OUR NETWORK

Pengoleksi Kartu Terbanyak di Premier League

Premier League memang dikenal sebagai liga yang keras. Wasit seringkali tidak menghentikan permainan, saat seorang pemain dijegal lawannya. Wasit di Premier League tidak merasa kalau tabrakan macam itu adalah sebuah pelanggaran.

Hal ini pernah diceritakan Gennaro Gattuso di mana ia memuji sepakbola di Britania Raya.

“Aku mencintai gaya sepakbola Britania. Ini adalah soal berlari 100 persen selama 90 menit dan menekel seperti pria. Di Italia, kalau Anda menekel seorang pemain, mereka akan merintih pada wasit. Orang Skotlandia tak akan melakukan itu,” ucap Gattuso.

Baca selengkapnya: Dari Mana Kepribadian Gattuso Berasal?

Meski demikian, selalu saja ada pemain yang dikenal karena permainan kerasnya, yang membuat wasit harus meniup peluit pelanggaran. Bahkan mengganjarnya dengan kartu.

Di Premier League, jumlah kartu merah terbanyak yang diberikan untuk satu pemain, angkanya cukup mengejutkan, yakni delapan kartu merah. Kedelapan kartu merah ini diberikan untuk tiga pemain yang merumput dalam periode yang tak terpisah jauh.

Pengoleksi kartu merah terbanyak di Premier League adalah Duncan Ferguson, Patrick Vieira, dan Richard Dunne. Ketiganya sama-sama mengoleksi delapan kartu merah.

Kalau melihat durasi waktu, agaknya Vieira bisa mendapatkan kartu merah lebih banyak. Soalnya, ia mendapatkan delapan kartu merah tersebut hanya dalam waktu enam musim. Soalnya, satu musim terakhirnya di Premier League bersama Manchester City, tidak menghadirkan kartu merah. Bandingkan dengan Dunne yang meraihnya dalam waktu 10 musim, sementara Ferguson 11 musim.

Vieira meraih delapan kartu merah tersebut saat berbaju The Gunners. Pun dengan Ferguson yang mendapatkannya saat berkostum Everton. Sementara itu, Dunne pernah bermain buat Everton dan Manchester City.

Hal yang mengejutkan ada pada koleksi kartu kuning di Premier League. Di mana mantan pemain Aston Villa, Gareth Barry, yang paling banyak meriahnya. Totalnya? 123 kartu kuning!

Hal senada juga diraih Barry dalam hal jumlah pelanggaran. Statistik yang baru dicatat per musim 2006/2007 ini juga mencatatkan Barry sebagai tukang langgar paling sering. Jumlahnya tak kalah mengejutkan: 633 pelanggaran.

Lebih mengejutkannya lagi, ini diraih Barry hanya dalam 12 musim. Soalnya, sejak musim 2018/2019, West Bromwich Albion, berlaga di Divisi Championship.

Dengan jumlah kartu kuning yang begitu banyak, uniknya, Barry tak pernah menjadi pengoleksi kartu kuning terbanyak dalam semusim di Premier League. Soalnya, pengoleksi kartu kuning terbanyak di Premier League, didapatkan oleh enam pemain dengan masing-masing 14 kartu kuning.

Pengoleksi kartu kuning terbanyak di Premier League dalam semusim adalah Mark Hughes, Robbie Savage, Cheick Tiote, Lee Cattermole, Jose Holebas, dan Etienne Capoue. Dua nama terakhir, uniknya berasal dari klub yang sama: Watford.

Pengoleksi Kartu Berdasarkan Posisi

Yang menarik, pengoleksi kartu di Premier League, tidak didominasi oleh bek tengah. Vieira merupakan gelandang bertahan, sementara Duncan Ferguson adalah striker! Hanya Dunne yang berposisi sebagai bek.

Sementara soal kartu kuning cukup wajar, mengingat Barry adalah bek tengah utama saat di Aston Villa, Manchester City, Everton, dan WBA. Yang unik adalah di peringkat kedua pengoleksi kartu kuning terbanyak di Premier League, yang diraih Wayne Rooney. Tentu, posisinya yang sebagai striker tidak menghalanginya untuk mendapatkan 102 kartu kuning di Premier League sepanjang kariernya.

Pengoleksi kartu kuning terbanyak di Premier League dalam semusim pun tak selamanya bek tengah. Mark Hughes adalah penyerang, Robbie Savage, Cheick Tiote, Etienne Capoue, dan Lee Catermole adalah gelandang. Sementara itu, Holebas berposisi sebagai fullback.

Loading...