Rules cocok buat Anda yang suka kebrutalan dengan melakukan sliding tackle seenaknya. Mode (3) Long Range mirip seperti di bola basket, di mana Anda akan mendapatkan poin berbeda ketika mencetak dari luar kotak penalti. Di sini, Anda mencetak dua gol ketika melakukannya. (4) First to… Dalam mode ini, Anda bisa mengatur sendiri tujuan pertandingan. Apakah jadi yang pertama mencetak gol, tiga gol, dan lain-lain. (5) Headers and Volley adalah kondisi di mana gol baru dihitung kalau Anda mencetak gol hanya dari sundulan dan tendangan voli!
  • Best of Series. Merupakan mode klasik di mana Anda harus memenangi tiga atau lima pertandingan buat memenangi pertandingan keseluruhan, semacam final NBA.
  • Home & Away. Seperti diketahui dari namanya, mode ini memainkan dua leg: kandang dan tandang. Pemenangnya ditentukan dari agregat gol.
  • Cup Finals. Memainkan hanya satu pertandingan layaknya pertandingan final. Uniknya, Anda bisa memilih mau final apa: Liga Champions, Europa League, Piala FA, atau lainnya. Hal ini juga dimaksimalkan lewat baju wasit, badges, bola, siaran tv, yang menunjukkan kalau itu adalah pertandingan final.

The Journey

Kalau Anda mengikuti perjalanan Alex Hunter di FIFA 17 dan 18, maka Anda perlu melanjutkannya pada seri FIFA 19. Dalam demonya, Hunter akan bermain sebagai pemain Real Madrid dalam pertandingan kali ini.

Namun, Anda juga bisa memainkan peran sebagai saudara perempuan Hunter, yaitu Kim Hunter yang bermain di sepakbola perempuan. Anda juga bisa bermain sebagai Danny Wiliams dalam sebuah cerita dengan lini masa yang berjalan beriringan.

***

Buat Anda yang bermain online, FIFA juga punya fitur FIFA Ultimate Team, yang memberikan kesegaran dalam memainkan game sepakbola secara online. Lantas, menurut Anda, apa lagi kelebihan yang ditawarkan FIFA 19?