OUR NETWORK

Apa Fungsi Kutang yang Dipakai Pesepakbola?

Pesepakbola seringkali terlihat mengenakan semacam kutang, biasanya berwarna hitam, saat latihan. Mereka biasanya menggunakannya di dalam jersey, meski tak jarang yang memasangnya di luar jersey. Lantas, apa fungsi kutang yang dipakai pesepakbola itu?

Kutang yang dipakai pesepakbola bukanlah sembarang kutang. Di dalam kutang tersebut tertanam GPS yang fungsinya untuk melacak pergerakan si pemain. Kehadiran kutang ini tak lepas dari berkembangnya sports science di sepakbola. Analisis performa pemain dianggap sebagai bagian penting dalam pelatihan dan taktik itu sendiri.

Secara sederhana, fungsi kutang yang digunakan pesepakbola didesain untuk membantu pemain dan klub dalam pengembangan fisik mereka, untuk memastikan para pesepakbola ini tampil dalam tingkat yang optimal.

GPS yang tertanam di dalam kutang merekam pergerakan dan menyimpan datanya, lalu ditransfer ke software yang dimiliki tim analisis. Data ini biasanya bisa diakses langsung lewat laptop ataupun tablet.

Berdasarkan Goal, tiga perempat kesebelasan Premier League menggunakan GPS. Selain itu, Premier League juga membolehkan klub untuk menggunakan data statistik tersebut dalam pertandingan secara langsung.

Aturan yang membolehkan penggunaan data secara langsung ini bisa berpengaruh besar buat tim pelatih. Soalnya, data di pertandingan bisa dibandingkan dengan data latihan dan membuat tim pelatih bisa segera membuat keputusan.

“Apa yang memungkinkan Anda untuk melakukannya adalah membangun profil pemain. Anda mengharapkan seorang pemain untuk melakukan X, Y, Z dalam latihan dan permainan. Ketika mereka mulai menjauh dari kebiasan itu, itu bisa karena alasan baik atau buruk,” kata Founder  STATSports, Sean O’Connor.

“Jika dalam sesi latihan dan ada 25 menit tersisa tapi mereka telah melewati apa yang biasanya Anda harapkan, maka Anda dapat memanggil si pemain untuk mengurangi (aktivitas latihan) atau menghentikannya lebih awal.”

“Konsepnya sama dengan di pertandingan. Kalau manager memutuskan di antara dua pemain untuk diganti, dia bisa bertanya pada pelatihnya: ‘feedback apa yang bisa kau berikan, secara fisikal?”

Penggunaan GPS ini juga untuk melihat kekuatan fisik sang pemain. Kalau pemain sudah terlalu lelah, pelatih bisa memutuskan untuk menghentikan sesi latihan dan mengurangi risiko cedera karena otot yang terlalu tegang.

Tim pelatih juga bisa memodifikasi jenis latihan buat masing-masing pemain. Pemain nantinya akan mendapatkan sesi latihan yang lebih tepat untuknya.

“Kehadiran GPS memberi kesempatan untuk memantau tim secara langsung menggunakan iPad, jadi lebih mudah memberikan umpan balik langsung kepada pelatih tentang bagaimana sesi mereka berlangsung, jadi ini adalah alat yang sangat baik untuk mengontrol beban [latihan],” kata fisioterapis timnas Brasil, Guilherme Passos.

Sejumlah pelatih juga kerap memerhatikan betul catatan statistik, baik tim lawan maupun timnya sendiri. Contoh terbaiknya adalah Marcelo Bielsa yang sudah tidak asing dengan teknologi di sepakbola, yang membantunya menyiapkan skuad jelang pertandingan.

Jadi, sudah tahu kan pentingnya kutang yang dipakai pesepakbola?

Loading...