OUR NETWORK

Sejarah Siaran Sepakbola di Inggris

Sepakbola Inggris sudah disiarkan televisi sejak 1938. Sejak Premier League digelar pada 1992, siaran televisi berubah drastis dan menjadi sumber kekayaan klub-klub di Inggris. Bahkan, pengaruhnya sudah mencapai seluruh dunia.

Seperti apa sejarah siaran sepakbola di Inggris?

Disiarkan BBC

BBC sendiri mulai siaran pada 1936. Pertandingan sepakbola pertama yang digelar adalah laga persahabatan yang sengaja digelar antara Arsenal dengan Arsenal Reserves di Highbury pada 16 September 1937.

Selanjutnya, laga internasional pertama yang disiarkan adalah pertandingan antara Inggris menghadapi Skotlandia pada 9 April 1938. Sementara kompetisi pertama yang bisa ditonton di depan televisi adalah final Piala FA pada 30 April antara Huddersfield Town dan Preston North End.

Namun, dua pertandingan awal tadi tidak disiarkan secara langsung, melainkan direkam terlebih dahulu. Pertandingan live pertama baru terjadi pada 19 Oktober 1946 antara Barnet menghadapi Wealdstone. Sayangnya, laga tersebut cuma disiarkan sampai menit ke-80. Soalnya, cuaca sudah terlalu gelap.

Siaran Secara Reguler

Pada era 1940-an, siaran sepakbola sangat terbatas. Pertandingan yang disiarkan biasanya final Piala FA. Kendala utamanya ada di soal teknis di mana pertandingan yang disiarkan cuma bisa digelar di London.

Penggunaan lampu penerangan menjadi awal pembentukan European Cup atau Piala Champions. Kompetisi ini digelar setiap tengah pekan dan mempertemukan para juara liga di Eropa.

ITV yang saat itu baru terbentuk, melihat sepakbola sebagai cara yang ideal untuk meraih pemirsa dari rival mereka, BBC. Sementara itu, BBC membuat program bernama Sports Special yang ditayangkan setiap Sabtu malam. Sports Special berisi highlights pertandingan dengan durasi maksimal lima menit.

Pada musim 1960/1961, ITV mengeluarkan 150 ribu paun untuk menayangkan 26 pertandingan liga. Pertandingan pertama yang disiarkan secara langsung terjadi pada Sabtu, 10 September 1960, antara Blackpool dan Bolton Wanderers.

Namun, kesepakatan tersebut tak berlangsung lama. Soalnya, Arsenal dan Tottenham Hotspur tak memberikan izin bagi ITV untuk menyiarkan pertandingan mereka.

Pada 1964, BBC meluncurkan program Match of the Day di BBC2. Tujuan awalnya adalah melatih kamerawan BBC jelang Piala Dunia 1966.  Kala itu, BBC2 sendiri hanya bisa ditangkap di wilayah London. Match of the Day akhirnya ditransfer ke BBC1 setelah Inggris menjuarai Piala Dunia 1966, sehingga bisa disaksikan di segala penjuru Inggris.

Siaran Piala Dunia

Piala Dunia 1954 dan 1958 disiarkan secara langsung di Inggris meski hanya beberapa pertandingan tertentu. Salah satunya laga perempatfinal antara Hungaria dan Brasil. Sayangnya, badai di Pegunungan Alpen membuat siaran dihentikan dan banyak pemirsa yang kesal karenanya.

Sementara itu, Piala Dunia 1958 mendapatkan lebih banyak siaran pertandingan. BBC dan ITV sama-sama menyiarkan pertandingan.

Ada yang unik di Piala Dunia 1962 yang digelar di Cile. Pemirsa di Inggris baru bisa menyaksikan pertandingan rata-rata tiga hari setelahnya. Alasannya? Karena pita film usai pertandingan dibawa dulu ke Amerika Serikat sebelum diterbangkan ke Inggris.

Seiring waktu berjalan, teknologi satelit antarbenuaa pun berkembang. Ini yang terjadi di Piala Dunia 1966 di Inggris, di mana lebih banyak pertandingan yang disiarkan secara langsung.

Peningkatan Siaran di Liga Inggris

Permintaan siaran sepakbola tumbuh pada 1970-an dan 1980-an. Siaran langsung liga baru dimulai pada 1983/1984. Laga pertama yang disiarkan langsung adalah Tottenham Hotspur vs Nottingham Forest pada 2 Oktober 1983.

Nilai siaran televisi meningkat drastis pada akhir 1980-an. Bagaimana tidak? Kontrak dua tahun untuk musim 1983 cuma bernilai 5,2 juta paun. Sementara pada 1988, kontrak eksklusif selama empat tahun membuat ITV merogoh 44 juta paun!

Kala itu, siaran langsung televisi disiarkan hampir setiap Minggu sore. ITV menyiarkan liga sementara BBC menyiarkan Piala FA.

Era Premier League

Siaran televisi-lah yang bikin kesebelasan First Division membikin liga mereka sendiri yang bernama Premier League. Para klub ini setuju untuk kerja sama dengan Sky Sports alih-alih dengan ITV maupun BBC. Ini artinya, siaran Premier League tak ada lagi di tv terestial. Penggemar tak bisa menyaksikan pertandingan lewat antena biasa, tapi harus berlangganan khusus Sky Sports.

Uni Eropa sempat menganggap Sky Sports melakukan monopoli. Sehingga siaran Premier League harus dibagi menjadi paket yang berisi 23 pertandingan. Pada 2007, Sky memenangi empat paket, sementara dua lainnya diambil Setanta Sports.

Untuk siaran di seluruh dunia, karena sistemnya “tender”, maka pemilik hak siar Premier League amat mungkin untuk berubah-ubah setiap term-nya. Di Amerika Serikat, Premier League disiarkan Fox Soccer dan ESPN pada 2000-an. Sementara mulai musim 2013/2014 disiarkan oleh NBC Sports.

Pun halnya di Indonesia yang sempat disiarkan oleh BeIN Sports, lalu dilanjutkan Mola TV hingga musim 2021/2022 ini. Pemilik hak siar Premier League musim 2022/2023 hingga 2024/2025 di Indonesia adalah Grup Emtek. Selain disiarkan di SCTV dan O’Channel, juga disiarkan secara penuh di OTT mereka, Vidio.

Loading...