OUR NETWORK

Pentingnya Penerangan di Stadion

Dalam hal apapun, kesempurnaan akan membuat orang lain lengah. Di sepakbola, salah satu kesempurnaan itu berasal dari hal kecil. Dalam hal ini adalah lampu penerangan di stadion.

Terkadang, orang-orang lupa betapa pentingnya penerangan di stadion. Padahal, tanpa penerangan, pertandingan tak bisa dilakukan terlalu sore, apalagi malam hari. Tanpa penerangan yang baik pula, kualitas siaran televisi akan kurang memadai.

Ketika datang ke stadion, pesepakbola, tim pelatih, dan para penonton, mungkin akan mengagumi bentuk stadion sampai rumput di atas lapangan. Jarang yang memerhatikan lampu penerangan. Sampai akhirnya tragedi terjadi, seperti misalnya, genset yang kehabisan bahan bakar.

Ada sejumlah hal penting dari hadirnya penerangan di stadion, dikutip dari Led Stadium.

Untuk Pesepakbola

Penerangan yang baik turut membantu pemain mendapatkan pengalaman bertanding yang lebih baik. Pemilihan jenis lampu juga menjadi penting. Misalnya, lampu LED akan menghasilkan penerangan mirip dengan kondisi di siang hari dan meminimalisasi efek silau yang dihasilkan dari lampu.

Hasilnya adalah pemain bisa menikmati lapangan dengan lebih nyaman. Kondisi malam hari pun sebisa mungkin dibuat menyerupai cahaya di siang hari.

Untuk Penonton

Buat penonton, efeknya jelas. Tanpa penerangan yang baik, stasiun televisi akan kepayahan mengirimkan gambar dengan High Definition. Semakin redup gambar, semakin tinggi ISO yang digunakan, sehingga semakin buram pula gambar yang ada. Kalau gambar yang dikirim terlanjur gelap, diperlukan peningkatan manual yang membuat gambar menjadi pecah.

Penerangan yang cukup akan meningkatan ketajaman warna dan kontras yang memanjakan mata penonton televisi. Di stadion, untuk stadion yang besar, jarak antara penonton paling belakang dengan lapangan menjadi lebih jauh. Untuk bisa menikmati pertandingan dari jarak yang cukup jauh itu, penerangan akan membantu penonton untuk bisa melihat lebih baik.

Buat Keamanan dan Keselamatan

Stadion yang remang memperbesar risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kejahatan sampai kecelakaan. Apalagi menilik struktur stadion yang berupa tangga berundak, membuat potensi terjatuh di tribun amat besar bila pencahayaan kurang diperhatikan.

Di stadion-stadion di Eropa, biasanya terintegrasi dengan fasilitas lain seperti museum, pusat merchandise, serta kafetaria. Klub biasanya memasang lampu keamanan untuk meminimalisasi aksi kriminal yang tidak diharapkan.

Berdasarkan tes yang dilakukan di West Sussex, menyalakan lampu membuat orang merasa aman. Penggunannya selaras dengan sistem alarm yang membuat fasilitas olahraga atau rumah menjadi lebih aman dan menjauhkan dari penyusup.

Pencahayaan yang baik juga memberikan petugas keamanan pandangan yang lebih jelas ketika memantau lewat kamera pengawas. Ini membuat pengelolaan stadion menjadi lebih mudah untuk dikendalikan saat terjadinya sesuatu yang tak diinginkan.

***

Pencahayaan yang baik di stadion memberikan banyak perbedaan. Pencahayaan harus mencapai angka minimal yang disyaratkan. Pencahayaan juga harus diperhatikan secara serius, karena saat lampu tak lagi menyala, maka pertandingan langsung terhenti seketika.

Pencahayaan di stadion bukan cuma harus bekerja, tapi menyala dengan baik. Soalnya, orang-orang tidak akan memerhatikan hal ini, kecuali saat pencahayaannya gagal, maka penonton akan mulai menyalahkan.

Sumber: LED Stadium.

Loading...