OUR NETWORK

Tentang Nomor di Depan Nama Klub Jerman

Setiap liga punya ciri khasnya masing-masing, termasuk Bundesliga. Adalah suatu hal yang umum bagi kesebelasan Bundesliga untuk menyertakan angka dalam nama klub mereka. Musim ini, berdasarkan situs Bundesliga, terdapat lima dari 18 klub yang punya angka di nama klub mereka, atau sekitar 27 persennya.

Mereka adalah Bayer 04 Leverkusen, 1. FC Union Berlin, 1. FC Koln, 1. FSV Mainz 05, dan FC Schalke 04. Namun, jumlah ini sebenarnya bisa bertambah kalau melihat nama resmi dari klub tersebut. Sebut saja, TSG 1899 Hoffenheim, Borussia Verein für Leibesübungen 1900 e.V. Mönchengladbach, Verein für Bewegungsspiele Stuttgart 1893 e. V, Sportverein Werder Bremen von 1899 e. V., dan Fußball-Club Augsburg 1907 e. V.

Kalau menghitung nama resmi yang digunakan, berarti terdapat 10 dari 18 klub Bundesliga musim ini yang punya nama dengan tambahan angka, alias 55 persennya!

Namun, setiap angka klub-klub ini memiliki arti yang berbeda. Angka empat digit sudah jelas berarti tahun kelahiran klub tersebut. Hoffenheim pada 1899, Borussia Monchengladbach pada 1900, Stuttgart pada 1893, Werder Bremen pada 1899, dan Augsburg pada 1907.

Angka dua digit juga berarti tahun lahir mereka yang disederhanakan. Seperti Leverkusen yang lahir pada 1 Juli 1904, ataupun Mainz yang lahir pada 16 Maret 1905.

Namun, yang jarang diketahui banyak orang adalah angka di depan nama klub seperti 1. FC Union Berlin atau 1. FC Koln. Apa maksudnya?

Kalau merujuk pada situs Bundesliga, angka di depan nama ini merupakan bagian dari watak orang Jerman yang begitu peduli pada akurasi. Angka di depan nama klub adalah cara klub memberi tahu orang-orang ada di urutan ke berapa mereka lahir di kota tersebut.

1. FSV Mainz 05 berarti mereka adalah klub Mainz pertama yang dibikin.

Menjadi yang pertama tentu punya kebanggaan tersendiri, dan tidak sedikit yang tak suka jadi yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Dampaknya adalah klub kedua serta seterusnya biasanya tidak menggunakan angka di depan nama klub. Contohnya di Mainz hanya FSV yang pakai nomor “1” di bagian depannya. Klub seperti TSV Schott Mainz (berdiri pada 1953) dan SV Gonsenheim (berdiri pada 1919), tidak pakai angka di bagian depannya.

Namun, ada yang aneh dalam sejarah 1. FC Union Berlin. Klub tersebut berdiri pada 20 Januari 1966 atau jauh lebih muda ketimbang Herta Berlin yang sudah ada lebih dulu pada 1892. Lantas, mengapa Union Berlin berani pakai angka “1”?

Union Berlin sejatinya merupakan bagian dari FC Olympia Oberschoneweide yang berdiri pada 1906. Namun, pada 1966 mereka mengganti nama menjadi Union Berlin dan menjadi klub pertama di Berlin.

Loh, bukannya sudah ada Herta Berlin? Benar, tapi Herta Berlin terletak di Berlin sebelah barat yang menjadi kekuasaan Jerman Barat, sementara Union Berlin ada di wilayah Jerman Timur. Sehingga sah bagi Union Berlin untuk menggunakan angka “1” di depan nama mereka.

Sumber: Bundesliga.

Loading...